fbpx
Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

Artikel – 090313 – Kawan itu…

1 min read

‘Maybe I’m harsh but it’s the truth and for your own good’

Satu karakter dalam serial Glee yang saya suka adalah Santana Lopez. Gadis keturunan Latin yang kadang suka menyebalkan. Kata-katanya suka ‘kejam’.

Dalam hidup kita, ada beberapa orang yang ‘kejam’ seperti Santana ini. Dengan ucapannya yang menusuk hati. Pernah mengalaminya belum?

FRIENDS

Teman, mereka ada di sisi di saat kita bahagia dan sedih. Seperti lagu, that’s what friends are for. Namun teman pun ada beragam. Macam-macam sifatnya.

Ada yang memang baik dari sananya (gak mau bahas asal muasal baiknya) dan ada juga yang ‘ndableg’ dari sananya (ini juga gak akan dibahas). Tapi keragaman teman itu justru membuat hidup kita semakin indah. Setuju?

Coba saja bayangkan. Jika teman di sekeliling kita itu sama semua sifatnya, layaknya para istri dalam film Stepford Wife, bosan kan? Apalagi kalau sifatnya sama semua dengan kita.

Adanya teman yang memiliki sifat dan karakter serta hobi berbeda justru menyenangkan. Membuat kita dapat belajar banyak hal. Mulai dari mempelajari sifat manusia pada umumnya hingga belajar hobi-hobi baru yang mungkin tak kita sadari sebelumnya.

Contoh saja ke serial Friends yang memang saya suka. Mereka semua tak ada yang sama. Punya karakter berbeda. Dari si Profesor Ross – dengan ciri khas para profesor lainnya. Si Manja Rachel, si Perfeksionis Monica, si Playboy Joey, si Urakan Chandler dan si Unik Pheobe. Tapi justru perbedaan itu membuat hidup mereka menyatu. Keragaman itu yang membuat hidup kita menjadi kaya.

SI KEJAM

Nah salah satu sifat teman adalah seperti si Kejam Santana. Kenapa sih sampai disebut si Kejam?

Sebenarnya tidak cocok juga jika disebut si Kejam. Karena pada dasarnya karakter Santana ini tidak ‘terlalu’ kejam ala-ala psikopat. Tapi terkesan kejam karena dia mampu mengatakan hal-hal buruk yang terkadang sahabat tak berani ungkap.

Yah.. Sebagai sahabat, rasanya enggan ‘memarahi’ sifat buruk sahabat kita. Tapi karakter Santana ini tidak. Hal ini yang membuatnya terkesan Kejam.

Nah..
Sebenarnya dalam hidup, kita membutuhkan karakter si Kejam ini. Karena dari karakter-karakter seperti dialah, kita dapat belajar memperbaiki diri.

Seperti dalam episode terbaru Glee season 4 yang saya tonton semalam. Santana dengan mudahnya memberi info kepada Rachel mengenai kondisi sang kekasih.

Hal yang mungkin akan dirasakan berat untuk diungkap oleh teman dengan mudah karena masalah kenyamanan antara mereka.

Itulah manfaat memiliki si Kejam di kalangan pertemanan kita. Si Kejam ini dapat menyadarkan kita akan suatu hal yang kita sendiri tidak (atau tidak mau) sadari tentang kita.

JADI?

Apakah selamanya berteman hanya saling memuji saja? Apakah teman hanya untuk saling menyenangkan saja?

Tidak menurut saya. Teman yang baik adalah yang mau melihat kita untuk jadi lebih baik lagi. Walau terkadang akan menyakitkan, bila memberitahu tentang sesuatu kepada teman, semua itu perlu.

Coz we need a slap sometimes. :d

Ryan
090313 1118

Febriyan Writing about life and anything that happen in life is one of my to do things. That's the reason blog Blog Review, Tips & Inspirasi by Febriyan Lukito born. Now I also admins for: Tempat Nongkrong Seru Pikiran Random Tulisan Blogger Indonesia

24 Replies to “Artikel – 090313 – Kawan itu…”

  1. perlu waktu untuk seseorang mengenal orang lain dan menjadikannya sahabat yang bersedia untuk bersikap apa adanya tentang satu dan yang lain, jadi kesan awal menurut asmie lebih baik adalah yang baik, tanpa harus berpura-pura, sampai tiba waktunya menjadi sahabat.. 😀

    1. hmmm teman sejati atau bukan ya?
      mungkin mba.
      teman sejati mungkin (menurut saya) adalah mereka yang dapat terbuka apa adanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.