Febriyan Lukito

Apology

Sorry seems to be the hardest word – Yes, saying apology is quite something, right?

apology - tentang meminta maaf dan memaafkanSebagai manusia yang sering berinteraksi dengan sekitar, kita pasti pernah melakukan kesalahan, kecil ataupun besar. Karena kita ini adalah manusia biasa (yang tak luput dari kesalahan, bener gak?).

Nah… Bagaimana pun juga, termasuk dengan yang terdekat sekalipun dengan kita, meminta maaf atas kesalahan adalah suatu hal yang umumnya dilakukan. Dan ini memang yang seharusnya kita lakukan.

Seperti kutipan yang saya dapatkan di bawah ini:

An apology is the superglue of life. It can repair just about anything. ~ Lynn Johnston

Meminta maaf bukan berarti menunjukkan kelemahan kita. Tapi menunjukkan kebesaran hati. Mau mengakui kalau kita memang salah. Jadi meminta maaf juga bentuk tanggung jawab akan hidup.

Apology – Yang Menerima Permintaan Maaf Harusnya…

Di sisi lain, orang yang dimintakan maaf hendaknya memberikan maaf dengan tulus.

Jika memang dia salah. Dan dia mengakuinya. Meminta maaf padamu. Apalagi yang kamu butuhkan darinya?

Ada juga loh yang sudah meminta maaf dan berkata sudah dimaafkan, akan tetapi saat-saat tertentu, kesalahan itu diungkit kembali.

Tak perlulah menyimpan dendam. Dendam itu hanya akan seperti bara api yang terus membara yang akan membahayakan diri kita sendiri.

Kalau memang ada hal yang kamu rasakan kurang dari permintaan maaf itu, katakan saja padanya. Apa yang kamu harapkan dari orang itu ke depannya.

Memendam kekesalan atau kemarahan atas kesalahan orang lain hanya membuat diri kamu tidak bisa lakukan apa-apa. Gak bisa Move ON.

Belajar Dari Kesalahan (Diri Sendiri ataupun Orang Lain)

Kita, di dunia ini, tak mungkin hidup sendiri kan. Kita sama-sama berada di dunia ini untuk saling berbagi. Saling melengkapi.

Belajar bersama dari kesalahan yang ada. Berusaha dan berusaha untuk selalu lebih baik lagi.

Don’t keep your mind on the negative things, they consumed all your energy. Focus on the good side, and learn together. To be the BETTER YOU. Accept the apology and move on, make a new chapter. 

Ryan
200115

Exit mobile version