Wisata Kuliner di Parapat yang Wajib Kamu Coba!!!

Sudah lama tak nulis soal wisata kuliner, kali ini mau coba gali wisata kuliner di Parapat. Saya sendiri belum pernah ke sini, tapi ada teman kuliah yang kelahiran Jakarta tapi keturunan sana. Beberapa kali pengen ke sana. Kenalan sama Parapat dulu yukkk.

Parapat – Wisata Di Sumatera

Parapat merupakan salah satu wilayah yang terkenal dengan keindahan Danau Toba dan pulau kecil di tengahnya, yang sering dikenal sebagai Pulau Samosir. Tak sedikit wisatawan lokal maupun non-lokal yang menjadikan objek wisata ini sebagai salah satu tujuan utama untuk mengisi liburan.

Tepatnya, Parapat berada di kawasan Kecamatan Girsang yang mana hanya memerlukan 176 km perjalanan untuk Anda tiba di kawasan Parapat jika kamu berangkat dari pusat Kota Medan yang kira-kira memerlukan waktu sebanyak 3 hingga 4 jam.

Untuk mencapai lokasi, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi. Adapun angkutan umum maupun penyewaan mobil yang melayani para pengunjung Parapat untuk tiba di Hotel maupun tempat tujuan wisata di Parapat ini.

Selain terkenal dengan keeksotisan Danau Tobanya, Parapat juga memiliki objek wisata alam, sejarah, dan juga wisata kuliner yang menjadi daya tarik para wisatawan sehingga betah berlama-lama berlibur di sini (nongkrong seru euy). Bahkan tak sedikit tempat penginapan berupa hotel yang harganya cukup terjangkau untuk kamu beristirahat selama berlibur di kawasan ini.

wisata kuliner di parapat indonesia

Pemandangan Parapat dari jauh – sumber: wiki

Setiap wilayah tentunya memiliki beberapa makanan khas yang menjadi daya tarik para pengunjung, begitu juga dengan Parapat yang memiliki hidangan khas dengan cita rasa yang menggugah selera para penikmat makanan di kawasan ini.

Wisata Kuliner di Parapat yang Wajib Kamu Coba

Dari beberapa hasil browsing sana-sini, saya menemukan beberapa kuliner yang wajib dicoba kalau berkunjung ke sini. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner di Parapat untuk kamu dan keluarga nikmati. Pokoknya dengan mencicipi hidangan favorit wisatawan di kawasan Parapat ini, liburan kalian akan lebih lengkap.

4 wisata kuliner di parapat indonesia

Note: foto pantai dari canva.com bukanlah wisata di parapat

1. Pizza Andaliman

Hidangan pizza memang terkenal dengan hidangan khas Italia, namun siapa yang menyangka hidangan ini dimodifikasi dan menjadi makanan khas Parapat atau lebih dikenal dengan khas Toba Samosir. Pizza ini memiliki cita rasa yang unik dan berbeda, yang mana rasa yang disajikan menyesuaikan lidah orang Sumatera Utara.

Wisata kuliner di Parapat yang satu ini sering disebut dengan Pizza Andaliman yang dapat kamu temukan di Jalan Tarutung yang tepatnya berada di Toba Samosir, Parapat.

Sayang rasanya jika kamu tidak mencicipi makanan khas Parapat ini, karena dengan keunikan rasanya menjadikan hidangan ini menjadi menu andalan masyarakat sekitar. Rempah-rempah yang digunakan pun kaya akan rempah-rempah khas asia.

Buat kamu yang vegetarian juga dapat menikmati hidangan Pizza Andaliman yang dibuat khusus untuk vegetarian.

wisata kuliner di parapat - pizza andaliman

Pizza Andaliman – salah satu wisata kuliner di Parapat yang wajib dicoba – sumber: laketoba.net

2. Sup Ikan Toba

Wisata kuliner di Parapat yang kedua jika mengunjungi Danau Toba adalah Sup Ikan Toba. Katanya, kurang puas rasanya jika tidak mencicipi hidangan sup ikan toba yang satu ini. Kesegarannya yang memuaskan lidah membuat kamu ketagihan.

Hidangan ini menemani kamu serta keluarga menikmati keindahan alam sekitar yang menjadikan Anda lebih releks berada di kawasan Danau Toba.

Ikan yang digunakan pada hidangan yang satu ini ialah ikan nila. Ikan tersebut memiliki tekstur cukup lembut dan rasanya yang gurih dipadukan dengan rempah-rempah khas Sumatra. Uniknya Sup Ikan Toba ini disajikan dengan bumbu asam pedas serta bumbu pelengkap lainnya.

3. Mie Gomak

Selain sup ikan toba yang menjadi salah satu makanan khas kawasan danau ini, kamu juga akan menemukan hidangan Mie Gomak khas Batak yang dapat dicicipi sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Makanan ini memang sangat cocok untuk dihidangkan di kawasan Puncak Parapat yang terbilang cukup dingin. Dengan menikmati Mie Gomak rebus maupun goreng, selain dapat memuaskan lidahmu, juga dapat menghangatkan tubuh.

wisata kuliner di parapat

Wisata kuliner di Parapat berikutnya adalah Mie Gomak. Sumber: dapurpalma.com

4. Ikan Pora-pora

Satu lagi hidangan ikan yang dapat membuat kamu puas berlibur di Parapat, yaitu hidangan makanan dengan bahan utama ikan pora-pora. Wisata kuliner di Parapat yang satu ini tepatnya berada di kawasan objek wisata Danau Toba.

Selain rasanya yang lezat, ikan ini juga memiliki gizi yang cukup tinggi dengan kesegaran ikannya yang terjaga.

Biasanya ikan ini disajikan dengan digoreng sehingga teksturnya yang crispy membuat ikan ini lebih nikmat, apalagi disandingkan dengan saus sambal maupun mayonnaise.

Pokoknya… Jangan Sampai Lupa Cicipi

Sebenarnya, masih banyak lagi makanan khas Parapat yang wajib kamu cicipi saat berlibur ke kawasan Puncak Parapat ini. Tak sedikit wisatawan yang datang hanya sekedar untuk menikmati kelezatan makanannya, karena memiliki cita rasa yang begitu unik dan khas.

Baca juga: Tulisan Kuliner Febriyan Lukito

Wisata kuliner di Parapat di atas hanya sebagian kecil yang bikin saya mupeng pengen ke sana. Kapan ya bisa ke sana? Kalau kalian sendiri pernah gak ke sana? Share dong.

Advertisements

12 Comments

  1. Nuri 21 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  2. Katerina 14 Juli 2016
    • Febriyan 14 Juli 2016
  3. Molly 4 Juli 2016
    • Febriyan 5 Juli 2016
  4. Andhika 4 Juli 2016
    • Febriyan 5 Juli 2016
  5. auuak 29 Juni 2016
  6. Dita 29 Juni 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: