10+ Topik Konten Viral Yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau menuliskan soal workshop kemarin tentang menulis konten viral oleh Mbak Resty Amalia, rasanya gak akan lepas dari bagaimana saya berkenalan dengan beliau #tsah. Berkenalan dengan seorang managing editor dan juga blogger super keren satu ini berkat Mbak Carolina Ratri.

Cek blog pribadi Mbak Resty di restyamalia.com

Suatu hari, mbak Carra share di Facebooknya mengenai sebuah website baru yang membutuhkan kontributor. Nama web tersebut adalah trivia.id. Setelah ngobrol sebentar dengan mbak Carra, akhirnya saya pun memberanikan diri untuk apply dan diterima. Yayyy!!!

Terus di grup WA Trivia Contributors, mbak Resty share flyer acara workshop: “Write Your Viral Content” dan langsung aja daftar. Secara selama ini tulisan saya di Trivia masih jarang yang viral – maksimal share di 50-an aja. Jadi pengen banget paham cara menulis yang viral tuh seperti apa. Dan ternyata… gak gampang yak. 😀

Perkenalan Dengan CEO Zetta Media – Mas Brilliant Yotenega

tips menulis topik konten viral

Mas Brilliant Yotenega – CEO Zetta Media dan juga founder Nulisbuku.com

Ada yang tahu gak dengan mas ganteng satu ini (sudah menikah ya… maaf buat yang jomblo). Dia ini salah satu founder salah satu co founder nulisbuku.com bersama Ollie Salsabela dan dua orang teman lainnya. Kemudian, bersama mereka juga, mendirikan Zetta Media yang memiliki visi besar untuk mengimbangi berita miring yang sering beredar di dunia maya.

Zetta Media sendiri tidak tanggung-tanggung dalam pengembangannya. Menggandeng anak-anak muda seperti Mbak Resty, Mbak Carra, dan masih banyak yang lainnya, memberikan informasi positif dalam setiap portal yang ada dalam naungan ZM ini. Adapun portal di bawah bendera Zetta Media ini adalah:

  • Trivia.id
  • Virala.id
  • Level-up.id
  • Ributrukun.com
  • Bagaya.id
  • Rula.co.id
  • Rockingmama.id
  • Bola.media
  • Kamantara.id
  • Moola.id

Banyak kan? Ingin tahu lebih detail? Coba klik Zetta Media di atas dan cari tahu masing-masing seperti apa. Saya sendiri sangat beruntung bisa menjadi bagian dari Trivia.id selama ini. Kalau ingin jadi kontributor di Trivia bisa klik di sini.

Kalau mau baca tulisan saya di Trivia: Trivia – Febriyan

Menulis Konten Viral Bersama Resty Amalia

tips menulis konten viral

Mbak Resty Amalia in action

Kenalan sama orang keren seperti Mas Brilliant kayaknya gak akan habisnya – mungkin nanti ada kesempatan ngobrol lebih lagi. Sekarang langsung ke topik utama, konten viral bersama Mbak Resty Amalia. Mbak Resty ini managing editor Trivia.id yang super baik. Jarang banget marah sama kami para kontributor yang bandel alias jarang nulis. Dan gak henti-hentinya dia sharing soal menulis konten viral dan juga topik yang viral itu apa aja, di samping sharing yang lainnya.

Dalam workshop kemarin, Mbak Resty berbagi tentang cara menulis konten viral dan juga topik konten viral yang biasa digunakan. Kali ini saya akan bahas tentang topik konten yang bisa go viral ya. Eh tapi, sebelum bahas itu, kenalan dulu dengan viral content itu apa yuk:

Apa Itu Viral Content Atau Konten Viral Dalam Dunia Digital

Viral content is any piece of media that suddenly becomes an online sensation (taken from: breakthroughcontent). 

Lalu kenapa kita (termasuk kamu – blogger Indonesia) perlu membuat tulisan yang viral seperti ini? Tak lain sebenarnya tulisan viral akan menaikkan traffic blog. Ngiler dengan traffic tinggi? Berikut ini detail tentang konten viral yang bisa kita terapkan.

