Plus Minus Booking Hotel Via Online

Booking via online kini telah jadi tren yang meningkatkan animo masyarakat berlibur. Tidak hanya libur panjang, weekend atau hari kejepitpun menjadi momen yang tidak akan dilewatkan untuk digunakan berlibur. Kemudahan memesan tiket pesawat atau kamar hotel di objek wisata yang dituju membuat semua ini mungkin.

Namun, tahukah kamu, dari sekian manfaat booking via online, selalu ada dua sisi mata uang, yaitu plus dan minusnya. Untuk kamu yang sudah terbiasa berlibur dan menggunakan sistem booking online, mungkin telah mengalami hal-hal di bawah ini. Apa saja itu? Yuk, mari disimak.

Plus Minus Booking Hotel Via Online

plus minus booking hotel via online

Apa saja plus minus booking hotel via online?

Plus (Kelebihan Memesan Hotel Secara Online)

1. Dapat memilih sendiri jenis kamar dan harganya

Setiap perkembangan teknologi telah membuat hidup manusia berubah. Dari era telepon rumah hingga ke era telepon genggam yang membuat berbagai aspek kehidupan manusia juga ikut berubah. Perubahan ini juga terjadi pada sisi pariwisata. Semula, kita selalu menggantungkan teknis wisata ke perusahaan agen travel yang akan membantu mencarikan tiket pesawat dan melakukan pemesanan hotel.

Namun setelah teknologi berkembang kamu bisa melakukannya sendiri. Kamu bisa memilih jenis kamar dan harga yang sesuai dengan budget wisatamu. Sekaligus kamu bisa langsung mengonfirmasi pillihan hotel tersebut. Tidak butuh waktu lama karena kini aplikasi yang tersedia pun beragam. Mulai dari online travel agent (OTA) lokal hingga yang berasal dari luar negeri.

2. Mendapat info promo hotel

Ketika kamu telah bertransaksi sekali dengan sebuah online travel agent, dengan seizinmu, maka mereka akan mengirimkan newsletter yang berisi penawaran dan harga promo hotel yang sifatnya occasional. Hal ini secara tidak langsung akan menjadi β€˜godaan’ tersendiri buatmu pada saat harga hotel yang ditawarkan sangat murah.

Sedangkan bagi perusahaan agen travel, mereka bisa mendapatkan harga murah karena memiliki deposit di hotel tersebut. Namun, dengan adanya promo ini, harga yang kamu dapatkan bisa lebih murah dari harga yang ditawarkan agen travel.

Minus (Kekurangan Pesan Hotel Via Online)

1. Koneksi terganggu

Karena sifatnya online maka pastikan kamu mempunyai konektivitas yang bagus pada saat memesan via online travel agent. Terutama di musim liburan di mana tingkat hunian hotel sangat tinggi sehingga mungkin saja hotel dan kamar idamanmu juga diincar oleh pemesan lainnya.

Jangan sampai sebelum konfirmasi pemesanan, jaringan internetmu terputus atau mati listrik tiba-tiba yang membuat kamu harus mengulang proses pemesanan dan mungkin saja kamar hotel idamanmu jadi full booked. Ini bisa mengganggu itinerary dan budget wisata yang sudah kamu rencanakan sebelumnya.

2. Jenis kamar dan harga yang disediakan terbatas

Karena banyaknya penyedia online travel agent dan hotel juga melayani pemesanan secara offline, maka kerjasama antara hotel dan OTA bersifat terbatas. Artinya, tidak semua kamar hotel tersedia di sebuah OTA. Setiap OTA mungkin mendapatkan jatah kamar yang berbeda. Maka browing semua OTA yang ada penting untuk memastikan bahwa kamu akan mendapatkan kamar yang sesuai kebutuhanmu dengan harga menarik.

Kalau sudah booking online dan mendapatkan harga mahal, tentu hal ini menjadi sebuah kesia-siaan. Jadi, kamu harus banyak mencari informasi mengenai sebuah OTA. Rajin-rajinlah mencari review OTA dan hotel.

Dari sumber yang terpercaya ya, karena beberapa review sifatnya berbayar dan terkesan bombastis. Review positif bisa jadi terlalu berlebihan dari faktanya sedangkan review negatif mungkin saja tidak separah reviewnya. Be smart dalam mengolah informasi yang ada ya!

Advertisements

23 Comments

  1. Ridwan (BelajarBahasa) 15 Desember 2016
  2. Sandi Iswahyudi 29 November 2016
    • Febriyan 3 Desember 2016
  3. lianny hendrawati 1 November 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  4. nia nastiti 23 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  5. anita 21 Oktober 2016
  6. agi pranoto 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  7. ASI Bunda 20 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  8. Bali Berlibur 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
  9. Lia Harahap 18 Oktober 2016
    • Febriyan 19 Oktober 2016
  10. Inayah 18 Oktober 2016
    • Febriyan 18 Oktober 2016
  11. Andhika 18 Oktober 2016
    • Febriyan 18 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: