Febriyan Lukito

Review Buku: Blogging, Have Fun and Get The Money by Carolina Rati – Buku Wajib Blogger Indonesia Pemula

Sudah lama rasanya saya gak review buku, bukan karena gak ada buku baru, ada – banyak bahkan. Tapi ya itu, seringkali beli buku dan kemudian didiamkan saja. Kebetulan ada buku baru – tentang blogging.

Dunia yang sedang saya perdalam karena salah satu blog niche saya tentang dunia blogging Indonesia. Jadi kenapa gak bikin reviewnya sekalian? Berikut review buku Blogging Have Fun and Get The Money versi saya.

review buku blogging have fun and get the money
Saya ngeblog sambil baca buku cobaaa

Detail Buku Blogging: Have Fun And Get The Money

Judul buku: Blogging: Have Fun And Get The Money

Penulis: Carolina Ratri
Editor: Herlina P. Dewi
Proof Reader: Weka Swasti
Desain: Teguh Santosa
Layout: Arya Zendi
Tebal: 258 halaman
ISBN: 978-602-7572-44-7
Penerbit: Stilleto Book

Blurb

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan penghasilan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalu kerja sama job review.

Namun, untuk sampai ke tahap itu, kita perlu membekali diri dengan keterampilan yang cukup. Buku ini membahas berbagai tip, seperti:

Pada akhirnya, akan banyak yang bisa kita dapatkan dari blog. Tak hanya untuk bersenang-senang dan dapat uang, tapi juga jejaring serta personal branding.

Review Buku Blogging Have Fun And Get The Money

Saya bingung!!! Beneran, saya bingung banget mau mulai review buku Blogging Have Fun And Get The Money ini dari mana. Well, selain udah lama gak menulis review buku, saya bingung menuliskan apanya. Karena semua topik dalam buku ini (7 topik utama dengan 27 sub bahasan) itu adalah yang saya memang lagi suka. Kata teman saya kalau udah passion sampai lupa waktu ya?

Nah seperti membaca buku yang satu ini, saya sampai lupa waktu. 5 jam langsung saya lahap habis buku ini. Mau tahu topik bahasannya apa saja di dalam buku ini?

Review Buku Blogging Have Fun And Get The Money versi Febriyanlukito

Bab 1 – Pendahuluan

  1. Why Blogging?
  2. Apa sih, Hasil dari Ngeblog?
  3. Yuk, Ngeblog yang Menghasilkan!

Bab 2 – Let’s Blogging

  1. Tentukan Niche Blogmu
  2. Tentukan Nama dan Judul Blog
  3. What Platform?
  4. Mendaftarkan Blog ke Search Engine
  5. Tip-Tip Dasar SEO

Bab 3 – Blogging Is Writing

  1. Writing as a Passion
  2. Teknik Dasar Menulis Blog
  3. Cari Ide Tulisan, Yuk!
  4. Awas Plagiarisme
  5. Memelihara Semangat Ngeblog

Bab 4 – Blogging For Job Review

  1. Apa Job Review?
  2. How to Get Job Review?
  3. Seluk Beluk Ratecard
  4. Yuk, Tulis Artikelnya!
  5. When It’s Published
  6. Bookmarking

Bab 5 – Apa Kata Blogger Dan Advertiser?

  1. Para Headhunters
  2. Para Job Reviewers

Bab 6 – Cara Lain Menghasilkan Uang Dari Blog

  1. Google Adsense
  2. Program Afiliasi Lain

Bab 7 – Penutup

  1. Merawat Blog Selayaknya Rumah
  2. Keep Updated, Keep Learning and Keep Sharing
  3. Socialize and Networking

Gimana? Keren kan pembahasannya? Buat saya sih iya, gak tahu kalau mas Anang #eh?

Lebih Dalam Melihat Blog Karena Buku Blogging, Have Fun and Get the Money

Satu penyesalan saya setelah baca buku ini. Kenapa gak dari dulu mbakkkkkk???? Lebay ya. Eh tapi beneran deh. Pas bikin blog di awal dulu, saya mana terpikir untuk menentukan niche, nama dan judul blog yang ternyata ngaruh banget (banget banget) ke yang namanya SEO  – Search Engine Optimization.

Nama blog yang mudah diingat dan juga judul blog yang menjelaskan isi blog kita itu penting agar orang yang datang tahu isi blog kita – intisari yang saya dapat dari Tentukan Nama Dan Judul Blog (halaman 47 – 51).

Kalau dulu dah baca buku ini mungkin saya sudah jalankan niche blog dari dulu yang sesuai passion saya sendiri. Hehehehe. Jadi menurut buku ini, pemilihan niche atau lifestyle (istilah untuk blog gado-gado seperti saya ini), nama dan judul blog itu penting banget.

Branding Your Blog katanya.

Jadi kalau orang mendengar nama blog akan langsung teringat. Salah satu yang saya suka banget brandingnya adalah mas Rijal Fahmi Mohamadi yang muncul di halaman 44.

Dia ini salah satu travel blogger kesukaan saya (eh tapi baru tahu nama lengkapnya dari buku ini). Blog dia itu Catperku – Catatan Perjalananku, berisi catatan perjalanan dia (kalau gak salah dengan istri sih sekarang).

Pokoknya menurut saya kuat banget deh brandingnya. Kalau dengar kata catatan perjalanan, saya pasti larinya ke alamat blog dia. Itu kekuatan branding yang saya sendiri masih kurang sih. Makanya nih, mbak Carra… (sekali lagi), napa gak dari dulu sih nulis buku ini??? :’(

Giveaway Buku

Eh eh… saya diberikan 2 (dua) buah buku Blogging: Have Fun and Get The Money ini dari Stiletto Book, saya ingin bagi-bagi nih lewat giveaway ini. Langsung aja yak, caranya gampang kok. Berhubungan dengan topik yang saya suka banget dari buku ini (yang saya tuliskan di atas – niche, nama dan judul blog) – Pertanyaanya adalah:

Buat yang belum punya blog, kalau ingin membuat blog, topik dan nama blog apa yang kamu pilih? Sedangkan untuk yang sudah punya, topik apa yang bisa dibilang kekuatan blog kamu sekarang? Dan pertanyaan untuk semua adalah: Kenapa kamu pilih itu?

Jawab pertanyaannya di kolom komentar ya. Yang terbaik nanti akan dikirimkan bukunya langsung. O iya, syarat khusus untuk giveaway ini adalah:

  1. Follow juga twitter @Stiletto_book
  2. Follow IG: Stiletto Book atau yang gak main di IG bisa like Fan Page Stiletto Book. Dijamin gak rugi kok kalau follow akun ini.
  3. Follow, like dan share twitter saya berisi Blog Tour and Giveaway Buku Blogging Fun and Get The Money ini ya. Twitternya: @feb_ryan24 – jangan lupa pas share mention akun twitter saya dan Stiletto Book ya dan dengan hastag #BloggingHaveFun
  4. Follow twitter @tulisanblogger
  5. Tuliskan jawaban kalian di kolom komentar – ingat ya… yang menarik biar saya langsung ngeh gitu. Hehehehe. Sertakan Nama dan username Twitter kamu ya.
  6. Giveaway ditutup tanggal 23 Desember 2015 pukul 23:59. Pemenang diumumkan pada tanggal 24 Desember 2015.

Kesimpulan Review Buku

Pada intinya sekali lagi saya bilang: “Kenapa gak dari dulu???” untuk review buku Blogging: Having Fun and Get The Money karya Mbak Carra ini saya berikan nilai sebagaimana tertera di data review ya. Pokoknya, kamu gak akan nyesel kalau ikutan Giveaway-nya dan baca buku ini.

Update:

Terima kasih banyak untuk yang sudah ikutan Giveaway ini ya… buanyak banget…. saya sampai bingung nih. Setelah berpikir, membaca, berpikir lagi, membaca lagi… sampai pusingnya makin (pake random aja deh kalau gitu yak), pemenang #Giveaway #BloggingHaveFun ini adalah:

  1. Sashy (twitter: @sashy507)
  2. Dani Rachmat (twitter: @danirachmat)

Selamat untuk para pemenang ya. Mohon kirimkan data: Nama, Alamat dan No HP kalian ke email saya ya (bisa cek di sidebar kanan). Buat yang belum menang, masih ada kesempatan untuk ikutan di www.ketimpukbuku.com yang dimulai hari ini sampai 28 Desember 2015 ini. Monggo cek juga twitter @inokari_

Selamat liburan kawans….

Review Buku Blogging Have Fun and Get The Money karya Carolina Ratri
  • Desain
  • Isi Buku
4.6

Ringkasan

Bagi seorang blogger, mempunyai blog yang mendatangkan penghasilan pasti jadi cita-cita. Sedangkan bagi brand, blogger semakin diperhitungkan untuk menjadi partner dalam strategi marketing mereka melalu kerja sama job review.

Seperti apakah buku ini bagi diri saya sendiri? Baca lengkap review buku Blogging Have Fun And Get The Money dan ikuti Giveawaynya ya…

User Review
0 (0 votes)
Exit mobile version