Belajar dari Penerima SATU Indonesia Awards dan Pemenang Astra Start-up Challenge – 7+ Tips Wirausaha Ada di Sini

Menjadi wirausaha atau mempunyai usaha sendiri, siapa yang tidak ingin? Saya sendiri pengen banget. Sejak dulu bahkan selalu terpikirkan untuk memulai usaha sendiri tapi akhirnya gak jalan juga. Sering juga saya baca tips wirausaha dari para pengusaha sukses dan belum berhasil.

Seringkali, dan saya yakin, kalau saya gak sendirian dalam hal memulai usaha – merasa gak bisa menjadi wirausaha karena bingung. Bingung karena gak punya modal (saya banget) ataupun bingung mau usaha apa? Kalau lihat tips wirausaha bagi pemula atau dengan modal kecil, banyak sih idenya, tapi ya gitu deh… sudah banyak yang bermain di jenis usaha itu.

Kalau saya ikut main di sana, apakah usaha kecil saya nanti akan sukses juga? Terus gimana kalau saya punya ide usaha yang bagus banget tapi gak punya modal. Pokoknya banyak banget pertanyaan-pertanyaan berkeliaran di kepala setiap berpikir mau memulai usaha.

Hingga akhirnya, di salah satu rangkaian acara ulang tahun ke-60 Astra di Surabaya beberapa waktu lalu, saya bisa bertemu dengan beberapa wirausaha muda sukses dan berhasil bertanya-tanya kepada mereka. Dan mereka sendiri dengan senang hati membagikan tips wirausaha bagi pemula untuk saya dan pembaca blog febriyanlukito.com ini.

Sekilas tentang SATU Indonesia Awards (SIA) dan Astra Start-up Challenge (ASC)

SATU Indonesia Awards sendiri adalah penghargaan yang diberikan Astra kepada individu ataupun kelompok orang yang berkontribusi aktif dan memberi inspirasi kepada masyarakat sekitarnya dan juga Indonesia.

Baca juga: 7 Sifat Inspirasif Untuk Sukses Muda

Astra Start-up Challenge sendiri merupakan program Astra dalam membangun semangat kewirausahaan di Indonesia. Astra melakukan inkubasi terhadap para pelaku bisnis start-up yang mendaftar dan terpilih. Selama 6 bulan, para peserta ASC ini diberikan mentoring dan pembinaan serta pelatihan lainnya yang dibutuhkan.

ASC ini sendiri sejalan dengan salah satu pilar dari 4 pilar Astra, yaitu Astra untuk Indonesia Kreatif. Peserta yang lolos 25 besar menjalankan bootcamp dan mendapatkan materi yang saya sebutkan di atas. Bahkan setelah pengumuman pemenang, mereka pun masih akan mendpaatkan fasilitas bantuan dari Astra.

Ingin ikutan Astra Start-up Challenge Batch 2? Daftar saja di sini.

Astra sendiri mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui program-programnya. Salah satu yayasan di bawah naungan Astra bahkan secara aktif fokus melakukan pembinaan UMKM di seluruh Indonesia, yaitu Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA).

Baca juga: Tips Sosial Media untuk UKM

Kedua program di atas, SIA dan ASC, dilakukan Astra sebagai bentuk pernyataan di mana Astra tidaklah hanya mencari keuntungan untuk perusahaan semata tapi juga untuk memberi kontribusi kepada masyarakat Indonesia.

Tips Wirausaha Bagi Pemula dari Peraih SATU Indonesia Awards (SIA) dan Pemenang Astra Start-up Challenge Batch 1

Tips untuk memulai usaha di bawah ini juga cocok untuk yang sudah mempunyai usaha atau start-up tapi bingung juga mau gimana lagi. Dalam beberapa tips yang saya share di bawah ini, saya dapatkan insight saat melakukan wawancara ataupun ngobrol dengan mereka.

1. Kembangkan Sikap Wirausaha

tips menjadi wirausaha muda yang sukses

Para peraih SATU Indonesia Awards lagi sharing di Astra60Surabaya 

Tips wirausaha bagi pemula ini mungkin sangat cocok untuk menjawab permasalahan yang saya sebut di atas, yaitu merasa tidak cocok atau gak bisa menjadi wirausaha. Kenyataannya, jika setiap orang memiliki mental wirausaha, siapapun bisa menjadi sukses dalam usaha mereka.

Hidup itu pilihan – sukses itu kewajiban

Itulah kata mas Faishal Arifin, pemilik CV Silver 999, penerima SIA 2015. Jika memang ingin memulai usaha sendiri, haruslah sadar bahwa sukses dalam hidup itu adalah sesuatu yang perlu kita kejar dan butuh kerja keras. Banyak faktor untuk membentuk mental atau sikap wirausaha ini, salah satunya adalah dengan:

Lanjut mas Faishal, selalu tanamkan di dalam hati bahwa setinggi tingginya jabatan di kantor, kita adalah pegawai, tapi sekecil kecilnya usaha kita, kita adalah bosnya.

2. Gali Ide Sebanyak Mungkin

Ide itu bisa dari mana saja. Ada di sekitar kita. cobalah untuk terus menggali ide-ide usaha yang baru dan unik untuk dikembangkan. Itulah yang diungkapkan oleh Mbak Meity Margareta, founder ByMentik. Cobalah untuk melihat apa permasalahan yang dihadapi dalam hidup kita ataupun sekitar kita.

tips wirausaha untuk pemula

Mbak Meity, founder bymentik

ByMentik sendiri merupakan salah satu peserta ASC yang menyediakan starter pack P3K untuk anak. Ide usaha itu sendiri hadir karena Mbak Meity dan teman-temannya mengalami permasalahan yang sama ketika traveling bersama anak mereka.

Sulit menemukan obat yang diperlukan untuk pencegahan selama melakukan perjalanan dengan anak mereka.

Permasalahan itulah yang dicoba untuk dijawab dan muncullah ide ByMentik itu. Tips wirausaha bagi pemula kedua ini bisa segera kamu lakukan dengan melihat sekitar kamu sekarang, apa saja masalah yang ada.

3. Lakukan!

Setipe dengan Mbak Meity, Mas Rendy Ferdiansyah, juara 3 ASC Batch 1 yang merupakan founder Sarang Jasa, juga menemukan ide usahanya dari permasalahan yang dialaminya. Namun yang membedakan mereka berdua dengan kita adalah mereka itu melakukannya!

tips memulai usaha dari sarangjasa

Mas Rendy, Founder Sarangjasa sedang berbagi tips wirausaha bagi pemula, nantikan di Youtube Channel saya ya

Yep… mereka melakukan apa yang menjadi ide usaha mereka itu dalam praktik langsung. Itulah tips wirausaha bagi pemula #3, segera lakukan ide usaha yang kita temukan.

Mba Maryati, juara 1 ASC Batch 1 pun mengatakan yang sama. Jangan terlalu banyak berpikir. Just do it! Dan kalau menurut Mas Ismail Nabani, founder Talangin:

Sebagus-bagusnya ide, adalah kosong kalau tidak dieksekusi.

Jadi, apapun yang kamu punya sekarang sebagai ide usaha, yang paling utama perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mewujudkannya dalam aksi. Gak omdo.

4. Fokus!

Berkali-kali, ajakan untuk FOKUS diserukan oleh para penerima SIA ataupun peserta ASC saat wawancara waktu itu. Semua mengatakan salah satu tips wirausaha terpenting adalah untuk fokus dalam menjalankan usaha itu.

tips wirausaha bagi pemula

Mbak Shindy, founder Ctalize

Termasuk Mbak Shindy Purnamasari, Founder Ctalize.com – Juara 2 ASC Batch 1. Dia mengatakan salah satu tips menjadi wirausaha sukses itu adalah fokus pada ide yang kita miliki.

“Dengan fokus pada produk kita, pada usaha kita, secara tidak langsung, kita akan mengenali lebih dalam tentang pelanggan kita. Semakin mengenal pelanggan kita, kita akan semakin memahami masalah mereka dan bisa berbuat lebih banyak lagi untuk mereka.”

Fokus juga disebutkan oleh Mas Faishal dalam perumpamaan bisnis sebagai pendamping hidup kita.

“Jadikan usaha itu layaknya pendamping hidup.Saat dia sakit, kita obati. Dia bahagia, kita ikut larut ke dalamnya. Dia nakal, kita bimbing. Dia sedih, kita hibur. Artinya bersikap setialah kepada usaha Anda, cintai dan sayangi.

Jangan kita memikirkan pendamping lainnya jika pendamping pertama kita tidak mampu menguasainya. Atau jangan kita mencari pelarian bisnis lain jika kita belum mapan pada bisnis pertama. Maka yang akan terjadi bisnis kedua akan menghabiskan bisnis pertama.”

Mba Maryati dari Luckligco juga mengatakan yang sama. Janganlah kita berusaha pindah-pindah, apalagi hanya karena melihat orang lain sukses dengan bisnis lain itu. Fokus ini juga harus didukung dengan tips wirausaha bagi pemula berikutnya.

