Jangan Panik! Ini Langkah Mengatasi ID PLN Prabayar yang Diblokir Tiba Tiba

Beberapa minggu lalu, saya pulang ke kos dengan kesadaran penuh kalau listrik di kos sudah mau habis, tinggal 5 point. Karena itulah saya pun mampir ke Alfamart untuk mengisi ulang – biasa juga di sana. Tapi ada yang beda malam itu.

Saat ingin mengisi ulang, mas petugas bilang kalau nomor pelanggan saya diblokir. Iya… ID PLN Prepaid diblokir tiba-tiba gitu aja. Jadi saya gak bisa isi ulang. Panik? Pasti – kayak pas iphone mati, lah wong tinggal 5 point. Gak ada pemberitahuan sama sekali pula. Kenapa diblokir dan gimana cara mengatasi pln prabayar diblokir gini? Udah malam pula.

Yang bikin keselnya itu ya emang kondisinya udah malam – saya waktu itu baru pulang sekitar jam 11 malam. Teman kos – si PejalanSenjaID sedang dinas luar kota. Capek dan harus beresin masalah ini.

cara mengatasi pln prepaid prabayar diblokir tiba tiba

PLN Prepaid diblokir tiba tiba? Ini cara mengatasinya

Alasan ID PLN Prepaid Diblokir Tiba-Tiba

Usut punya usut, setelah panik dikit di depan mas-mas counter Alfamart, saya pun menghubungi kontak layanan PLN (021-123 untuk Jakarta dan sekitarnya – inget pakai 021). Ternyata oh ternyata…. alasan pemblokiran ID PLN Prabayar kos saya itu adalah karena:

Ada tagihan belum dilunasi saat perpindahan dari PLN pasca bayar ke prabayar ini. Katanya sih sudah diinfokan saat perpindahan dari pascabayar.

Kesel? Banget. Lah wong saya sudah tinggal di kosan ini hampir 5 tahunan. Dan selama ini gak ada pemberitahuan soal ini. Bahkan sejak awal masuk pun sudah berupa prabayar.

Kalaupun memang ada tagihan saat pindahan itu, kenapa baru sekarang diurus? Setelah sekian lamanya?

Saya pun coba memanggil Bapak induk semang kos saya. Tapi tidak berhasil – lah iyalah, wong udah malam banget kan. Akhirnya saya pun lanjut teleponan dengan si dia si layanan PLN ini dan dikasih tahu cara mengatasi PLN Prepaid yang diblokir kayak gini.

NB: rupanya saya gak sendirian yang mengalami. Karena info dari si mas layanan telepon PLN itu, sudah banyak yang menelpon dan menanyakan hal yang sama.

pikiran random - situs bicara random tentang hidup, cinta dan karir

Baca Randomers di sini

Cara Mengatasi ID PLN Prepaid/Prabayar yang Diblokir Tiba-tiba

Kalau kamu termasuk yang mengalaminya – pln prabayar diblokir, lakukan langkah ini segera:

  1. Telepon ke Call Center PLN (021-123). Jangan coba kontak PLN via twitter – gak dibalas.
  2. Tanyakan ke petugas call center kenapa ID PLN kamu terblokir. Sebut saja ID pelanggan kamu.
  3. Petugas akan memberitahu alasannya – biasanya ya karena masalah tagihan itu. Gak peduli itu tagihan tahun kapan ya.
  4. Minta nomor tagihan yang perlu dilunasi – 13 digit nomor. Catat!!!
  5. Bayar via ATM ataupun pos-pos pembayaran: Pilihnya pembayaran Non Tag-Lis.
  6. Tunggu 1 jam an – nanti ID PLN Prabayar kamu bisa dipakai lagi.

Pas kemarin itu saya agak ribetnya karena awalnya saya tidak bilang kalau saya ingin bayar Non Tag Lis di Alfamart. Jadi sempat agak lama. Tapi saat bilang mau bayar non tag lis, petugas langsung cepat paham dan urus pembayarannya.

Baca juga: Inspirasi Hidup untuk Sukses Muda

Tanggung Jawab?

Setelah menunggu sejam – nunggu di warung kopi dekat alfa akhirnya, saya pun bisa mengisi kembali PLN Prabayar kos saya. Masih agak kesel sih. Sampai kos langsung tidur. Besok paginya pun mencari bapak kos dulu. Menceritakan semuanya.

Bon tagihan yang saya bayarkan saya kasih ke dia sama langkah-langkah kalau ID PLN Prepaid diblokir kayak gitu. Walau gimana kan, sejak saya kos pertama sudah prepaid. Jadi tagihan itu harusnya bukan tagihan saya kan? Kalau dialami sama temen kosan yang lain gimana coba?

Moga sih teman-teman gak ada yang alami ini. Seperti yang saya bilang di atas, kejadian ini rupanya lagi banyak. Semua yang melakukan pindahan dari pascabayar, harus siap kalau ID PLN Prepaid diblokir tiba-tiba gitu.

Advertisements

6 Comments

  1. nianastiti 31 Agustus 2017
    • Febriyan 4 September 2017
  2. damarojat 18 Agustus 2017
    • Febriyan 18 Agustus 2017
  3. Wisnu Widiarta 17 Agustus 2017
    • Febriyan 18 Agustus 2017

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: