fbpx

Menjadi Lebih

Seharian kemarin saya sakit dan ijin tidak masuk kantor. Dan mendapatkan kesempatan untuk bicara dengan mama setelah sekian lama.

Kita sedang menonton TV dengan mama sambil menjahit di depan TV. Tiba-tiba mama bertanya. ‘Ming, apa mama dulu itu goblok ya Ming?’
‘Hah? Maksud mama?’ Saya bertanya balik.

Dan mama pun mulai bercerita mengenai warisan Kungkung dulu. Mama dipesankan agar jaga baik-baik payungnya. Jangan dijual. Kalo buka juga hati-hati.

Mama ga ngerti maksud pesan Kungkung. Akhirnya coba bertanya ke Tante. Tante menyarankan utk buka payungnya dan ternyata memang ada emas di sana. Lumayan untuk ukuran jaman dulu mah.

Yang mama maksud dengan goblok adalah ternyata bagaimana sebenarnya yang dimaksudkan oleh Kungkung. Bahwa payung yang dimaksud adalah Rumah. Bahwa harus jaga baik-baik rumah itu.

Memang sampai sekarang rumah itu masih ada. Ditinggali oleh Om dan keluarganya (kakaknya mama). Tapi mama masih merasa bodoh karna tidak menangkap artinya lebih awal.

Saya hanya bisa tertawa dan bilang ke mama. Ga da yang bodoh kok. Kan mang pesannya pesan ga langsung. Ga semua orang ngerti. Sekarang mama sudah tau artinya ga bodoh kan? :p ujar saya sambil bercanda. Mama ga bodoh. Tapi belum pernah mengalami. Itu jawab saya. Mereka yang pintar bukan karna mereka pintar, tapi mereka pernah mengalaminya.

Orang pintar or bodoh bukan karna pendidikan saja. Semua itu juga ditambah dengan pengalaman. Pengalaman hidup tentunya membuat seseorang menjadi lebih. Lebih baik atau lebih jahat yah… Itu pilihan mereka. 🙂

Sekarang banyak orang pintar di dunia ini. Bukan hanya sebatas pendidikan. Bahkan jauh lebih pintar mereka yang menggunakan pengalaman mereka sebagai pelajaran.

Dan yang jauh lebih hebat lagi adalah mereka yang menggunakan pengalaman orang lain sebagai pembelajaran mereka sendiri.

Bagi saya tetap tidak ada orang bodoh di dunia ini…. Yang ada adalah orang malas. Mereka malas belajar. Malas berusaha. Malas segala hal. Sehingga tetap menjadi seperti itu-itu saja.

Ingat!
Hidup itu pilihan. Semua di tangan Anda sendiri. Mau jadi apa???

ryan
Posted with WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply