Situs Analitik Sosial Media Buatan Indonesia buat Blogger dan Agensi

Dunia blogger sekarang sudah jadi dunia penuh uang alias monetasi blog dan juga buzzing di social media mereka. Nah, yang dicari oleh para brand dari blogger ini akhirnya adalah laporan analisa kerjasama dengan blogger itu.

Dulu, saya sering mencari situs luar seperti Sprout Social untuk hal ini. Sekarang? Ada Ombaq, situs analitik sosial media Indonesia. Situs ini mirip dengan Sprout Social, atau boleh dibilang terinspirasi olehnya, bisa menyediakan laporan analisa social media kita.

situs analytics social media indonesia

Ombaq.com – Situs analitik, manajemen dan monitoring sosia media buatan Indonesia

Situs analitik sosial media yang ini cocok untuk para blogger dan juga agensi nih.

Eh tapi… tenang setelah Desember 2016 harganya pun juga dijanjikan akan lebih murah dari SproutSocial ataupun Hootsuite kok.

Ombaq, Situs Analitik Sosial Media Indonesia

Dalam Ombaq, kita bisa melakukan banyak hal terkait sosial media management dan juga monitoring social media kita. Berikut ini beberapa fitur yang bisa kita gunakan di situs analitik sosial media atau mungkin juga bisa disebut sebagai manfaat situs social media management ini:

1. Membuat jadwal post ke Facebook Page dan Twitter

Saya sering menggunakan Buffer selama ini untuk membuat jadwal posting ke Facebook Page ataupun twitter. Nah, saat coba Sprout Social pun juga mencoba fitur ini. Dan pas daftar Ombaq, ternyata situs ini juga menyediakan management social media sama seperti Buffer dan Sprout Social ini.

hosting termurah di indonesia

Kita tinggal perlu isi konten yang mau dipublish dan set tanggal dan jam tayangnya aja. Kalau sudah, kita bisa lihat di dashboard calendar kita deh.

situs-analitik-sosial-media-indonesia

Kalendar Sosial Media di Ombaq – Hasil upload menggunakan bulk post

2. Membuat jadwal post secara kelompok

Nah, selain membuat jadwal post satu per satu, kita juga bisa bikin jadwal beberapa post sekaligus di Ombaq ini. Tinggal download file template dan isi di sana. Kalau sudah, upload ke Ombaq dan tinggal tunggu aja deh.

3. Shorting url dengan goo.gl otomatis sehingga bisa tracking engagement link post blog kita

Ini nih bisa dipake buat blogger yang mendapatkan pekerjaan dari brand. Url post job review kita bisa dipublish di sini. Dan nanti Ombaq akan menggunakan shorten url goo.gl. Dari shorten url ini, kita bisa lihat statistik post kita.

ombaq situs analitik sosial media

Nah ini shorten url yang saya jadwal pakai ombaq ini.

Laporan ini bisa kita kasih ke brand yang meminta kita deh.

4. Monitoring engagement social media kita – ROI Social Media

ROI Social Media ini memang sudah mulai ramai. Setiap brand yang menggunakan buzzer atau blogger membutuhkan ini. Mereka ingin tahu, seberapa efektif sih sebenarnya mereka mengeluarkan uang melalui kita. Tul?

Nah, di sini bisa banget dipantau. Berapa sih Retweetnya, Likenya dan lainnya. Dan dari sini bisa juga kita bisa pakai untuk laporan ke brand.

5. Monitoring engagement social media klien dalam satu akun

Untuk blogger, kita bisa share akses laporan sosial media kita ke email agensi. Jadi mereka tinggal buka Ombaq mereka dengan email yang dishare itu dan lihat langsung perkembangannya. Lebih gampang kan?

Fitur di atas itu sama dengan fitur yang disediakan oleh Sprout Social. Ini yang pertama kali terlintas dalam benak saya saat dikenalkan ke situs social media management ini. Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba Sprout Social dan kemudian saya hentikan karena harga langganannya mahal juga.

Cara Mudah Mendaftar dan Menggunakan Ombaq untuk Analisa Akun Sosial Media

Untuk bisa menggunakan social media manager gratis ini, kita hanya perlu registrasi. Registrasinya pun mudah.

Cara mendaftar Ombaq

Kita hanya perlu buka situs Social Media Analytic ini dan kemudian klik Get Started for Free. Nanti kita akan diarahkan ke halaman berikut.

situs-manajemen-sosial-media-indonesia

Halaman registrasi Ombaq – situs analitik sosial media Indonesia

Isi data yang diperlukan seperti Nama, email dan password yang ingin digunakan untuk mendaftar situs sosial media management ini. Selain itu, ada opsi juga untuk mendaftar menggunakan Akun Facebook ataupun Twitter kita.

Kalau sudah berhasil, nanti akan ada email konfirmasi yang dikirimkan, kita tinggal klik verifikasinya aja. Nah… sudah bisa dipakai deh akun Ombaq kita untuk mulai monitoring social media kita sendiri.

Baca juga: Blogging, Social Media and Honesty

Cara Menggunakan Ombaq untuk Analisa Akun Social Media

Berikut ini saya juga ingin share cara menggunakan situs analitik sosial media Indonesia yang keceh ini.