Konten Viral Yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam workshop kemarin, Mbak Resty mengambil data dari Buzzsumo mengenai konten viral ini. Buzzsumo sendiri merupakan website yang memberikan tools untuk mengecek topik apa yang viral dalam kurun waktu tertentu ataupun postingan dalam blog kamu mana yang viral dibandingkan yang lain.

Dari hasil survey yang dilakukan oleh Buzzsumo untuk tahun 2015, diperoleh beberapa elemen konten yang menjadi viral, seperti konten yang mengundang emosi atau konten dengan gambar akan lebih viral dibandingkan yang lain. Berikut ini saya rangkumkan dalam gambar berikut:

topik konten viral

Topik Konten Viral 2015 berdasarkan survey Buzzsumo

Dari gambar tersebut sebenarnya masih ada yang belum saya tampilkan, yaitu konten viral yang menarik orang lain untuk share. Setidaknya ada 10+ Topik Konten Viral yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan traffic blog kamu sendiri:

tips menulis konten viral

10+ Topik Konten Viral

1. Beri Kejutan

Berikan kejutan dalam tulisan kamu, baik menggunakan fakta yang mencengangkan ataupun gambar yang wow. Coba saja lihat berapa banyak orang blogger yang mulai mempelajari Infografik dan Vlogging. Itu salah satu cara mendapatkan konten viral.

2. Tulis Tentang Tren

Caranya? Cari di twitter – trending topicnya apa dan tulislah tentang itu. Banyak kan website (termasuk website berita) yang mengambil trending topik dan kemudian menuliskannya. Saya sendiri pernah menggunakannya dalam blog ini dan memang mendapatkan trafik blog yang tinggi.

Baca: Pemenang Asia’s Next Top Model Season 3 – views tertinggi hingga saat ini (tapi bukan post populer)

3. Berikan Inspirasi

Ini juga yang menjadi visi dari Trivia, memberikan inspirasi dalam hidup melalui tulisan. Tulisan menginspirasi seperti beberapa waktu lalu sempat baca share di FB tentang seorang tukang gojek wanita yang membawa anaknya. Yang menulis itu ingin mengajak semua untuk membantu dan akhirnya tulisannya tersebar luas kan?

4. Membuat Daftar Gambar Yang Spektakuler

Seperti yang disebutkan dalam gambar di atas, bahwa salah satu elemen tipe konten dan juga format konten viral adalah gambar dan daftar. Kenapa kita gak gabungkan keduanya? Bikin daftar gambar yang akan membuat orang terpana.

5. Buat Post Tentang Bayi & Hewan Lucu

Bayi lucu dan hewan lucu… banyak yang suka lihat kan video tentang mereka di youtube. Nah membuat post tentang mereka juga sangat memungkinkan untuk menjadi viral. Saya sih pernah upload video soal Snowy tapi masih gak jadi viral. 😀

6. Konten Viral: Menghibur

Jujur, kita kalau membaca tulisan biasanya untuk cari hiburan kan? Nah kenapa tidak menuliskan yang seperti itu? Menghibur orang banyak melalui tulisan, gambar atau video. Bisa apa saja kan? Misalnya saja tulisan tentang 5 Lagu Kenangan – sebenarnya ditujukan menghibur sih tapi kurang sepertinya. 😀

7. Kontroversi

Nah yang ini nih yang belakangan banyak beredar. Menulis soal blogger remahan atau blogger FOMO atau mungkin tentang LGBT atau yang terbaru tentang link Do Follow No Follow dalam Job Review para blogger. Pokoknya yang kontroversi pasti traffic kalian akan naik cepat. Tapi…. saya pribadi sih menghindari tipe tulisan yang seperti ini. 😀

8. Kuis Tentang Orang

Biasanya pembaca paling suka kalau ada kuis untuk menentukan kepribadian, misalnya saja jenis kepribadian berdasarkan golongan darah. Banyak website luar yang menyediakan kuisioner seperti ini dan banyak yang ikutan tesnya – saya termasuk sih. Coba cek yang ini deh tentang kepribadian berdasarkan Who Moved My Cheese.

9. Peringatan!

Jangan Dibaca! Bahaya kalau baca tulisan ini, bisa baper. Semakin kenceng peringatannya, akan semakin membuat orang penasaran dan akhirnya membaca. Bener gak? Contohnya sih kalau di blog ini ya Jangan Panik Kalau Iphone Mati Tiba Tiba.

10. Bocorkan Rahasia

Apalagi kalau rahasia kesuksesan – banyak yang cari tulisan seperti ini karena ingin juga merasakan kesuksesan itu dan kalau bisa menggapainya dengan cepat. Misalnya saja nih:

Jangan juga lupa bagi rahasia cinta atau rahasia untuk hidup. Banyak juga yang mencari loh soal ini, apalagi kalau masalah cinta.

11. Tips

Sudah banyak yang tahu kalau tulisan tentang tips ini akan selalu menjadi incaran banyak orang untuk baca. Misalnya saja tips kesehatan dengan infused water atau tips peduli lingkungan yang bisa dilakukan oleh kita.

12. Tulis Kisah Yang Mengharu Biru

Banyak kisah di sekitar kita kan? Bisa dari keluarga kita sendiri ataupun dari orang sekitar kita lainnya. Tuliskan kisah mereka yang menarik dan mengharu biru. Pasti banyak yang mau baca. Seperti misalnya kisah tentang ibu.

Nah itu daftar konten viral yang bisa kita gunakan dalam tulisan di blog kita ataupun dalam tulisan di website lainnya. Belakangan ini memang banyak yang menulis dengan angka dalam postingan – sebenarnya ini juga bagian dari tips menulis konten viral, tapi bukan berarti kamu harus ikutan langsung seperti itu ya.

Kesimpulan

Dalam workshop kemarin juga, Mbak Resty selain memberikan tips menulis konten viral di atas juga mengingatkan bahwa dalam menulis yang seperti ini, kita harus selalu melakukan penelitian tentang topik yang ingin kita bahas namun harus tetap menjadi diri sendiri.

Bukan berarti konteng yang viral itu yang menggunakan angka ganjil, terus kita mulai menulis 3 cara, 5 tips, 7 tipe dan lainnya. Just be yourself and let your writings speak. Sebagai penutup berikut ini beberapa foto dari kegiatan workshop kemarin.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Advertisements

68 Comments

  1. Konten Viral 5 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  2. suplemen fitness jogja 28 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
  3. Bibit Tin 22 November 2016
    • Febriyan 3 Desember 2016
  4. Jual Minyak Zaitun 18 November 2016
    • Febriyan 18 November 2016
  5. pikiranku 10 September 2016
    • Febriyan 22 September 2016
  6. Mirwan Choky 23 Agustus 2016
    • Febriyan 23 Agustus 2016
  7. Erin 17 Juni 2016
  8. Fahri 11 Juni 2016
    • Febriyan 13 Juni 2016
  9. sambilngopi 17 April 2016
    • Febriyan 17 April 2016
  10. adams aljawiyu 10 April 2016
  11. Abdul Cholik 31 Maret 2016
    • Febriyan 31 Maret 2016
  12. Priyo Harjiyono 31 Maret 2016
  13. Evi Sri Rezeki 30 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  14. khairiah 30 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  15. Euisry Noor 30 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  16. susindra 30 Maret 2016
  17. Ratna Dewi 30 Maret 2016
  18. Nurman 30 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  19. Deny 30 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  20. BaRT 29 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  21. Molly 29 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  22. inayah 29 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  23. Andhika 29 Maret 2016
    • Febriyan 30 Maret 2016
  24. trissnatt 29 Maret 2016
  25. Yusuf Saktian 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
  26. Ery Udya 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
  27. eda 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
  28. www.bukanrastaman.com 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
  29. shiq4 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
  30. indomoto 29 Maret 2016
  31. mrs muhandoko 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016
      • mrs muhandoko 29 Maret 2016
      • Febriyan 29 Maret 2016
      • mrs muhandoko 29 Maret 2016
      • Febriyan 29 Maret 2016
  32. Carra 29 Maret 2016
    • Febriyan 29 Maret 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: