investasi di cryptocurrency itu bagus atau tidak

[Advertorial] Investasi di Cryptocurrency: Yay or Nay? Satu yang Pasti ya… Harus Tahu Dulu Baru Investasi!

Ada yang tahu apa itu cyrptocurrency gak? Jujur, saya gak terlalu kenal. Hingga mulai cari tahu tentang Bitcoin beberapa waktu lalu. Sudah banyak ternyata yang mulai beralih ke crytpocurrency ini.

Bahkan beberapa sudah mulai investasi di mata uang digital ini. Mereka merasa kalau investasi di instrumen yang satu ini menguntungkan.

Nah, buat saya – dan juga kalian yang masih baru mengenal, apakah investasi di cryptocurrency itu aman? Atau bahkan pertanyaan apakah investasi di cryptocurrency itu bagus atau tidak, adalah pertanyaan paling umum ditanyakan.

Yaiyalah, karena kita kan masih pemula banget dalam hal investasi ini. Jangan sampai uang kita malah hilang. Pertanyaan-pertanyaan ini yang akan coba saya jabarkan di tulisan kali ini. Moga sih bisa jadi bahan referensi sebelum memutuskan untuk investasi di cryptocurrency.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang menggunakan cryptography untuk keamanannya. Cryptography ini digunakan untuk menjaga keamanan dalam bertransaksi, pembuatan unit baru dan juga verifikasi transfer dari cyrptocurrency ini.

investasi di cryptocurrency itu bagus atau tidak

Bitcoin hanyalah salah satu cryptocurrency (mata uang digital) di dunia… yang lain? Banyak…

Setidaknya, itu yang saya tangkap ketika membaca penjelasan dari Investopedia dan Wikipedia berikut ini:

A cryptocurrency is a digital or virtual currency that uses cryptography for security. (sumber: Investopedia.com).

A cryptocurrency (or crypto currency) is a digital asset designed to work as a medium of exchange that uses cryptography to secure its transactions, to control the creation of additional units, and to verify the transfer of assets. (Sumber: Wikipedia).

Berhubung kemarin itu lagi nyari info soal Bitcoin, jadi saya tahu kalau Bitcoin ini juga termasuk dalam cryptocurrency – bahkan yang paling pertama dan dikenal banyak orang.

Namun, saya gak pernah menduga kalau ada banyak mata uang digital di dunia sekarang ini. Saya dikasih tahu oleh mas Andhika tentang hal ini. Dia bilang, cek saja di Coinmarketcap.com. Pas saya buka, ternyata (per Maret 2018 ini), sudah ada 1587 jenis cryptocurrency di dunia ini.

Gila ya…. Di saat saya baru kenalan sama Bitcoin, ternyata di luar sana sudah lebih banyak lagi yang beredar.

Dari semua mata uang digital itu, saya menangkap kesamaan sih.

Tentang Investasi di Cryptocurrency

Belakangan ini, semakin banyak orang yang melirik mata uang digital. Mereka melihat cryptocurrency sebagai salah satu pilihan dalam melakukan investasi.  Sebelum saya bahas bagus tidaknya investasi di crytocurrency, perlu tahu adanya pro dan kontra terhadap hal ini.

Beberapa Pro dan Kontra Terkait Investasi di Cryptocurrency

Di balik maraknya yang berinvestasi di mata uang digital, sama seperti yang lainnya, selalu ada yang pro dan kontra. Ini harus dipahami dulu oleh kita nih – biar kita juga tahu pandangan orang terhadap hal ini.

Pro Terhadap Investasi di Mata Uang Digital (Cryptocurrency)

  1. Pasarnya masih baru dan akan terus tumbuh – jadi kemungkinan harga naik dan mendapatkan untung dari sini masih besar dalam jangka panjang. Tren terhadap mata uang digital ini masih bagus – terus menaik. Makin banyak orang yang tahu dan percaya. Jadi ini peluang bagus untuk berinvestasi.
  2. Kondisi pasar untuk cryptocurrency itu sifatnya volatile (fluktuatif) alias cepat berubah, kalau kita ingin mendapatkan uang lebih dengan cepat, bisa jadi opsi, namun harus rajin-rajin memperhatikan kondisi pasar dan harga.
  3. Banyak public figure dan ahli teknologi terkemuka telah menyatakan dukungan terhadap Bitcoin dkk, seperti Bill Gates, Pendiri Microsoft, Jack Dorsey, CEO Twitter, dan beberapa figur lainnya. Jadi Bitcoin memang teknologi yang sedang berkembang pesat dan populer dan banyak yang masih menggunakannya untuk investasi saat ini.
investasi di cryptocurrency itu bagus atau tidak

Investasi di Cryptocurrency? Baca dulu pro dan kontranya di sini

Kontra Terhadap Berinvestasi di Cryptocurrency

  1. Resikonya masih terlalu tinggi. Kemungkinan kerugian dalam sekejap bisa saja terjadi. Karena harga fluktuatif tersebut, kita bisa saja membeli Bitcoin di harga tertentu, lalu menit berikutnya harga turun drastis. Alhasil, kita harus menunggu hingga harga Bitcoin naik lagi jika memang mau mendapatkan keuntungan, tidak ada yang dapat memprediksi laju harga Bitcoin.
  2. Sampai titik mana nanti mata uang digital yang kita pilih, misalnya Bitcoin untuk contoh, akan tetap ada – tidak ada yang dapat memprediksi. Ada yang bilang Bitcoin akan menjadi satu-satunya mata uang dunia, namun Bitcoin masih tergolong teknologi baru, bisa berhasil, bisa gagal.
  3. Selalu ada peluang di mana pemerintah negara-negara seperti US, Cina, Rusia dan bahkan Indonesia sekalipun menahan laju pertumbuhan mata uang digital ini. Melalui aturan yang menyulitkan orang untuk bertransaksi.