1. Daftarkan Akun Sosial Media yang ingin dimonitor

Yang paling pertama perlu diperhatikan sebelum menggunakan situs ini adalah kita harus mendaftarkan akun-akun yang ingin kita analisa atau kita pakaikan social media management ini.

Pilihan akun yang ada itu Facebook Page – bukan Facebook personal ya, Twitter dan juga Instagram.

Ini karena instagram sendiri tidak mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk post – di Sprout Social pun demikian. Akun twitter yang bisa didaftarkan pun gak dibatasi kok. Kita bisa daftarkan berapa pun akun twitter yang ingin kita analisa secara rutin.

cara mudah mendaftar situs monitoing sosial media indonesia - ombaq

Akun Sosial Media yang bisa dimonitor di Ombaq.com

2. Atur stream Akun Sosial Media yang kamu mau tampilkan

Stream ini sebenarnya untuk memudahkan kita dalam melihat dan management akun sosial media kita aja sih.

ombaq situs analitik sosial media indonesia

Tampilan Stream Sosial Media di Ombaq – yang kosong itu karena jadwal saya sudah 0

Kadang kan ribet tuh kalau kita harus buka satu-satu dan kemudian cek sana sini. Di stream ini, kita bisa munculkan beberapa hal seperti dalam gambar di bawah ini.

Kalau saya pribadi kemarin memunculkan stream schedule, biar kalau kita dah upload schedule kita bisa langsung muncul begitu kita login. Apakah masih ada atau udah kosong.

Saya sih suka banget saya stream ini karena bisa mengatur sesuka kita untuk menampilkan yang memang penting buat kita pribadi.

Stream di dashboard Ombaq memudahkan kita untuk melihat akun sosial media kita lebih cepat

3. Set juga metrics ukuran sosial media yang kamu ingin monitor

Nah ini terkait dengan ROI Social Media yang saya sebut di atas. Metrics atau ukuran apa yang kamu inginkan untuk dipantau secara khusus. Di sini kita bisa set custom metrics, seperti engagement growth, atau engagementnya aja.

Atau mungkin follower akun sosial media. Semua bisa diatur sesuai keinginan kita, termasuk kalau kita ingin monitoring content kita. Buat saya, analitik sosial media yang disediakan Ombaq ini sudah cukup lengkap. Tinggal kita manfaatkan semaksimal mungkin aja.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

4. Buat jadwal post ke akun sosial media – bulk ataupun satu-satu.

Sudah siap semua? Tinggal bikin jadwal postingan sosial media kita deh. Jadi kita gak perlu online tiap hari di twitter ataupun facebook kan tetep bisa ada twit baru tuh. Kita gak perlu pusing lagi deh.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Kalau saya pribadi sih ingin manfaatkan ini untuk A/B Testing. Konten seperti apa sih yang lebih menarik pembaca untuk klik ataupun RT. Atau mungkin buat analisa, konten dengan gambar atau tulisan doang yang akan lebih dilirik oleh audience. Semua ini bisa kita atur di sini.

Ketemu Masalah di Ombaq? Chat Langsung

Nah pas kemarin itu, pas saya coba situs ini, sempat menemukan beberapa masalah. Seperti tampilan metrics tidak menampilkan grafiknya.

Saya langsung chat support dan dibalas dengan cepat juga dan ramah. Hal ini saya suka banget. Karena bagi saya, sekarang ini, support ini sangat penting agar yang menggunakan merasa dihargai dan dibantu.

Saat ini, ombaq memang masih tergolong baru dan butuh banyak masukan dari kita, blogger ataupun agensi. Siapa tahu bisa jadi situs yang melebihi Sprout Social ini. Review gak harus menampilkan yang baiknya doang kan?

Saya sih berharap akan segera hadir aplikasi di mobilenya biar lebih gampang.

Baca juga: How to write product reviews

Kesimpulan

Ombaq sebagai situs analitik sosial media buatan Indonesia ini perlu diacungi jempol. Apalagi semua jasa monitoring sosial media ini diberikan secara GRATIS.

Menurut saya pribadi, Ombaq ini perlu banget buat para blogger yang mulai monetasi blog. Setidaknya bisa jadi tools social media management (jadwal post) dan juga analitik sosial media kita untuk para brand.

Advertisements

27 Comments

  1. Paijo Jogja 15 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  2. Muwasaun Niam 2 November 2016
  3. kenskw 11 Agustus 2016
    • Febriyan 12 Agustus 2016
  4. anisae 9 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  5. Ferdi Cullen 9 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  6. N Firmansyah 9 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  7. Helena 9 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  8. Arif Rahman 8 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  9. Andhika 8 Agustus 2016
    • Febriyan 9 Agustus 2016
  10. Dani 8 Agustus 2016
    • Dani 8 Agustus 2016
    • Febriyan 8 Agustus 2016
  11. Anne Adzkia 8 Agustus 2016
    • Febriyan 8 Agustus 2016
  12. echaimutenan 8 Agustus 2016
    • Febriyan 8 Agustus 2016
  13. Timo 8 Agustus 2016
    • Febriyan 8 Agustus 2016

Leave a Reply

Review by Febriyan LukitoBaca
%d blogger menyukai ini: