fbpx

Kecil Tapi Berharga

Image

Teman, terkadang dalam hidup kita seringkali melihat segala sesuatu yang besar, seperti kebesaran suksesnya seseorang, besar dan mewahnya kendaraan yang dibawa oleh teman, besarnya kemapanan hidup seseorang. Tapi… sadarkah? bahwa terkadang, pembelajaran terbesar datang dari yang kecil.

Dulu mama saya sering berkata: ‘Gak apa kecil. Kecil-kecil cabe rawit’. Walaupun badannya kecil, tapi pedesnya berasa, terkadang melebihi dua atau tiga cabe besar (CMIIW). Dan ucapan mama itu seringkali tak saya hiraukan dan bahkan sering saya lupakan.

Tapi mama, melakukannya dalam hidupnya sehari-hari. Mulai dari menyapa orang-orang di sekitar atau hanya melempar senyuman. Saya sering bingung awalnya kenapa mama sampai harus seperti itu. Toh, kenal juga tidak. Tapi ternyata… efek sapaan dan senyum itu sangat besar. Everybody knows her.

Kecil… sederhana… dan mudah dilakukan setiap orang. Namun jarang yang melakukannya. Padahal efek dari melakukannya setiap hari sangatlah besar.

*Bagiku*

Dalam bertindak, kita seringkali berpikir, apa untungnya bagiku? Aku dapat apa?

Termasuk dalam menegur seseorang. Ataupun menyapa orang yang kita berpapasan di jalan. Dan akhirnya setelah berpikir seperti itu, kita ujung-ujungnya tidak melakukannya. Kenapa? Karena tak ada untungnya atau sudah lewat kesempatan itu.

Terkadang kita harus melupakan “Apa untungnya bagiku” dan hanya melakukannya saja. Dan coba saja lihat apa yang sebenarnya kita dapatkan jauh dari sekedar jawaban terbaik yang dapat kau berikan atas “Apa untungnya bagiku”.

Kita tak pernah dapat menduga… sebuah senyum di pagi hari dari kita mungkin saja dapat menyelamatkan nyawa seseorang, yah kalau tidak yakin sekali, paling tidak, senyuman kita dapat membuat hari seseorang menjadi lebih indah.

Coba perhatikan nyala lilin pada foto di atas.

Saya sangat suka foto ini – bukan karena memang hasil jepretan saya, tapi saya merasakan ada kenikmatan melihatnya. Bahwa sebuah lilin. Kecil bila dibandingkan dengan ruangan yang ada, namun saat dinyalakan, mampu menerangi ruangan itu. Kecil Tapi Berharga….

Lihatlah kegelapan di sekitarnya yang terkikis oleh sinar lilin itu… Lilin kecil namun mampu mengusir kegelapan di saat yang tepat. Siapa tahu tegur sapa, senyum kita dapat menyingkirkan kegelapan dalam hari seseorang. Di saat yang tepat tentunya.

We never know rite? But that doesn’t mean we can’t try to do it…

SPREAD the LIGHT…

SPREAD the LOVE

SPREAD the SMILE

and TOUCH the HEARTS

Ryan

280812 1212

Leave a Reply