fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Mengerti …..

1 min read

‘Saya mengerti perasaan Anda. Saya dapat memahaminya’
‘Lo ga ngerti apa yang gw alami kan?’

Mengerti ..... 1Mengerti…
Apa sebenarnya makna dari kata ini dalam hidup kita?

Kalau kita coba cari di kamus baik dengan bahasa Indonesia ataupun Inggris (understand) – kita akan menemukan arti yang agak-agak sama. Yaitu
To know and be tolerant or sympathetic toward.

Mencoba mengerti – menempatkan diri di posisi lawan kita dan berusaha memahami apa yang sedang dialaminya.

Namun…
Namanya juga ‘mencoba’ kita tidak akan merasakan yang sama persis dengan apa yang dialami oleh lawan bicara kita itu.

Pengalaman antara kita dan dia berbeda sehingga akan menghasilkan rasa yang berbeda juga dan akhirnya menghasilkan reaksi yang berbeda pula.

Lantas, apakah mengerti/understanding itu salah?
Apakah mencoba memahami/berempati itu salah?

Tidak salah.
Hanya saja… Haruslah diingat bahwa dengan kondisi yang sama pun, dapat menghasilkan 2 (dua) reaksi yang berbeda pula.

Sehingga saat kita berempati/mengerti, ada baiknya kita lupakan sejenak diri kita. Tapi benar-benar mencoba memposisikan diri kita semirip mungkin dengan lawan bicara kita itu.

Laiknya seorang aktor/aktris berusaha mendalami peran, sebaiknya kita lakukan itu saat berusaha memahami/berempati. Tapi…. Ingat.

Berempati bukan berarti hanya membenarkan apa yang dirasakan dan dikatakan lawan bicara kita. Berempati berarti mampu merasakannya dan mencoba membantu dengan memberikan solusi baru.

Mencoba memposisikan diri pada keadaan yang dialami oleh lawan bicara kita saat itu sudah tentu bukan masalah yang mudah.

Kita harus…
Mengalahkan emosi dan keegoisan kita terlebih dahulu. Karena, sudah bukan rahasia lagi bahwa, setiap orang suka diperhatikan.

Dan jika sudah memposisikan diri seperti itu, dan mengalahkan keegoisan kita, cobalah memahami dengan hatimu. Apa yang sebenarnya dialami lawan bicara kita. Karena dengan hati, ketulusan akan terpancar.

Marilah kita mencoba memahami lebih dalam dengan hati yang terbuka dan bebas dari keegoisan kita. Memahami lawan bicara kita. Sulit – tapi bukan mustahil.

Be humble, be human, be YOU!
YOU ARE the #BEST

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia