Prospek Kerja Jurusan Komputer: Teknik Informatika, Sistem Informasi & Teknik Komputer

Guest Post kali ini dari Mas Alexandromeo. Tulisan kali ini cocok banget buat kamu mau kuliah dan juga sedang kuliah di jurusan komputer. Guest Postnya adalah tentang Prospek Kerja Jurusan Komputer – Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer. Simak yukkk… eh jangan lupa juga baca Tips Dunia Kerja ala febriyan ya.

***

Jurusan komputer memang merupakan jurusan yang cukup bergengsi dan banyak diminati oleh para pemuda di negeri Indonesia ini. Orang yang berkuliah di jurusan komputer seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, ataupun Teknik Komputer mungkin bisa lebih percaya diri karena sering dibilang keren oleh orang lain di luar jurusan ini.

Ya, jurusan ini terkenal kerennya dan canggihnya, serta dikenal cool dan selalu tenang dalam mengatasi masalah dengan logika yang tinggi.

Selain itu, konon katanya banyak perusahaan yang mencari tenaga kerja dari lulusan jurusan komputer ini di era digital mendatang. Wow, keren ya ketiga jurusan komputer tersebut.

Apakah Anda minat melanjutkan pendidikan ke jurusan ini? Ataukah Anda malah belum mengerti apa perbedaan dari ketiga jurusan tersebut?

Kalau Anda belum bisa membedakan ketiga jurusan tersebut? Mungkin Anda harus baca artikel di bawah ini:

Apa Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Komputer?

Jika Anda sudah paham tentang perbedaan ketiga jurusan tersebut, saya sarankan Anda untuk membaca artikel ini hingga akhir.

Prospek Kerja Jurusan Komputer – Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

(edited) Berikut ini beberapa prospek kerja jurusan komputer seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer yang bisa kamu pertimbangkan. Terutama kalau kamu ingin kuliah atau bahkan sudah kuliah di jurusan ini.

prospek kerja jurusan komputer, teknik informasi, sistem informasi dan teknik komputer

Apa saja prospek kerja jurusan komputer?

1. Prospek Kerja Jurusan Komputer: Teknik Informatika

Pada jurusan ini, kita dituntut untuk melatih benda ajaib di dunia ini (komputer) membuat program yang sangat sederhana seperti menampilkan tulisan ‘Hello World’, membuat kalkulator, hingga menciptakan game yang sangat kompleks dan digemari oleh semua orang.

Jadi, intinya kita harus menguasai bahasa pemrograman seperti Java, C++, dan sebagainya. Kalian dituntut memiliki kemampuan logika matematika dan bahasa inggris yang baik agar bisa menguasai bahasa pemrograman dengan fasih.

Baca juga : Kuasai 6 Hal Ini Untuk Meningkatkan Kemampuan Programming Anda Hingga 80%

Selain itu, kita juga bisa membuat dan mengembangkan web atau istilah kerennya web developer. Agar anda bisa menjadi web developer, paling tidak anda harus menguasai HTML serta bahasa pemrograman PHP. Karena PHP itu digunakan untuk mengembangkan dan mendekorasi web, sedangkan HTML itu sendiri ibarat seperti “wadah” untuk meletakkan PHP itu sendiri.

Mata kuliah jurusan Teknik Informatika juga banyak, ada juga mata kuliah Desain Grafis. Lho? Desain Grafis? Bukannya itu pelajaran menggambar ya? Bukan. Agar Anda tahu apa yang dipelajari di mata kuliah desain grafis, saya sarankan Anda baca artikel di bawah ini.

Mengapa Ada Mata Kuliah Desain Grafis di Jurusan Teknik Informatika?

Nah, pada saat kuliah saja mahasiswa jurusan Teknik Informatika (Ilmu Komputer) ini sudah disuruh membuat program, mengembangkan web. Pastinya sudah jelas dong prospek kerja orang Teknik Informatika ?

Ya, prospek kerja dari jurusan komputer yang satu ini adalah menjadi Programmer, Web Developer, dan yang berurusan dengan software.

(Febriyan: prospek kerja ini sangat banyak loh, bisa jadi pembuat game atau aplikasi seperti Gojek ataupun Uber mungkin? Baca juga: Review Uber Pool)

Programmer, pekerjaan yang cukup bergengsi namun kurang diminati. Mengapa ya?

