Febriyan Lukito

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi – Apa Kamu Termasuk Dalam Daftar?

Setiap blogger pasti punya idola dalam dunia blogging, termasuk saya. Kalau ditanya siapa blogger Indonesia yang menginspirasi, saya punya list panjang tapi kali ini saya akan share 10 Blogger Indonesia yang menginspirasi saya.

Bukan berarti yang tidak dalam daftar ini tidak bagus atau tidak menginspirasi saya, setiap blogger – selalu menjadi inspirasi saya karena mereka berani memulai (gak omdo).

blogger indonesia menginspirasi
Siapa blogger Indonesia yang menginspirasi kamu?

10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi lewat Blog Mereka

Sepuluh blogger yang saya sebutkan ini memberi inspirasi dalam hal-hal berbeda. Gak semua memberikan inspirasi dalam ngeblog yang sama. Dan saya malah menyukai hal yang kayak gitu, karena ngeblog itu kan soal branding diri pribadi – be yourself. Eniwe, nomor di daftar ini bukan berarti urutan terbaik ya…

1. Dani Rachmat

Ini tampilan lama blognya Dani. Sekarang… You have to check danirachmat.com langsung. Ada tools gratis dari beliau.

Tuh kan bener tebakan gw, pasti Dani masuk dalam daftar – ada yang nyebut gini gak ya? Ya pasti sih masuk nama blogger keuangan Indonesia yang satu ini.

Kenapa? Ya dia ini telah jadi inspirasi sejak awal kenal dari blogwalking. Saya sendiri sudah lupa kapan pertama kali stumble upon his blog.

Semakin ke sini, semakin terinspirasi karena dia berhasil menemukan root blog-nya alias niche-nya walaupun blognya sendiri blog lifestyle. Dan bisa aja dia masukkan semua tulisan dikaitkan dengan niche-nya itu.

Doi juga orangnya gak pelit dalam bagi ilmu dan sharing apapun – kayak kemarin Sabtu, dia share soal Personal Finance.

2. Shintaries

Siapa yang gak kenal dengan Co-Founder Blogger Perempuan yang satu ini dan juga Guru dalam Fun Blogging bersama dua blogger beken lainnya, Mbak Haya dan Mbak Ani. Saya pertama kali mendengar nama beliau dari Dani.

Pas buka blognya terus mantengin tulisan-tulisannya di BP, ternyata beliau banyak share tentang tips ngeblog di sana. Sayangnya memang terbatas untuk perempuan, seperti namanya, Blogger Perempuan. Untuk tips blogging dasar, bisa sih dibaca langsung di sana, tapi kalau untuk lebih mendalam, saya ndak bisa karena bukanlah jenis kelamin yang diperkenankan.

3. Carolina Ratri

Ini juga logo lamanya MakCar.

Yang satu ini kenal juga dong? Mbak Carolina Ratri atau biasa disebut dengan Mbak Carra ini saya kenal di komunitas Monday Flash Fiction. Mbak Carra pinter banget dalam nulis fiksi, terutama yang aliran sureal – walau sayanya sendiri kadang mikir dan baca ulang dulu baru bisa paham.

Selain itu, dia ini juga suka banget share soal tips blogging dalam blognya. Tips blogging yang akhirnya juga membuat dia menulis buku Blogging: Have Fun and Get the Money itu sangat mudah dipahami. Beberapa kali Mbak Carra jadi tempat pertanyaan saya soal dunia blogging. Pokoknya salah satu Blogger Indonesia yang menginspirasi deh.

4. Cumi Lebay

Om Toro – pertama kali lihat blog dia sih bikin bengong. Kok bisa “Cumi Lebay” ya. Tapi pas baca tulisannya, suka aja bacanya. Bikin ngakak – apalagi kalau dah bicara soal kancut. Salah satu blogger Indonesia untuk travel ini ya dia ini. Dengan ciri khasnya, beliau ini berhasil banget bikin orang ketawa lepas.

Blogger Kekinian pernah wawancara dia soal branding dan tips blogging. Dia bagi cara dia sampai menjadi blogger ternama seperti sekarang ini. Beliau sendiri sudah dipercaya menjadi juri acara lomba blog yang keren. Termasuk juga alasan kenapa pakai nama Cumi Lebay (baca di sini).

5. Noni Khairani

Mungkin banyak yang lebih kenal dengan nama Nyonya Sepatu – Mbak Noni ini juga salah satu travel blogger yang menginspirasi saya. Tulisannya itu ringan dan lucu – terutama pas tulisan soal dia dan sang suami. Mbak Noni ini juga orangnya ramah dan baik.

