Febriyan Lukito

Blogging Tak Seperti Dulu

Pagi ini saya agak bengong membaca postingan dari Mbak Monda tentang Kerinduan Dalam Blogging. Tulisannya itu rasanya mengungkapkan isi hati saya banget. Hehehehe. Saya sendiri mengenal dunia blogging mungkin boleh dibilang baru, di saat sudah banyak blogger lainnya yang sudah lebih dahulu terjun. Saya buka lagi stat di ryanfile, blog sebelumnya, saya buat di tahun 2006 (untuk yang di blogspot, yang sekarang menjadi Catatan Pikiran Random), sedangkan untuk yang di wordpress sendiri tahun 2010 (karena repotnya bikin blog di blogger).

Kerinduan dalam blogging yang saya baca di blognya Mbak Monda adalah inginnya dia blogging for fun. Ya sebenarnya sih kembali ke masing-masing ya, tujuan blogging dari awalnya apa. Tapi saya merasakan hal yang sama kok sebenarnya. Kalau tujuannya memang komersil, ya harus ikuti semua itu tuh ilmu-ilmu blogging yang bikin mumet bin pusing tujuh keliling. Tapi kalau tujuannya ya cuma fun dan sharing, lebih baik sih lupakan aja itu ilmu blogging.

Saya sendiri dulu bikin blog karena habis baca bukunya Raditya Dika – Kambing Jantan. Itu perkenalan pertama dengan yang namanya blog – tapi dari sebuah buku. Hehehehe. Saya sih mikirnya, kayaknya seru ya… nulis-nulis di blog terus dilirik penerbit dan dijadiin buku. Terus bikin deh blog. Tapi terus nulis ina inu tapi gak dilirik-lirik juga. Sedih kan rasanya. 😀 *iyalah gak dilirik, bahasannya terlalu berat – gak kayak Raditya Dika*.

Tapi ya dulu mah nulis ya nulis aja. Gak pernah itu pikirin macam-macam. Sing penting sih nulisnya aja. Sekarang? Sejak kenal sama Alexa Rank, terutama pas pindah ke self-hosted blog, kok rasanya jadi makin kaku sayanya. Pikiran ini selalu ngarah ke ranking blog naik apa gak. Terus SEO masuk apa gak. Terus… teruss… *nabrak saya karena lupa pakai mata hati*

Nah, belakangan, saya dah mulai gak terlalu mikirin yang namanya Rank itu. Tapi kalau untuk SEO sih masih, karena sambil belajar sih. Jadi perhatian tentang keyword kadang saya masih lakukan – search dulu keyword apa yang mau dipakai dan lainnya. Lebih sering sih gak searching dulu kata kunci yang bagus untuk postingan. Kayak yang ini nih. Cuek aja ah… Abisnya saya rindu blogging kayak dulu, sama seperti Mbak Monda.

Misalnya aja, sebelumnya sih saya mikirin banget itu yang namanya backlink dofollow dan nofollow, jadi setiap post saya cek dulu, udah nofollow apa belum. Ahhh… saya pikir untuk apa ya. Biarkan saja sih… enaknya backlink seperti yang Mbak Monda tulis dalam postingannya itu seru.

Jadi saya sih gak terlalu mikirkan juga soal backlink di sini, asalkan bukan backlink yang spam ya. Kalau untuk satu itu tetep saya perhatiin, gak akan saya approve. Ya saya pikir sih, sebagai blogger, baik mau untuk fun doang ataupun serius, yang namanya backlink dah jadi satu hal yang dipegang kan?

Masing-masing gak spamming – kecuali ya memang blogger yang sukanya spamming.

rindu blogging
Tuh… mulai 2010 kan??? 😀

Karena alasan itu juga, saya sekarang memisahkan tulisan soal blogging ke blog khusus untuk Blogging Tips. Jadi blog ini benar-benar berisikan kerandoman yang saya mau aja. Mungkin akan ada beberapa advertorial post seperti yang diminta oleh orang, tapi selebihnya mau balik ke blogging jaman dulu aja ah. Untuk blogging tips saya tulis di bloggingthroughmyeyes.blogspot.com, isinya ya tentang blogging dari kacamata saya yang belajar sih. Kadang ya berdasarkan request dari yang baca aja.

Gak mau lagi pas nulis mikir gini:

kalau saya kasih backlink dofollow nanti efeknya ke blog saya apa ya? kalau nofollow gimana? atau berapa ya stat saya – gimana biar stat naik kayak Dani or Nita

Ah pokoknya sekarang sih saya nulis ya nulis aja. Cuma sih tetep perhatiin alignment post di setiap postingan, entah napa lebih suka ngeliat yang postingan justify, jadi ya paling edit text soal alignment justify ini, secara saya belum ketemu CSS untuk setting langsung secara umum.

Intinya sih, saya rindu blogging yang santai, tanpa beban. Walaupun bikin postingan berbayar, saya juga inginnya yang santai aja, gak mau dibawa ribet-ribet mikirin do or no nya… Sambil jalan sih tetep sambil belajar dan mudah-mudahan bisa tetep updating semua blog yang sekarang saya sedang maintain.

Dan sama seperti Mbak Monda, kalau mau ngisi blog ini dengan artikel kalian, bisa loh kirim ke saya. Saya akan siapkan Guest Post khusus dari kalian. Untuk sekarang lagi nyari Guest Post untuk kategori fiksi nih… dah lama banget gak nulis fiksi jadi agak tertinggal. Kalau mau tahu detailnya, japri aja ya ke email yang ada di blog ini. Saya akan bantu juga soal SEO yang memang saya tetap perhatikan untuk blog ini sih… jadi sambil belajar juga kan?

Exit mobile version