3 Alasan Mengapa Programmer Kurang Diminati Banyak Orang

2. Peluang Kerja Jurusan Komputer: Sistem Informasi

Jurusan komputer yang ini bisa dibilang perpaduan antara bisnis, manajemen, serta basic of computer. Buat kalian yang suka dengan bisnis serta komputer, tapi tidak terlalu ingin mendalami komputer, saya sarankan Anda masuk jurusan ini saja.

Pada jurusan ini, kita berperan sebagai penjembatan antara client dengan orang Teknik Informatika maupun Teknik Komputer.

Orang Sistem Informasi ini bertugas untuk merancang kebutuhan sistem klien. Jika klien ingin memasang teknologi tertentu, namun tidak mengerti arsitektur dan kebutuhannya, orang Sistem Informasi ini menjadi penerjemah. Jadinya, orang Sistem Informasi ini menyebutkan apa kebutuhan klien kepada orang TI dan Teknik Komputer.

Kemudian orang TI/Teknik Komputer merancang apa yang dijelaskan oleh orang Sistem Informasi.

Prospek kerja jurusan komputer – Sistem Informasi ini adalah seperti System Analyst atau Konsultan IT yang menganalisa kebutuhan klien.

Febriyan: Saya tambahkan ya, dalam pengalaman saya saat kerja di bank, jurusan ini juga berpeluang untuk kerja di Audit IT. Rekan kerja saya selama di Audit IT ini rata-rata dari Sistem Informasi. Karena tugasnya “meneliti” hasil kerja orang TI seperti yang disebutkan di atas.

3. Prospek Kerja Jurusan Teknik Komputer

Banyak yang berkata bahwa orang jurusan ini membuat laptop, robot, dan sebagainya. Hal ini merupakan hal yang salah. Orang Teknik Informatika bukan yang merancang laptop, namun yang merancang chip/prosesor dari laptop tersebut agar laptop bisa bekerja.

Kalau yang membuat laptopnya ya bisa gabungan dari orang Kimia, Teknik elektro, dan lain-lain yang saya kurang paham itu hehe.

Pernah denger laptop kosongan? Maksud laptop kosongan yaitu laptop yang belum diisi apa-apa. Namun, laptop tersebut sudah bisa diisi oleh prosesor dan yang membuat prosesor tersebut adalah orang Teknik Komputer. Anda mengerti kan prospek kerja orang jurusan Teknik Komputer ?

Febriyan: Prospek kerja untuk jurusan komputer yang ini termasuk menjadi orang Jaringan, Administrator di kantor (System Administrator), jasa perbaikan komputer – jangan anggap remeh yang ini loh, Help Desk, dll. 

Kesimpulan

Febriyan: Prospek kerja jurusan komputer pada dasarnya luas sekali. Apalagi di era digital seperti sekarang. Yang disebutkan di atas hanyalah sebagian, kalian bisa kembangkan sendiri loh. Seperti yang saya tambahkan, seperti membuat software game atau aplikasi – yang mana sekarang ini booming startup digital.

Selain itu, kita hendaknya jangan terlalu fokus pada prospek kerja jurusan komputer di sebuah kantor, kita sendiri juga bisa menciptakan alias wirausaha kok. Menjadi blogger juga bisa kan? *maksa*. Yang penting kembangkan keahlian yang diperlukan untuk kerja dan punya visi yang jelas.

Terima kasih atas tulisannya Mas Alexandromeo, owner blog Makin Rajin (link tersebar dalam post di atas). Semoga tulisan tentang prospek kerja jurusan komputer ini bermanfaat bagi yang baca. Untuk yang ingin mengirimkan Guest Post, monggo ya. Tapi harap sabar juga, antrian masih banyak.

Advertisements

17 Comments

  1. Laila 13 Maret 2017
    • Febriyan 20 Maret 2017
  2. Agusti Muhsy Maghribi 6 November 2016
    • Febriyan 8 November 2016
  3. alligator sky 5 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  4. Grace. K 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  5. iKurniawan 14 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016
  6. UNA 14 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016
  7. madu 13 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016
  8. Inayah 13 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: