Febriyan Lukito

Sudah Optimalkah Smartphone Kamu

Ya sebenarnya sih bukan untuk teman saja sih. Pertanyaan sudah optimalkah smartphone kamu di atas sih lebih buat diri saya sendiri. Smartphone – ponsel pintar (apapun operating system yang diembed di dalamnya – Android ataupun iOS atau windows), disebut demikian karena memang benar-benar mengandung kepintaran. 

Sudah Optimalkah Smartphone Kamu 1
homescreen 5S

 

Saya dulu menggunakan Android dengan produsen Samsung dengan alasan adalah karena Android lagi booming banget kala itu dan kalau iPhone mahal. Kalau Samsungnya ya karena memang bagi saya fitur dalam Samsung jika dibandingkan masih di atas lawannya (kala itu ya lawannya LG). Jadi alasan utama saya pakai smartphone itu ya karena trend aja. Tapi setelahnya mengalami beberapa kali kesal karena memory yang full. 

Iphone yang dulu gak pernah saya lirik akhirnya saya lirik saat teman menjual iphone 3GS nya saat dia sudah punya iphone 5 (baru launching kala itu). Saya senang banget dengan handphone itu kala itu. Saya utak-atik semua. Saat itu saya baru dengar soal jailbreak iphone, jadinya saya browsing dan coba-coba untuk jailbreak iphone yang itu. Hasilnya? Guagalll. 

Tak lama saya jual ke teman saya (jual rugi) karena ada iphone 4 yang 8GB dengan harga yang agak terjangkau. Sejak itulah saya pakai iphone. Dan sekarang saya pakai 5S dengan kapasitas 32GB. So far saya nyaman sih dengan yang ini. Tapi apakah sudah maksimal. Mari kita cek. 

Apa saja yang saya lakukan dengan Iphone 5S ini? 

1. Blogging

Ini dah pasti sih. Saya pakai untuk akses blog saya. Entah dengan aplikasi wordpressnya atau melalui browsernya. Seperti sekarang ini, saya menulis draft di dalam perjalanan menggunakannya. Ataupun menjawab komen dan blogwalking

2. Sosial Media

Nah ini yang banyak digunakan oleh saya juga (dan saya yakin sih banyak dirimu yang juga menggunakan smartphone untuk ini kan). Sosmed yang saya gunakan di sini adalah Path, Twitter, Facebook, Google Plus, Foursquare dan Swarm, Instagram. Seringnya saya pakai yang saya sebut itu. 

3. Foto

Nah saya suka foto (hanya hobi) jadi kamera smartphone ini saya sangat saya handalkan. Kameranya bagi saya bagus. Ada fasilitas panoramic. Karena hobi yang ini saya juga pakai aplikasi-aplikasi edit dan aplikasi lain terkait foto, seperti pixlr, vscocam, photoeditor+, meipai (untuk video singkat), squareit dan lainnya. 

4. Chatting

Ini juga yang dicari orang kan ya saat memutuskan membeli ponsel atau tidak. Chatting untuk hal fun ataupun terkait kerjaan saya lakukan dengan whatsapp, blackberry messenger, skype, viber (ini karena kerja di luar sih), hangouts (google chat), facebook messenger, insta messenger, apa lagi ya. Ya itulah kira-kira. 

5. Video dan Referensi

 

Inspirasi lewat suara dan video

Nah ini saya lakukan kalau lagi butuh ide ataupun stress. Jadi saya buka youtube, ted, baca buku-buku seperti Chinmi (Kung Fu Boy) dan juga aplikasi majalah seperti scoop. 

6. Travelling

Ini sebenarnya karena dulu pengen pesan tiket aja. Jadi install deh aplikasi-aplikasinya seperti Traveloka, Tiket.com, KeretaAccess, dan lainnya. Nah sekarang? Saya gunakan untuk membantu teman yang butuh bantuan saya. Kalau mereka gak ada waktu pesan, bisa lewat saya. Saya carikan dan saya pesankan. 

 

Travel application. Kalau butuh bantuan, kabari saja

Nah kira-kira itu sih yang saya biasa lakukan selama ini. Hingga belakangan untuk keperluan BEC dan yang lainnya, saya baru install aplikasi-aplikasi lainnya. Beberapa karena dipakai untuk di blog BEC sendiri dan beberapa saya pakai untuk blog saya sendiri. 

1. Google Drive

Ada yang pakai ini gak? Nah ini saya pakai saat di Liberia untuk urusan kantor. Tapi kemarin saya tidak pasang di smartphone ini, baru karena BEC saya install dan ternyata pretty handy loh. 

2. Dropbox 

Sistem cloud-storage ini sudah lama beredar kan, namun baru belakangan saya mulai aktifkan lagi untuk backup foto-foto saya. Sebenarnya memang dari iphone ada backup juga. Tapi saya backup lagilah. Termasuk file-file komputer beberapa saya masukkan di sana. 

3. Evernote dan Notes

Aplikasi ini saya gunakan untuk drafting surat-surat yang akan dikirimkan. Sebelumnya, saat menggunakan blackberry, saya juga menggunakan evernote tapi tidak tahu kalau fungsinya bisa seperti sekarang. 

4. Analytic tools and Klout

Beberapa bulan belakangan, saya baru mulai merambah yang namanya analytic tools dalam genggaman saya ini. Namun baru beberapa hari ini yang menunjukkan hasilnya karena baru bisa saya pasang kodenya di blog baru ini. Klout sendiri saya pakai untuk twit. Beberapa artikel yang saya suka ada di klout ini. Sayangnya gak ada artikel Indonesia ya. 

 

analytic tools yang baru saya tahu

Nah yang baru lagi yang saya temukan dalam smartphone ini adalah kemampuannya untuk shortcut. Jadi saya buka website yang saya suka, tinggal pencet share dan pilih add to home screen. Jadilah ada icon di halaman awal. Tinggal pencet. Langsung kebuka alamat webnya. 

Jadi pada intinya setelah menemukan beberapa aplikasi-aplikasi baru itu, dan juga kegunaan lainnya, saya merasa kalau selama ini saya tidak optimal dalam menggunakan smartphone saya. Kalau kamu bagaimana? Sudah optimalkah smartphone kamu gunakan? 

Saya sih masih ingin eksplorasi lebih jauh lagi apa yang bisa diberikan oleh smartphone ini – yang mudah-mudahan sih gak membuat ketergantungan yak. 

Smartphone is only a tool that helps you doing things in life easily. Use it wisely. 

And maximize it until you found nothing else you can do with it before changing it – #notestomyself

Exit mobile version