Review Coolpad Sky 3 – Smartphone Dengan Fitur Beauty Untuk Selfie

Salah satu pemain smartphone asal Cina yang lagi giat memasuki Indonesia (lagi) adalah Coolpad. Setelah sebelumnya re-branding dengan launching Cooplad Max – yang sekarang juga jadi hape saya, Coolpad mengeluarkan seri terbarunya, Coolpad Sky 3.

Coolpad Sky 3 ini memang ditargetkan untuk kalangan menengah yang suka selfie atau wefie. Setelah coba selama kurang lebih 2 mingguan, berikut saya coba bikin review Coolpad Sky 3 ala saya ya. Ini akan jadi review handphone atau smartphone pertama saya nih. 😀

Disclaimer: untuk review Coolpad Sky 3 ini, saya menerima produk dalam keadaan segel dari brand secara langsung

Saya sebenarnya sudah lama gak pakai smartphone dengan operating system Android seperti Coolpad Sky 3 ini. Tapi gara-gara nulis soal Coolpad Max kemarin, saya pun akhirnya menggunakan Max itu dan jadi pakai iphone dan android. So… apakah seorang fanboy iOS beralih ke Android karena Coolpad? Sebelum mulai review Coolpad Sky 3 ini, simak dulu video unboxing dan short reviewnya yuk:

Spesifikasi & Fitur Coolpad Sky 3

Satu hal yang selalu saya perhatikan saat memutuskan membeli sebuah smartphone Android atau tidak adalah spesifikasi dan juga fitur yang diberikan oleh hape itu. Dan karena salah satu fitur dari Coolpad Sky 3 (dan juga Coolpad Max sih) yang bikin saya nyaman dengan smartphone satu ini.

review coolpad sky 3 - paket pembelian

Paket pembelian Coolpad Sky 3

Spesifikasi Coolpad Sky 3

Saya ingat ketika dulu saya memantau (tsah… memantau) perkembangan smartphone Android adalah perkembangan prosesornya. Perkembangan prosesor ini sangat penting bagi smartphone android agar tidak mengalami masalah saat pengoperasiannya.

Coolpad Sky 3 sudah mengusung prosesor Quad Core yang dari saya baca merupakan standard smartphone android sekarang ini. Dengan RAM 2GB, Coolpad Sky 3 ini mampu berjalan tanpa kendala ketika kita operasikan. Nah gimana spesifikasi Coolpad Sky 3 lainnya? Cek gambar di bawah ini ya.

spesifikasi - review coolpad sky 3

Spesifikasi Coolpad Sky 3 (sumber: CoolpadIndonesia.com)

Fitur Unggulan Coolpad Sky 3

Setiap smartphone sekarang ini rata-rata memberikan fitur-fitur untuk memanjakan para pengguna kan? Gak seperti dulu pas awal-awal Android keluar. Boleh dibilang setiap smartphone hadir dengan User Interface (UI) sendiri. Termasuk Coolpad ini dengan Cool UI 8.0.

Fitur lainnya dalam Coolpad Sky 3 ini antara lain:

  • Cool Manager
  • 3 fingers Screen Capture
  • Screen Recording
  • Fitur Beauty untuk foto (kamera depan ataupun belakang).
  • Dua Apps Whatsapp dan Facebook

Semuanya akan saya bahas lebih detail di bawah nanti.

Review Coolpad Sky 3 – Smartphone Menengah dengan Fitur Selfie Mumpuni

Yah… sekarang ini memang sudah banyak banget smartphone yang mengincar target pasar ini, yaitu mereka yang suka selfie atau wefie. Nah Coolpad juga melihat peluang ini dan akhirnya mengeluarkan smartphone Coolpad Sky 3 ini. Tapi gak hanya untuk yang suka selfie doang kok, ada banyak fitur yang bisa dinikmati dari smartphone ini. Dan terutama terkait dengan kegiatan selfie.

Mari kita simak satu demi satu yukkk… Dalam review Coolpad Sky 3 ini, saya akan coba bahas satu per satu fitur yang ada yang sudah saya coba.

Kamera Depan 8 MP FF & Kamera Belakang 8 MP AF

Yes, ini jadi fitur utama dalam smartphone satu ini. Dengan kamera 8MP ini, kita bisa selfie dengan lebih enak. Saya sendiri membandingkannya dengan kamera depan Coolpad Max yang hanya 5MP. Memang hasilnya jauh lebih bagus. Apalagi ditambah dengan Fitur Beauty yang disematkan dalam kamera ini.

Sayangnya, kamera depan ini masih FF alias Fixed Focus, kita agak susah kalau kita tidak mengaturnya dengan baik. Beda dengan kamera belakangnya yang sudah AF – Auto Focus. Tapi namanya juga selfie yo… bisalah diakali dengan menetapkan fokus sebelum mengambil gambar.

Fitur Beauty di Kamera Coolpad Sky 3

Demi review Coolpad Sky 3 ini, saya pun meminta teman saya (pejalansenja.com) untuk mengorbankan wajahnya selfie-selfie dengan Coolpad Sky ini. Demikian juga dengan kakak dan ibu saya. Foto mereka ada di video yang saya tayangkan di atas.

Fitur beauty ini memang bikin wajah lebih attractive sih. Buat saya yang memandingkan foto selfie dengan coolpad max yang 5MP dengan fitur yang sama, hasilnya memang beda kalau pakai kamera dengan 8MP ini.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Cool Manager & Cool UI 8.0

review coolpad sky 3

Review Coolpad Sky 3: Cool Manager untuk mengelola coolpadmu dalam satu menu

Cool Manager ini adalah fitur yang disematkan dalam setiap smartphone Coolpad. Dengan fitur Cool Manager ini, kita dengan mudah membersihkan handphone kita kalau dirasakan sudah cukup lemot. Loh… bukannya prosesornya dah mumpuni juga dengan RAM 2GB gitu. Masih bisa lemot ya?

Ya kalau kita pasang banyak aplikasi dan terus juga aktifkan semua sekaligus, tetep bisalah. Walau gimana kan ini hanya sebuah “komputer” kecil. Gak boleh sampai over juga pemakaiannya. Cool Manager ini juga berfungsi pas batere Coolpad Sky 3 nya over heating ataupun terlalu banyak pemakaian. Kita tinggal masuk ke Cool Manager ini dan aktifkan power saving di sini.

Terus gimana dengan Cool UI 8.0 nya? Okay, seperti yang saya bilang di atas, kalau sekarang ini rata-rata smartphone hadir dengan UI sendiri. Dan setelah sekian lama gak pakai yang namanya android, begitu kenalan dengan Cool UI (melalui coolpadmax), saya kagum.

Karena dengan Cool UI ini, semua dibuat lebih simpel. Kita tidak perlu pusing dengan banyak menu. Saya ingat banget kalau dulu harus buka dulu menu baru masuk ke dalam daftar aplikasi. Nah dengan Cool UI 8.0, semua aplikasi itu ada di home dan bisa diatur sedemikian rupa biar gak ribet.

Tampilan sederhana dari Cool UI 8.0 ini mengingatkan saya pada tampilan home pada iOS. Hal ini justru yang bikin nyaman dengan Coolpad Sky 3 ini.

Screen Capture dan Screen Recording

Dulu itu paling ribet kalau saya dah mau screen capture di smartphone android karena harus install aplikasi dulu. Tapi rupanya, perkembangan jaman dah bikin makin mudah. Di Coolpad Sky 3 ini, untuk capture screen itu gampang banget.

Beneran, kita cuma perlu slide 3 jari di layar Coolpad Sky 3 kita dan akan tersimpan deh screen shot nya. Kalau mau scroll screen shot? Tinggal klik yang ada di menu capture kita itu, nanti kita bisa screen scroll deh.

Screen Recording di Coolpad Sky 3

Nah yang ini yang seru banget buat saya. Pertama kali kenal fitur ini di CoolpadMax Lite saya. Nah di Coolpad Sky 3 juga ternyata ada. Screen Recording. Cara mengaktifkan screen recording di Coolpad itu gampang, kita hanya perlu:

Tekan tombol volume up dan power barengan (kurang lebih 3 detik). Nanti akan muncul deh tanda screen recording di bagian atas smartphone kita. Untuk menghentikannya tinggal tekan tombol power sekali.

Berikut ini video cara mengaktifkan screen capture dan scroll capture di Coolpad Sky 3 menggunakan Screen Recording

Dual Apps – Whatsapp dan Facebook di Coolpad Sky 3

Satu fitur yang menarik perhatian, di samping kekuatan utama dari semua smartphone Coolpad (Dual Sim Card), Coolpad Sky 3 hadir dengan fitur Dual Apps. Setiap Coolpad Sky 3 dilengkapi dengan kemampuan punya dua aplikasi Facebook dan Whatsapp di satu smartphone.

Kita hanya perlu masuk ke dalam setting hape kita dan mengaktifkannya saja. Tapi pastikan kalau aplikasi pertama sudah diinstall duluan ya. Simak video cara mengaktifkan dual apps di Coolpad Sky 3 di IG saya ya (@ryanluki24)

Kelebihan dan Kekurangan Coolpad Sky 3

Okay, kayaknya gak pas banget buat saya pribadi kalau tidak menyampaikan kelebihan dan kekurangan dalam review Coolpad Sky 3 ini. Sebenarnya kelebihan sudah saya sampaikan di atas dalam point-point fitur di atas.

Kelebihan Coolpad Sky 3

  • Kamera depan 8MP FF menjadikan Coolpad Sky 3 smartphone yang ciamik untuk selfie
  • Fitur Beauty untuk memaksimalkan selfie
  • Cool UI yang bikin tampilan sederhana tapi mudah dioperasikan.
  • Cool Manager memudahkan penanganan aplikasi dan baterai dengan mudah.
  • Dual Apps Facebook dan Whatsapp untuk mereka yang punya lebih dari satu akun atau yang ingn dua akun dalam satu hape.
  • Screen Capture dan Screen Recording mudah di hape.

review coolpad sky 3

Review Coolpad Sky 3 oleh febriyanlukito.com

Kekurangan Coolpad Sky 3

Dalam testing menggunakan Coolpad Sky 3 ini, saya – eh kakak saya sih, menemukan kalau hape ini agak kurang bagus kalau dipakai untuk main game. Sering hang.

  • Fingerscan tidak tersedia. Mungkin karena saya terbiasa dengan iphone dan Coolpad Max Lite yang punya fingerscan fitur, jadi agak menyayangkan tidak munculnya fitur ini di sini.
  • Kurang optimal kalau dipakai untuk main game – suka hang.
  • Baterai tidak dapat dilepas alias menyatu dengan hape. Untuk yang terbiasa dengan hape yang mudah mengganti batere, mungkin akan menganggap ini jadi kendala banget.

Tapi berhubung buat saya sudah biasa menggunakan iphone, kondisi batere seperti di atas gak terlalu masalah besar. Demikian juga dengan kekurangan yang lain yang saya sebutkan di atas, karena saya merasa kalau Coolpad Sky 3 ini sudah memenuhi kebutuhan saya.

Kesimpulan Review Coolpad Sky 3

Untuk kemampuan selfie dengan handphone ini, saya rasa saya perlu acungi jempol. Apalagi dengan kamera 8MP FF dan fitur beauty bawaannya. Selfie dengan Coolpad Sky 3 memang jadi lebih baik dibandingkan smartphone lainnya. Tapi harus hati-hati dengan Fixed Focus-nya ya. Pastikan dulu wajahmu sudah siap dan fokus ke wajah. 😀

Coolpad Sky 3 memang memiliki banyak fitur yang membuat saya senang banget, sebut saja kemudahan screenshot dan screen recording yang saya sebutkan di atas. Sama juga dual apps untuk Facebook dan Whatsapp – yang mirip dengan dual space di Coolpad Max.

review coolpad sky 3

layar Coolpad Sky 3

Dengan banderol harga Coolpad Sky 3 Rp 2.400.000, saya merasa Coolpad Sky 3 ini memang sangat rekomen banget buat kamu yang mencari smartphone dengan kamera selfie yang ciamik. Gimana? Kamu tertarik beli gak, memang semua kembali ke kamu sendiri sih. Atau mungkin mau kasih sebagai kado untuk pria kamu?

Yang penting tinggal pertimbangkan cost dan benefit saat memutuskan untuk beli kan? Moga sih review Coolpad Sky 3 ini bisa menolong membuat keputusan kamu nanti. Ringkasan review dalam bentuk nilai bisa dilihat di bawah.

Advertisements

45 Comments

  1. samuel 28 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
  2. wulan tri 27 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
  3. ngapak 14 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  4. Service AC Jogja 9 November 2016
  5. lianny hendrawati 1 November 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  6. hafidz 1 November 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  7. KT 31 Oktober 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  8. Deddy Huang 30 Oktober 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  9. BB 30 Oktober 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  10. Keke Naima 29 Oktober 2016
    • Febriyan 29 Oktober 2016
  11. YSalma 26 Oktober 2016
    • Febriyan 28 Oktober 2016
  12. Tofan 25 Oktober 2016
    • Febriyan 26 Oktober 2016
  13. cumilebay 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  14. Thegold.asia 23 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  15. Bare Kingkin Kinamu 22 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  16. travellingaddict 21 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  17. Inayah 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  18. Grace Melia 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  19. Timo 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  20. Agus Darmawan 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  21. Yani 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  22. Linda 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: