Febriyan Lukito

[Update] Jangan Panik Kalau Iphone Mati Total Tiba-Tiba

Panik? Gak kok – sok kalem sayah – pas iphone tiba-tiba mati total kemarin. Padahal pagi-pagi bangun mendapati iphone mati total kemarin tuh saya ya dah dag dig dug. Kan semalamnya masih dipake dan fine-fine aja.

Koko saya menyarankan untuk charging. Jangan-jangan baterainya habis. Saya kekeuh bilang gak. Kan di-charge pas mau tidur itu.

Nah masalahnya pas dia bilang: Kalau dicolok doang tapi itu kabel colokannya tidak di-on-kan gak akan charging. Apa iya ya… mikir banget itu.

Tapi berhubung dah waktunya berangkat, akhirnya ya saya bawa aja dah tuh iphone dalam keadaan gelap gulita itu. Pas di bus, saya pun coba charging pakai powerbank saya, tapi ternyata tidak charging juga. Nyerah, saya cabut aja deh. Pasrah.

Pusing Karena Gak Bisa Akses Iphone dan Kontak-kontaknya

Yang bikin panik sih sebenarnya adalah gimana hubungi orang lainnya. Saya ada janji sama teman kantor lama. Akhirnya saya FB deh, termasuk FB ke Dani infokan kalau mungkin saya gak akan aktif di WA. Eh ternyata banyak juga yang gak baca FB yak. Termasuk si dia. hiks.

Pokoknya apa yang sudah saya rencanakan kemarin memang sudah harus selesai. Gak mau saya urus yang lain dulu. Selesaikan semuanya. Ambil surat keterangan kerja untuk proses Jamsostek. Terus urus Jamsosteknya itu sendiri. Plus melayat ke rumah duka, untungnya dua terakhir ini memang sejalan semua.

cara mengatasi iphone mati total tiba tiba
Jangan Panik!!! Ini yang harus dicoba kalau iphone mati total tiba-tiba – saya sudah buktikan cara di bawah.

Setelah selesai, karena batal janjian sama teman kantor lama, saya pun menuju Sarinah untuk urus sim card saya (bahasa Indonesianya sim card apa ya?).

Kan di iphone 5S pakai nano sim, nah yang saya mau pakai itu micro sim. Jadi harus ganti kartu lagi. Padahal dulu juga ganti ke nano. Bolak balik bentuk kartu ini mah.

Setelah selesai urusan, saya pun ke cafe langganan di Sarinah itu. McCafe. Hahahaha, sekalianlah lama gak ke sini juga kan. 😀 Mulailah saya searching bagaimana mengatasi iphone mati total tiba-tiba dan kenapa iphone mati total tiba-tiba kayak gini.

Dari artikel yang saya baca, termasuk support iphone, saya pun mencoba melakukan beberapa langkah mengatasi iphone yang mati total.

Dan setelah dicoba, ternyata saya… berhasil.

2 Cara Mudah Mengatasi Iphone Mati Total Tiba Tiba

Alamakkkk seneng dong plus sedih juga sih karena dah selesai urus itu sim card. Masa dipotong ulang lagi sih? Berhasil menyalakan Iphone yang mati total tiba-tiba itu memang bikin seneng dah.

Jadi sekarang mau nulis ini buat sharing aja, gak pakai kata-kata copas plek sih. Cuma yang saya lakukan aja ya kemarin.

Ini nih yang saya lakukan untuk iphone mati total tiba-tiba kemarin dan berhasil menghidupkan kembali iphone yang mati itu…

1. Tekan tombol power 10 detik alias Restart Iphone

Fungsi ini adalah untuk restart, kalau berhasil, nanti akan muncul logo apel yang digigit lagi. Nah kalau gagal, jangan panik, coba lagi ulang. Kira-kira kalau sudah 3 kali coba dan gak berhasil juga, lanjut ke yang kedua ya.

2. Tekan tombol power dan home kurang lebih 20 detik

Tombol home yang bulet itu loh. Nah tekan kedua tombol ini bersamaan ya. Kira-kira aja 20 detik. Kemarin itu yang ini berhasil membuat logo apel saya muncul.

Biasanya memang cara kedua ini berhasil untuk mengatasi permasalahan yang ada (bukan permasalahan gagal move on ya).

Update 2019: Restart iphone Mati untuk iPhone 7, 8 dan X

Cara tekan tombol power di atas itu untuk iPhone 6s ke bawah. Sedangkan untuk versi terbaru, tombol power ini ada di:

Lakukan ini Setelah Berhasil Menghidupkan Iphone yang Mati Total itu ya… 





Karena kejadian ini, akhirnya begitu berhasil menghidupkan lagi iphone saya itu, hal yang saya lakukan adalah:

1. Restart Iphonenya lagi

Jangan langsung pakai dan utak atik iphonenya. Restart lagi sesaat. Biar benar-benar clean up itu iphonenya. Karena memang dengan restart itu, iphone membersihkan cache. Nah kalau sudah restart baru deh kalau mau mainin lagi hapenya.

2. Charging 

Kalau saya gak langsung saya mainkan. Saya charging. Karena ternyata pas nyala itu baterainya tinggal 13%. Nah apakah memang pendapat koko saya benar ya?

Baca juga yang ini!

Hmmm… tapi ya kenyataannya pas iphone mati total tiba-tiba itu, saya gak bisa charging. Gak ada gambar petir seperti biasa kok. Ah langsung pusing ah pala saya.

Yang penting sekarang dah bisa dan saya harus isi baterainya.

3. Backup 

Memang sebenarnya minggu lalu saya sudah backup iphone saya ini. Tapi karena kejadian ini, akhirnya saya backup lagi deh. Saran saya sih backupnya rutin. Jangan sampai nanti kalau mati gak ada file-nya. Sayang kan.

Nah untuk membackup ini, harus connect ke iTunes masing-masing. Karena saya sudah connect ke iTunes laptop, jadi sudah di-setting deh semuanya. Tinggal klik backup aja. Termasuk backup aplikasi sih kalau saya. Sayang juga kan lagu yang sudah saya beli kalau gak dibackup. 😀 gak mau rugi

Itu Sih Pengalaman Saya

Nah itu sih yang dari saya. Pokoknya sekarang gak mau deh sampai ketar-ketir gara-gara iphone mati tiba-tiba. Capek kawan… beneran. Kepikiran sampai fisik juga jadi capek. Eh apa karena saya dari Cibubur ke Jakarta Utara terus ke Jakarta Pusat lanjut ke Jakarta Selatan baru balik Cibubur ya? Au ah.

Jangan lupa backup hape kalian ya…. dan juga restart hape secara rutin. Ini penting juga loh. Ada yang pernah alami gak? Share dong.

Beberapa Penyebab Iphone Mati Total Tiba Tiba

Update 02/08/2015: Bisa baca related article di blog Warung Tegal ini. Dan salah satu yang menjadi penyebab iphone mati total adalah karena tidak charging saat diisi karena kabel bermasalah.

Nah kalau sudah kayak gini, coba ganti kabel charger yang kalian pakai. Pinjem atau gimana gitu. Tes, apakah memang kabelnya bermasalah atau tidak, seperti yang dilakukan oleh Dyor Berliana di kolom komen di bawah.

Update 13/01/2016: Berdasarkan informasi dari Mbak Astridin, kalau dengan cara di atas masih juga tidak berhasil, coba bawa ke counter untuk dicek.

Pengalaman dia kemarin itu ternyata ada yang lepas di iphone 5 nya sehingga tidak charging, seperti yang dituliskan dalam komentar di bawah.

Exit mobile version