5. Komitmen

Untuk memiliki usaha sendiri alias menjadi wirausaha, kita perlu berkomitmen pada usaha itu sendiri. Seperti fokus pada satu jenis usaha terlebih dahulu, jika sudah tidak bisa baru kemudian beralih. Komitmen diri sendiri akan sangat berguna untuk diri kita sebagai start-up founder.

tips wirausaha bagi pemula

Mas Ismail, founder Talangin

Itu yang diucapkan oleh para peserta ASC yang sempat saya wawancarai. Mereka mengatakan bahwa rahasia untuk sukses menjadi wirausaha adalah dengan komitmen pada tujuan awal membuat usaha itu. Saya pun teringat pada buku 7 Habits dari Stephen R. Covey. Dalam Habit ke-2, Begin with an End in Mind, Covey mengatakan kalau kita hendaknya mempunyai tujuan hidup.

Mas Rendy mengatakan kalau dalam membangun start-up yang sukses, seseorang harus siap untuk kehilangan waktu karena harus fokus membangunnya.

Di sanalah, komitmen terhadap tujuan awal – membangun start-up yang sukses dan membantu orang sekitar – diuji dan ditempa. Tentunya, kalau tidak ingin capek sendirian ketika membangun usaha, kita harus siap untuk melakukan tips wirausaha berikutnya.

6. Cari Rekan Kerja dan Tim

Tips wirausaha berikutnya bagi pemula ini penting tapi jangan sampai salah jalan ya. Cari rekan kerja dan tim yang satu visi dengan kita sebagai founder. Itu yang diungkapkan oleh Mba Maryati.

tips wirausaha untuk pemula dari astra start up challenge

Mbak Maryati, founder Lucklig.co

“Satu lidi akan mudah dipatahkan, tapi jika disatukan – tidak mudah untuk mematahkannya.”

Mencari rekanan dan tim kerja ini pun boleh dibilang bukan hal yang mudah dilakukan, tapi bisa dilakukan jika kita tetap fokus dalam merintis usaha kita, seperti yang akhirnya didapatkan oleh Mas Hadi dalam merintis Susu Listrik. Dia bersama rekan kerja dan timnya berhasil mengembangkan teknologinya dan terus berinovasi.

Tentunya, untuk terus berinovasi perlu tips wirausaha berikutnya.

7. Belajar Terus

Tips dari Mas Faishal adalah kita harus menyadari bahwa kegagalan adalah sakit. Dengan sakit, kita menjadi sadar bahwa sehat itu adalah nikmat yang perlu disyukuri. Bahwa ketika kita tidak gagal dalam mengembangkan usaha, kita harus menghargai semua yang ada – usaha kita, rekan kita, anggota tim kita, semuanya.

cara mulai usaha dari nol

Para pemenang Astra Start-up Challenge (ASC) Batch 1.

Tapi di saat gagal pun, kita harus paham bahwa sakit itu bisa diobati. Obat sakit gagal hanya satu, yaitu jangan menyerah. Terus berusaha. Jangan menjadi penambang emas yang berhenti ketika hanya tinggal 1 langkah lagi dari timbunan emas yang sedang digalinya.

Itu juga tips wirausaha bagi pemula dari Mba Maryati. Jangan pernah menyerah dan terus belajar. Ada satu kutipan dari Mas Ismail (Talangin) mengenai yang satu ini:

Dan untuk belajar ini, Astra Start-up Challenge bisa jadi jalan untuk kita yang punya start-up untuk belajar dan dibimbing lebih jauh mengenai bisnis. (Jangan lupa daftar ya…)

8. Networking

Salah satu yang didapat dari ASC adalah mendapatkan networking yang baik untuk usaha yang sedang kita rintis. Salah satu tips wirausaha dari peraih SIA dan juga peserta ASC berikutnya adalah untuk selalu memperluas jaringan.

cara menjadi wirausaha tangguh

Penerima SATU Indonesia Awards yang juga berbagi tips wirausaha bagi pemula kepada saya

Entah itu jaringan pertemanan sesama pelaku usaha ataupun jaringan pemasaran untuk produk kita. Perbanyak teman daripada lawan. Kalau perlu berkolaborasi dengan yang sudah ada dan ciptakan sesuatu yang baru.

Jadi? Mau Mulai Kapan (menerapkan tips wirausaha bagi pemula ini)?

Sudah baca semua tips wirausaha bagi pemula dari para peraih SIA dan peserta ASC batch 1 di atas kan? Mereka ini masih muda-muda tapi sudah berprestasi dalam bidangnya masing-masing. Kamu mau mulai kapan?

tips wirausaha bagi pemula

Jalan panjang di hadapan, pilihanmu:
Melewatinya atau Memutar jalan?

O iya, sebelum kamu jawab, ada tambahan tips memulai usaha nih:

Mulailah sekarang juga – mulaiah dari yang kita sukai (passion).

Serta

Sekarang balik lagi ke pertanyaan saya, setelah mendapatkan tips wirausaha di atas, kapan kamu mulai merintis usaha sendiri?

Advertisements

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: