Febriyan Lukito

Guest Post: 6 Kesalahan Website Toko Online dan Solusi

Guest Post kali ini membahas teknologi dikit ya, terutama terkait masalah toko online. 6 Kesalahan Website Toko Online dan Solusi terhadap kesalahan tersebut. Saya sendiri merasakan fenomena website online shop makin marak banget. Kita simak yuk.

***

Latah sudah menjadi budaya di Indonesia. Maka tak heran jika saat ini banyak online shop bermunculan di berbagai media social. Seperti jamur di musim hujan, serentak tumbuh.

Pun ketika ada yang melebarkan sayap usahanya ke website toko online, cukup ramai juga yang ikut-ikutan. Tanpa pengetahuan dan pemahaman, asal ikut saja.

Mungkin itu sebabnya banyak website toko online yang melakukan kesalahan dalam pengembangannya.

6 Kesalahan Website Toko Online dan Solusi terhadapnya

kesalahan website toko online dan solusi
Guest Post dari Web Designer – 6 Kesalahan Website Toko Online dan Solusi

Apa sajakah kesalahan website toko online (online shop) yang biasa terjadi?

Kesalahan #1. Tidak Siap Data

Saat menyewa jasa web developer, sebagian besar klien lokal menghendaki website-nya cepat selesai. Namun mereka tidak menyiapkan data dengan baik. Banyak yang penyerahan datanya dicicil. Hal itu sangat sering terjadi. Akibatnya, launching website bisa molor panjang.

Akhirnya web developer terpaksa me-launching website dengan konten apa adanya. Mereka capek menunggu, juga agar bisa menagih pembayaran karena sudah terlalu lama waktu yang digunakan untuk bekerja.

Kita tahu, toko online yang apa adanya (apalagi produknya belum diisi), tidak bisa beroperasi dengan baik.

Solusi untuk Kesalahan Website Toko Online yang pertama ini adalah

#2. Website Nganggur

Banyak website toko online yang dicueki oleh pemiliknya. Bahkan ada yang hampir setahun masih berisi konten dummy.

Para pemiliknya sibuk berjualan di tempat lain seperti Facebook, Instagram, dan BBM. Waktu, tenaga, dan uang yang sudah dikeluarkan untuk memiliki sebuah website jadi sia-sia.

FebriyanLukito: Mungkin ini karena kurangnya perencanaan menyeluruh dalam memulai usaha dan kurang fokus dalam berusaha. Kesalahan website toko online ini sering saya temukan – bahkan ada yang sampai domainnya hangus.

Jangan sampai lakukan kesalahan website online yang ini… bisa pesan hosting murah di sini loh!

 

Solusi

#3. Gambar/Foto Tidak Dikompres

Masih sering dijumpai website toko online yang mengunggah foto apa adanya. Kadang dari jepretan kamera langsung diunggah ke website. Sedangkan ukuran file foto mentah biasanya cukup besar, bisa lebih dari 1 MB.

Gambar/foto yang tidak dioptimasi ukuran file-nya akan membuat loading website jadi lebih lambat. Space hosting yang digunakan juga lebih besar. Hitung saja, 20 foto berukuran 1,5 MB akan memakan space 30 MB. Kalau ratusan foto?

Solusi

#4. Miskin Konten

Sepertinya ini yang paling sering terjadi. Deskripsi produk terlalu singkat, hanya berisi beberapa kalimat. Kadang isinya pun hampir sama antara produk yang satu dengan yang lain.

Padahal search engine menyukai konten, juga berguna untuk calon pembeli.

Solusi

Baca juga: Tips Mendapatkan Traffic Blog

Kesalahan Website Toko Online #5. Desain Website Jelek

Biasanya disebabkan keterbatasan dana. Sehingga menggunakan theme/template gratis yang umumnya jelek. Ditambah lagi web developer/designer yang dipilih yang bertarif murah dengan pengalaman dan kemampuan yang kurang.

Desain website yang bagus itu penting. Membuat pelanggan nyaman dan percaya.

Solusi

Salah satu solusi kesalahan website toko online adalah dengan beli theme premium kayak ini

#6. Malas Memperbarui Info Produk

Banyak website toko online yang infonya kadaluarsa. Misalnya harga dan stok produk.

Hal itu bisa merepotkan pelanggan dan pemilik toko online sendiri. Bagaimana misalnya jika pelanggan sudah terlanjur mentransfer uang, sedangkan sebenarnya harga barang sudah naik?

Solusi

Kesimpulan

Jika ada kesalahan di atas yang Anda lakukan, segera perbaiki. Perlakukan website toko online Anda seperti bisnis sungguhan, maka hasil yang didapat juga akan serius.

Febriyanlukito: untuk blogger pun juga demikian, jika memang ingin fokus mendapatkan uang dari blogging, harus mulai memikirkan konsep yang hampir mirip. Jangan sampai kesalahan website toko online juga kita lakukan.

Penulis merupakan owner situs pagiini.net yang juga merupakan penulis, praktisi SEO dan web designer. 

Exit mobile version