Febriyan Lukito

Tips Dunia Kerja: Ikuti 5 Cara Ini untuk Dapatkan Pekerjaan Idaman

Susah mendapatkan pekerjaan – ucap seorang lulusan S2 dari universitas ternama

So far, saya masih enjoy dengan perusahaan saya bekerja. Lagipula, sekarang ini gak gampang mendapatkan pekerjaan – ujar seorang staff senior yang telah bekerja di sebuah bank ternama

Bukan maksud memilih pekerjaan, tapi mendapatkan pekerjaan itu gak gampang kawan!

Apakah kamu termasuk di antara dua di atas atau termasuk:

Mendapatkan pekerjaan itu gampang, yang penting adalah kita tahu kemampuan kita – ujar seorang lulusan S1 universitas menengah

Mencari pekerjaan baru itu mudah jika kita tahu trik-nya – ujar staff senior

Jika kita tahu caranya, kita gak perlu memilih pekerjaan kok, pilihan itu akan datang sendirinya.
memilih pekerjaan
Jangan memilih pekerjaan – biarkan pekerjaan idaman itu datang sendiri

Well, kedua tipe kutipan di atas itu benar kok, tidak ada yang benar, tidak ada juga yang salah.

Mencari pekerjaan itu memang tidak mudah tapi jika kita mengerti, maka mencari pekerjaan itu sangat mudah. Peluang untuk bekerja itu selalu ada kok, di mana saja dan dari mana saja. Entah itu dari saudara, dari tetangga ataupun dari website lowongan kerja. Kita bisa cari kok.

Curhat tentang Memilih Pekerjaan Ketika Ditawarkan Kerja…

Nah… kenapa sudah lama tidak posting, tiba-tiba saya bicara soal pekerjaan? Karena saya dimintai bantuan oleh teman untuk mencarikan karyawan. Sebuah peluang kerja yang menurut saya sih bagus. Namun ya itu… dari sisi saya malah sulit mendapatkan yang cocok untuk diberikan ke teman.

Terus saya tadi membuka website pencari kerja yang memberikan list pekerjaan yang kira-kira cocok untuk saya. Pas saya klik salah satunya, saya melihat sebuah kriteria yang cukup sulit dicapai. Jadilah saya terpikir… kenapa tidak membuat postingan terkait ini?

Tips Dunia Kerja: Mendapatkan Pekerjaan Idaman Dimulai dengan 5 Langkah ini

Pekerjaan idaman bisa datang kalau melakukan 5 cara berikut

Ok… jadi setelah ngalur ngidul kayak gini, sebenarnya postingan kali ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika kita sebagai calon karyawan perlu pertimbangkan dalam membangun karir kita.

1. Pikirkan Masa Depan

Maksud saya di sini adalah jauh sebelum memutuskan untuk bekerja, bear in mind, apa yang diinginkan dalam garis karir. 

Dalam bidang apa kamu ingin bekerja? Apakah pembukuan, perpajakan, ataukah operasional perusahaan – ini sangat beragam loh.

Bisa saja kamu jadi pilot. Bisa jadi peragawan. Bisa jadi penari. Apapun…. Nah… kembangkan pikiran ini jauh sebelum kamu memutuskan memilih jurusan dalam kuliah.

2. Gambarkan Carrier Path yang Diinginkan

Dalam bekerja, kita sudah memiliki gambaran, apa yang kita inginkan. Misalnya ingin menjadi manager dalam waktu 5 tahun kerja, pasti kita akan bisa.

Yang terpenting adalah pikirkan apa yang perlu kita lakukan untuk menggapainya. 

Tips dunia kerja by febriyanlukito.com

Buatlah PETA KARIR sejak awal pertama kali. Pahami jalur karir di perusahaan itu, apakah mungkin menggapainya atau tidak.

Baca juga: Tips Wawancara Kerja: 10 Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

3. Perbanyak Kualifikasimu

Dalam setiap karir yang dipilih, kita pasti diminta memenuhi kualifikasi tertentu. Apakah sertifikasi ataukah kemampuan lainnya. Perbanyaklah semuanya.

Perbanyak sertifikasi dan kualifikasi sebagai calon karyawan

Dapatkan sertifikasi demi sertifikasi yang diperlukan untuk mencapai PETA KARIR yang sudah disiapkan itu.

Contoh: jika kamu ingin mendapatkan karir di auditing, persiapkan diri untuk mendapatkan sertifikasi seperti CIA, CISA, CPA dan lainnya yang akan sangat berguna untuk mendapatkan karir yang diimpikan itu. Pelajari dari awal.

4. Jangan Menahan Diri

Jangan sekali-sekali menahan diri untuk mengundurkan diri. Jika memang perusahaan tempat bekerja sekarang ini tidak memungkinkan kita untuk menggapai karir impian, jangan pernah menahan diri dalam KOTAK KENYAMANAN sebagaimana disebutkan dalam salah satu kutipan di atas.

Percayalah, semua itu hanya ada dalam pikiran kita. Masalah kenyamanan itu hanya akan menahan diri kita untuk berkembang. Jika memang dirasakan perlu mencari lingkungan baru, cobalah mencari peluang di luar sana.

Baca juga: Menghargai Orang Lain di Pekerjaan

5. Kenali Diri

Ini sebenarnya merupakan hal penting yang sering dilupakan oleh siapapun dalam melakukan pekerjaan apapun, tidak hanya dalam mencari kerja.

Sebelum memulai apapun, satu hal yang perlu kita lakukan adalah mengenali diri kita sendiri. Kemampuan kita – kekurangan kita. Kenali diri kita semaksimal mungkin.

Perbaiki apa yang perlu diperbaiki hingga kita dapat menggapai karir yang diinginkan.

Mungkin Masih Bertanya…

Apakah mungkin menjadi manager dalam waktu 5 tahun sejak kita bekerja di sebuah perusahaan? 

Mungkin banget. Semua manager itu pasti berawal dari staff kan? 

Jadi kenapa kita tidak memiliki impian itu? Tapi sebelum menjadi Manager di sebuah perusahaan, ada perlunya kita menjadi MANAGER DIRI SENDIRI (nantilah ya dibahasnya yang satu ini).

Jika kita sudah memiliki PETA KARIR sejak awal, saya yakin, kita akan dapat menggapainya dengan baik. Seperti dalam 7 Habits, semua berawal dari VISI dan MISI yang jelas. Kemudian kita jelaskan dalam tahapan demi tahapan yang perlu kita lakukan – Habit 2 – Begin with the end of mind.

Nah, kalau sudah begitu, kita gak akan pusing lagi dalam “memilih” pekerjaan kita. Bahkan bisa jadi, pekerjaan idaman akan datang sendiri. Teman-teman ada pengalaman soal ini? Share dong.

Exit mobile version