Febriyan Lukito

Blogging – MobileGeddon Update from Google

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 21 April 2015, Google mengeluarkan update mengenai algoritma yang dipakai olehnya dalam melakukan pencarian. Mereka menyebutnya MobileGeddon – bahwa sekarang pencarian juga memasukkan faktor mobile-friendly dari sebuah web dalam penempatan ranking di halaman google search.

Walaupun demikian, hal ini bukan berarti semua website yang tidak mobile-friendly itu akan mati alias tidak terdaftar dalam ranking halaman google search. Dia masih menggunakan juga konten blog sebagai satu hal penting yang diperhatikan, jadi kalau konten tulisan dalam blog masih dianggap bagus dan sesuai, maka blog itu mungkin masih akan tetap muncul di halaman awal google search.

Baca juga: Content is the King

Tapi tak ada salahnya kan kalau kita mengenal MobileGeddon ini? Untuk mudahnya, saya siapkan infographics seperti berikut ini:

Bagaimana cara menghadapi MobileGeddon
Infographic by Febriyan Lukito

Gimana? Cukup jelas gak sih infographic yang saya buat? Ini Infographic buatan saya yang pertama. Jadi sangat welcome untuk masukan dari kalian. Kalau ingin tahu soal yang di infographic ini, bisa kontak saya langsung.

Mobile Friendly Blog for WordPress User

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa salah satu yang dianggap bagus adalah web/blog yang mobile-friendly, maka saya kasih tahu dikit ya cara membuat blog kalian mobile-friendly tentunya untuk yang menggunakan wordpress – kan ini yang saya tahu.

1. Tes Dulu

Sebelum mulai ubah-ubah settingan blog wordpress kalian, yang paling pertama harus kalian coba dulu tes blog yang sekarang kalian pakai, apakah sudah mobile-friendly atau belum. Nah, Google sudah memberikan tools-nya untuk mengecek nih. Namanya Mobile-Friendly Test Tools. Gampang kok. Tinggal klik link yang saya kasih itu dan masukkan alamat blog kalian. Terus klik analyze deh. Hasilnya? Akan seperti yang saya dapatkan berikut ini:

Mobile Friendly Test for The Footsteps

Gimana hasil pengecekan kalian?

2. Cek Setting WordPress 

Bagi yang belum mobile-friendly hasil tes di atas, ada dua cara mengatasinya. Yang pertama yaitu mengecek Setting WordPress kalian. Cara cek settingan blog wordpressnya sebagai berikut:

Cara Setting blog agar bisa diakses secara mobile WP.COM WP.ORG
Masuk ke WP Admin Jika sudah install Jetpack:
Appearance Masuk ke WP Admin – Jetpack
Mobile Pilih Mobile
Click on Enable Mobile Theme Activate

Gimana bisa gak settingnya? Kalau bingung jangan sungkan tanya ya.

3. Ganti Theme 

Nah ini saya masukkan di tahap ketiga karena percuma kalau misalnya sudah ganti theme yang bisa mobile tapi setting tidak diaktifkan. Jadi harus pastikan dulu kalau setting di wp kalian sudah diaktifkan dulu ya baru berjalan ke theme.

Nah seperti yang saya pernah bilang dalam Memilih Jodoh Blog sebelumnya, salah satu kriteria yang saya gunakan untuk memilih theme yang saya ingin pakai adalah theme yang RESPONSIVE. Theme Responsive adalah theme yang memungkinkan pembaca blog kita tetap menikmati dalam berbagai platform, baik itu laptop/komputer, tablet ataupun smartphone.

Sebagai pengguna wordpress, jangan khawatir untuk theme karena banyak sekali bertebaran theme yang sudah responsive. Tinggal pilih mana yang cocok dengan selera kalian. Untuk yang pengguna wporg, bisa coba cek daftar Theme yang Responsive ini.

Gimana? Sudah siapkah menghadapi yang namanya MobileGeddon ini? Tenang saja, masih ada kesempatan untuk merubah kok sekarang. Coba deh rubah sekarang.

Exit mobile version