Gak nolak kalau saya lagi ada perlu dan pertanyaan. Dengan senang hati dia menjawab sebisa dia. Dari Mbak Noni juga saya kenal dengan beberapa orang travel blogger Indonesia yang keren lainnya. O iya, satu lagi, saya juga suka kalau lihatin foto-foto jepretannya Mbak Noni – apalagi pas ke Turki – bikin Mupeng.

Dah baca bukunya Mbak Noni bersama travel blogger lainnya belum? Menghirup Dunia. Sama dah buka blog kerjasama Mbak Noni dan Mbak Fee belum yang bahas soal Shopping dan Travel itu?

6. Aldy Terenz

Kakak ganteng satu ini saya kenal gak sengaja pas cari-cari info soal SEO Blog. Dan ternyata muncul itu aldyputra.net. Terus dengan sok deket, follow di twitter dan mantengin TL-nya buat dapetin kultwit dia. Beberapa kali dia pernah kultwit soal SEO di twitter. Ya seneng dong.

Ah jadi inget, post yang bikin langsung follow twitter dia ini adalah soal Rate Card. 😀 Semakin ke sini? Makin penasaran bongkarin blog dia, apalagi pas dia bikin review blog para blogger Indonesia lainnya. Suka bahasan review blognya (kapan ya blog saya direview dia).

Setelah sekian lama akhirnya ketemu orangnya secara langsung di acara Ngopi Bareng Tiket kemarin. Dan memang orangnya asik dan santai. Makanya masuk dalam jajaran Blogger Indonesia menginspirasi versi saya ini.

7. Ardisaz

Bapak muda satu ini keren dan sangat menginspirasi banget. Saya lupa kapan pertama kali ketemu blognya dan mulai ngikutin sama baca-baca di sana. Blog ardisaz.com ini membahas teknologi hingga startup. Yang saya paling suka adalah sharing soal startup.

Banyak banget belajar soal memulai usaha sendiri di blog ini. Dan belakangan ada kategori tambahan di blog ini, yaitu tentang anak. Mas Ardi memang sedang menantikan sang buah hati jadi sudah mulai menulis untuk hal itu beberapa kali.

8. The Food Xplorer

Dalam food blogger, satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya adalah Mas Agung – The Food Xplorer. Dia ini jago SEO, desain blog hingga fotografi. Pokoknya semua keahlian minimum yang dibutuhkan oleh seorang food blogger, dia ini bisa.

Dalam waktu dekat, dia bersama salah satu jagonya foto yang member Indonesian Food Blogger juga (Mbak Vania) akan menyelenggarakan workshop tentang desain blog dan juga fotografi. Mau ikutan? Coba deh cek gambar berikut ini. Mas Agung ini memberi inspirasi untuk terus nulis dengan kualitas gambar dan juga desain blog yang mumpuni. Jauhlah saya kalau soal desain dan foto.

9. Emak Gaoel

Yang satu ini rasanya sudah banyak yang tahu ya. Emak Gaoel ini salah satu blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam menulis. Kiprahnya di dunia blogging itu sudah lama dan juga dalam dunia fiksi. Dia juga sering share tips blogging dalam blognya. Seperti tips terkait job review.

Branding Emak Gaoel ini sungguh kuat banget. Mbak Winda Krisnadefa, nama asli pemilik blog ini memilih “Emak Gaoel” bukan dengan sembarangan. Ada alasan tertentu untuk nama itu.

Itu dia daftar Blogger Indonesia yang menginspirasi saya dalam dunia blogging ini. Eh tapi baru 9 ya. Lupa yang terakhir – the last but not the least – bahkan yang terpenting yang menginspirasi saya:

10. KAMU

Yes… kamu. Para blogger Indonesia yang sudah memulai blogging. Seperti yang saya bilang di atas, kamu itu hebat karena sudah memulai ngeblog. Meluangkan waktu untuk menulis apa pun yang menarik bagimu untuk dibagikan ke semua orang.

Banyak Blogger Indonesia yang Menginspirasi, Daftar ini hanya Sebagian Saja!

Daftar blogger Indonesia yang menginspirasi di atas bukanlah daftar mutlak. Daftar ini akan selalu berubah dan akan selalu berubah. Dunia blogging Indonesia sedang berkembang. Semakin banyak blogger baru bermunculan dan saya yakin akan semakin membuat dunia blogging di Indonesia ini semakin berwarna.

Baca juga: Tips Blogging Indonesia di www.tulisanbloggerindonesia.com & 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk Ngeblog

Semakin banyak yang ngeblog itu gak bikin saya khawatir malah membuat saya semakin senang. Karena blogger Indonesia akan semakin dikenal – secara gak langsung akan membuat Indonesia juga terkenal. Mudah-mudahan sih begitu ya dan membawa inspirasi dalam berbagai sudut pandang.

Exit mobile version