Itu sih beberapa pro dan kontra terhadap mata uang digital dan berinvestasi di cryptocurrency ini.

Investasi di Cryptocurrency: Bagus atau Tidak?

Nah, sudah baca kan pro dan kontranya. Sama aja kan kayak pro dan kontra aturan baru Youtube. Selalu ada dua sisi terhadap satu situasi. Terus,gimana? Masih tertarik untuk investasi? Ataukah masih penasaran dengan apakah investasi di cryptocurrency itu bagus?

Tergantung pada tujuan kita berinvestasi. Seperti yang saya tuliskan dalam tips investasi di Bitcoin kemarin, kita harus menentukan tujuan investasi kita dulu dan juga seperti apa sikap kita terhadap resiko.

Sikap kita terhadap resiko ini sudah pasti akan menentukan gaya kita dalam berinvestasi. Kalau kamu kayak saya, yang lebih menghindari resiko, bisa jadi akan bilang: Investasi di Cryptocurrency itu gak bagus. Kenapa? Karena resikonya masih tinggi. Pasar mata uang digital itu cepat pergerakannya. Makanya semakin banyak juga peluang kita kehilangan uang dalam investasi di cryptocurrency.

investasi di cryptocurrency itu bagus atau tidak

Salah satu yang harus dipertimbangkan dalam investasi adalah jangka waktu investasi dan kapan mulai investasinya. Investasi di cryptocurrency di saat baru mulai seperti sekarang, boleh dibilang bagus.

Namun, tentunya, hal ini bisa kita minimalkan – ingat ya, saya bilang minimalkan, dengan mencari informasi lebih dalam terkait cyrptocurrency ini. Kenali dulu instrumen investasi kita.

Di sisi lain, kalau kita perhatikan, karena mata uang digital ini masih baru dan tren menunjukkan masih banyak peluang ke depannya, investasi di cryptocurrency akan menjadi investasi yang baik. Eh tapi kita juga harus mengawasi investasi kita di sini ya.

Lagipula, menurut saya, mau investasi di mana pun, kita itu akan selalu terekspos resiko dan juga peluang. Tinggal gimana kitanya sendiri menyikapi semua itu. Resiko yang tinggi dalam investasi bisa selalu kita minimalkan dengan mengenal lebih dalam instrumen investasi kita.

investasi di bitcoin menggunakan luno

Luno bisa jadi pilihan kamu untuk membeli bitcoin

Misalnya, mau investasi di Bitcoin – baca-bacalah tentang bitcoin. Informasi ini sudah mulai banyak yang bahas di Indonesia. Termasuk, kamu bisa baca di situs Luno – situs ini menyediakan banyak informasi seputar Bitcoin dan juga Etherium. Selain itu, Luno juga memberikan informasi update terkait dunia cryptocurrency pada umumnya.

Intinya sih…

Jangan kayak orang buta – yang beli kucing dalam karung.

Hanya karena dengan A, kemudian lakukan A. Kita itu diberikan logika kan. Dengan logika kita sendiri, kita bisa pelajari hal-hal baru, termasuk tentang cryptocurrency ini.

Jadi Investasi di Cryptocurrency: Yay or Nay?

Jangan minta saya jawabkan untuk kamu ya. Karena kamu dan aku kan berbeda #tsailah. Namun, yang bisa saya bilang, cryptocurrency ini adalah hal baru. Seperti hal-hal baru di dunia ini, peluangnya masih besar.

Lagipula, sekali lagi saya tekankan, masalah investasi – sekalipun kita pakai “pihak ketiga” untuk manage investasi kita, selalu usahakan untuk mencari informasi lebih dalam sebelum memutuskan. Kenali diri sendiri juga penting – biar gak salah milih instrumen investasinya.

Kalau kamu sudah menerapkan tips investasi di Bitcoin yang saya tulis beberapa waktu silam, saya yakin, kamu sudah bisa memutuskan untuk investasi di cryptocurrency apa gak. Kayak saya kemarin, akhirnya memutuskan “investasi” di crytpocurrency – Bitcoin karena sudah kenalan.

Dan jika kamu ingin investasi di mata uang digital, terutama Bitcoin dan Etherium, kamu bisa lakukan dengan Luno loh. Luno sendiri merupakan situs di mana kita beli, jual dan juga belajar tentang Bitcoin dan Etherium.

Daftar langsung aja pakai kode saya ini: FGZU5. Kamu bisa dapat Rp.15.000 kalau kamu sudah bertansaksi Bitcoin di Luno. Bagi-bagi rejekilah ya. Jadi jangan lupa pakai kode referalnya ya saat daftar. Langkah membeli cryptocurrency di Luno pun gampang – hanya perlu 4 langkah, yaitu: mendaftar, verifikasi akun, isi saldo akun Luno kita, dan beli.

Sekali lagi, saya cuma mau bilang, masalah investasi di cryptocurrency, saham atau di mana pun, bagus tidaknya tergantung pada kitanya sendiri. Sikap kita terhadap resiko dan juga pengenalan kita terhadap instrumen investasinya. So, menurut kamu, investasi di crytpocurrency itu yay or nay?

Advertisements
15

4 Responses

  1. Jagoteknologi
    1 April 2018
    • Febriyan
      1 April 2018
  2. Keven
    30 Maret 2018
    • Febriyan
      1 April 2018

Write a response

%d blogger menyukai ini: