fbpx
Kesedihan juga bagian.... 1

Kesedihan juga bagian….

Dalam hidup, hampir semua menginginkan kebahagiaan. Mereka mencari cara dan jalan untuk menjadi bahagia. Satu demi satu ditelusuri. Dipelajari. Rahasia-rahasia kebahagiaan orang-orang terkenal.

Kesedihan juga bagian.... 2Mereka mencari dan terus mencari kebahagiaan itu dalam hidup mereka. Dan sebenarnya mereka melakukan satu hal lagi. Yaitu menghindari kesedihan.

Yup….
Nobody care about sadness. No one wanting that sadness in their life. Mereka menghindarinya. Menghilangkannya jika bisa.

Setiap saat mereka menemukan kesedihan, mereka akan berusaha sebisa mungkin melupakannya dengan segera. Mereka berusaha mengajak kawan-kawan mereka untuk menikmati hidup katanya. Untuk menjadi bahagia. Itu yang dilakukannya.

Tapi sebenarnya kesedihan itu tak pernah pergi… Dilupakan sesaat iya. Tapi kesedihan tetap ada di dalam hati kita.

Minggu ini bagi saya adalah minggu sedih.

Dalam minggu ini saya merasa dekat sekali dengan kesedihan. Mulai dari kehilangan sosok penulis hebat yang turut tak secara langsung mengingatkan saya untuk berlatih menulis setiap harinya sampai hampir kehilangan kesempatan bicara.

Di minggu ini, seorang kawan saya yang telah dirawat cukup lama di RS karena masalah kandungannya, ‘dipaksa’ melahirkan. Namun ternyata bayinya tidak kuat dan harus pergi selamanya. Seorang kawan lainnya juga harus kehilangan calon bayi dalam kandungannya. Ketidaksiapan kandungan membuatnya harus menggugurkannya.

Di minggu ini pula saya merasa kehilangan jati diri seorang adik saya yang ternyata tidak setegar bayangan saya dan menyerah pada keadaan. Saya masih berdoa untuknya agar saya pun dapat membantu dia kembali kepada dirinya seutuhnya.

Kehilangan kesempatan bicara juga hampir saya alami hari ini. Namun akhirnya saya memutuskan mengambil pertanda yang dikirimkan oleh alam untuk berbicara dengan seseorang.

Pembicaraan yang justru mengoyak perasaan namun juga menguatkan tali pengeratnya yang selama ini ada. Berbicara dari hati ke hati dengannya membuat saya sadar… Bahwa kami berdua merasakan hal yang sama namun tak mengungkapkannya. Karena itulah, pembicaraan kami tadi sungguh melegakan hati kami berdua. Bahwa kini kami sadar posisi kami masing-masing dan berusaha menjaga hubungan kami ke depannya.

Yup… Kesedihan karena kehilangan memang menyayat hati semua orang. Apalagi orang yang ditinggalkannya.

Namun, seperti yang saya katakan… KESEDIHAN JUGA BAGIAN dari kehidupan yang mengajarkan kita untuk menjadi lebih baik, kesedihan dalam minggu ini membuat saya sadar dan belajar. Bahwa kesedihan merupakan bagian tak terpisahkan dalam hidup. Dan bahkan terkadang menjadi sumber kekuatan kita dalam hidup.

Terkadang kesedihan membentuk kita lebih baik lagi. Saya percaya pada kekuatan manusia akan meningkat pesat saat dihadapkan pada masalah. Dan kesedihan sebagai salah satu bentuk masalah malah akan mendorong manusia ke limitnya. Mereka akan menjadi jauh lebih baik.

Tak mudah memang menyadari bahwa kesedihan adalah bagian dari hidup kita dan membawa kita ke arah hidup yang lebih baik. Namun… Marilah menyadarinya…

Saya pun masih belajar. Setidaknya kita berusaha mengambil apa yang dapat kita pelajari dari segala hal yang kita alami, saya yakin, kita akan menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Seperti yang selalu dituliskan di twitter @andreiewongso, make today better than yesterday… Mari kita belajar menyadari dan belajar menerima kesedihan sebagai bagian dari kehidupan kita dan belajar darinya.

KESEDIHAN – Bagian dari kehidupan. Pelajari… Be better man.

FLO
10042011 22:00 WIB

Be humble, be human, be YOU!
YOU ARE the #BEST

Leave a Reply