fbpx

How To Be Better

Menjadi pribadi yang lebih baik… impian banyak orang. tapi bagaimanakah pribadi yang lebih baik itu sebenarnya?

Pertanyaan paling awal yang harus dijawab untuk dapat menjadi lebih baik adalah: “Baik seperti apa yang dimaksudkan”

Kita harus jelas dengan tujuan yang kita inginkan. Jika dalam hal ini adalah menjadi lebih baik, lebih baik yang seperti apa yang kamu maksudkan. Apakah lebih baik dalam hal keuangan? Dalam hal karir? Ataukah dalam hal pribadi lainnya seperti sifat, sikap dan lainnya.

Jika sudah dapat menjawabnya…. langkah-langkah berikutnya gampang. Hanya membutuhkan: “NIAT” dan “KONSISTENSI”

MUDAH

Tapi justru yang paling sulit itu ya menentukan yang lebih baik itu seperti apanya. Hampir semua menginginkan hal yang lebih baik, ataupun mimpi lainnya, tapi kalau saat ditanya seperti apa yang dimaksudkan, mereka sendiri bingung.

Contohnya ketika ditanya, banyak yang mengatakan ingin bahagia. Ketika ditanyakan bahagia seperti apa? Hampir semuanya harus berpikir kurang lebih sepuluh menitan sebelum dapat menjawabnya dengan jelas. Inilah yang susah. Menentukan tujuan dengan terperinci.

Kebanyakan orang gagal meraih mimpi bukanlah karena kurang usaha. Tapi karena memang mimpi yang diinginkannya itu tidak jelas. Jadi ketika sebenarnya mereka sudah mencapainya, mereka tidak merasa sudah mencapainya. Dalam 7 Habits ke-2, begin with the end of minds, hal ini sudah dijelaskan bahwa kita memang sebaiknya memulai dengan satu tujuan akhir dalam hidup ini. Jadi kita tahu di akhir hidup kita nanti, kita sudah merasa puas atau belum.

Apakah mudah mendefinisikan tujuan akhir ini? Bisa iya bisa tidak. Seperti sebuah perusahaan mendefinisikan tujuan perusahaan (Visi dan Misi), tidak mudah karena memang harus berpikir jangka panjang. Tapi seperti menentukan tujuan perjalanan liburan, hal ini bisa semudah itu. Tergantung dari masing-masing lagi.

Ada langkah dan panduan menentukan tujuan hidup kok… banyak sudah ada di website. Termasuk di blog saya ini – pernah saya tuliskan di sini.

Selanjutnya….

Nah seperti yang saya katakan, kalau sudah berhasil menentukan tujuan yang diinginkan, langkah berikutnya yang kita perlu lakukan adalah mantapkan niat kita untuk itu dan selalu konsisten dalam melakukannya.

Contohnya:

Kita ingin blogging setiap hari, tapi terbatas dalam masalah koneksi internet di kantor ataupun karena jam kerja dan aktivitas lainnya. Bisa kan kita manfaatkan fasilitas schedule seperti yang disediakan oleh WP ini – seperti yang saya lakukan. Tapi kalau niatnya sudah hilang… ya akan jadi susah blogging setiap harinya. Atau sebenarnya juga bisa menggunakan fasilitas lainnya seperti mengirimkan posting menggunakan email – ada yang pernah coba? Saya pernah dan berhasil kok…

Kesimpulan

Jadi kalau boleh saya simpulkan, sebenarnya menjadi lebih baik dalam hidup itu mudah jika:

1. Kita tahu apa yang dimaksudkan dengan arti lebih baik yang dimaksudkan di sini

2. Kita memang niat untuk menjadi lebih baik

3. Kita konsisten dalam melakukannya.

Kebaikan dalam hidup banyak caranya kalau kita memang ingin melakukannya.

20 Comments

  1. Gara 26 Februari 2015
  2. Hendricus Widiantoro 27 September 2013
    • Ryan 27 September 2013
  3. duniaely 27 September 2013
    • Ryan 27 September 2013
  4. Bams Triwoko 26 September 2013
    • Ryan 26 September 2013
      • Bams Triwoko 26 September 2013
      • Ryan 26 September 2013
      • Bams Triwoko 26 September 2013
      • Ryan 26 September 2013
  5. Pingback: Perubahan | Jejak Langkah... 26 September 2013
  6. sonofmountmalang 26 September 2013
  7. tinsyam 25 September 2013
    • Ryan 25 September 2013
  8. jampang 25 September 2013
    • Ryan 25 September 2013
  9. dyazafryan 25 September 2013
    • Ryan 25 September 2013
      • dyazafryan 25 September 2013

Leave a Reply