Inspirasi untuk Indonesia dari Astra

Saya masih ingat pertama kali saya mengenal perusahaan besar Astra dalam perjalanan hidup saya selama ini. Saat itu saya masih di SMK – yah… dua tahun lalu itu #plak. Saat SMK kan memang kami diharuskan untuk Praktek Kerja Lapangan (PKL) dan berkat bantuan teman, kami PKL di Astra Graphia – Xerox.

Saat itu saja, saya sudah merasakan inspirasi untuk hidup. Karena di saat itulah saya merasakan kerasnya bekerja di sebuah perusahaan dan merasakan kalau saya harus punya skill untuk bisa bekerja seperti olah data di excel. Dan inspirasi dari Astra ini bertambah lagi ketika saya menghadiri acara mereka.

Inspirasi untuk Indonesia dari Astra – bukanlah omong kosong menurut saya. Dan bukan juga saya mengatakan ini karena saya salah satu blogger yang diundang ke acara mereka. Coba saja tanya ke tukang ojek (konvensional maupun online), apakah mereka merasa Astra telah membantu mereka dalam kehidupan sehari-hari?

Saya yakin, mereka rata-rata kan mengatakan iya. Dan inspirasi untuk Indonesia dari Astra ini sebenarnya hadir dalam beberapa bentuk. Dan inilah yang akan saya tuliskan di sini.

Inspirasi untuk Indonesia Dari Astra

Saya masih ingat dengan jelas, dulu pas PKL itu, saya dijelaskan salah satu program internal Astra, di mana para karyawan diperkenankan untuk memberikan masukan untuk perusahaan. Masukan atau inovasi para karyawan Astra ini berlaku untuk semua jenjang pegawai – tidak ada pembatasan.

Selain itu, ada juga program beasiswa untuk para anggota keluarga karyawan yang berprestasi. Ini pun berlaku untuk semua karyawan – tidak dibeda-bedakan.

inspirasi untuk indonesia - catur dharma - filosofi pt astra internasional

Filosofi Astra International dalam memberi inspirasi untuk Indonesia tercinta – Catur Dharma Astra – sumber: astra.co.id

Kedua program itu cukup memikat saya, karena sebagai perusahaan, Astra ternyata masih sangat peduli dengan karyawan mereka. Bahkan selalu mengajak para karyawarannya untuk terus berinovasi dan mengembangkan Astra bersama.

Dan ternyata… program seperti itu tidak hanya berlaku untuk internal Astra saja. Tapi untuk semua masyarakat Indonesia. Melalui program-program CSR yang digelunturkan oleh mereka dengan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia.

Program-program CSR nya pun beragam dan dalam berbagai bidang. Makanya, menurut saya, Inspirasi untuk Indonesia dari Astra itu sudah sangat nyata dalam program-program itu.

Dari Astra untuk Guru Indonesia

Misalnya saja dalam peringatan Hari Guru Nasional (25 November), Astra melalui program CSR Indonesia Cerdas – bidang pendidikan memberikan penghargaan untuk para guru Indonesia dalam berbagai kategori. Kategori yang mana menunjukkan semangat seorang Guru dan juga semangat terus berinovasi.

inspirasi untuk indonesia

Hasil seleksi Astra Cerdas – inspirasi untuk Indonesia dari Astra di bidang pendidikan – sumber: satu-indonesia.com

Total penghargaan yang diberikan Rp240juta untuk 4 kategori. Yaitu kategori Inovasi Karya Guru, Inovasi SMK Bisa, Rumah Pintar Astra dan Senyum Sahabat PAUD Astra. Sayangnya, saat acara tersebut, saya datang terlambat hingga tidak melihat penyerahan penghargaan tersebut.

inspirasi untuk indonesia dari astra

Guruku Inspirasiku – Penghargaan dari Astra untuk para guru yang inovatif

Namun, di acara yang sama, tanggal 30 November 2016 itu, Astra juga menyelenggarakan talkshow bersama 400 guru dari seluruh Indonesia. Dalam talkshow yang merupakan Inspirasi untuk Indonesia ini, jelas terlihat bahwa Astra sangat mendukung pendidikan di Indonesia.

yang menjadi semangat Astra dalam mendukung dunia pendidikan melalui program Indonesia Cerdas itu. Menghadirkan Bapak Fasli Jalal, talkshow tentang pendidikan itu berjalan dengan baik dan menarik. Para guru yang hadir pun merasa sangat bangga karena menjadi inspirasi untuk Indonesia.

Setiap anak punya potensi untuk sukses, apapun bidangnya. Guru sebagai profesi yang sangat mulia memiliki peran penting bagi anak-anak itu. Yang dilibatkan Astra ini adalah guru-guru hebat, semua jagoan dan inspiratif karena bekerja dengan hati –  Fasli Jalal (Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta). 

Astra sendiri tidak akan berhenti untuk menjadi inspirasi untuk Indonesia seperti para guru dengan program-program yang dibuatnya. Untuk Indonesia yang lebih baik.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Inspirasi untuk Para Pecinta Masyarakat

Salah satu program tahunan yang dilakukan oleh Astra – Satu Indonesia Award yang sudah dilakukan sejak tahun 2010. Satu Indonesia Award ini diberikan kepada warga Indonesia yang menginspirasi melalui karya-karya mereka dalam berbagai bidang.

inspirasi untuk indonesia dari astra

Program Astra Hijau adalah salah satu bentuk CSR Astra untuk Indonesia

Salah satu penerima Satu Indonesia Award tahun 2014, Resika Caesaria – biasa dipanggil Mbak Cika. Beliau telah memberi inspirasi untuk Indonesia yang lebih baik melalui usaha sosialnya melalui Cimol. Iya, CIMOL. Dengan usaha cimolnya di Banyuwangi, Mbak Cika telah memberikan bentuk nyata socio-entrepreneurship menurut saya.

inspirasi untuk indonesia dari astra

Inspirasi untuk Indonesia – cobalah lirik mbak Cika penerima Satu Indonesia Award 2014 ini

Dia memberikan waralaba alias franchise Cimol Made Ariska secara gratis untuk para pengangguran dan masyarakat yang ingin meningkatkan kualitas hidup mereka dengan berjualan cimol.

Benar-benar diberikan gratis oleh beliau. Mbak Cika sendiri mengatakan, kiprahnya ini didasari oleh pengalaman dirinya sendiri yang berjuang untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Dengan berdagang cimol sejak SMA, dia akhirnya bisa menamatkan kuliahnya.

Kalau dia bisa memperbaiki kualitas hidupnya deengan cimol, kenapa orang di sekitarnya tidak bisa?

Pemikirannya itulah yang kemudian menjadi dasar dibentukan waralaba gratis untuk mereka yang mau. Di awal usahanya, Mbak Cika kesulitan mencari siapa saja yang ingin membuka usaha cimol. Namun berkat Satu Indonesia Award yang diterimanya, sekarang dia sudah bisa memiliki setidaknya 200 mitra kerja.

Mbak Cika sendiri mengaku tidak pernah terpikir akan menerima award ini. Lah wong 2013 dia mendaftar dan gagal. Rupanya, di tahun 2014, ada yang mendaftarkan dirinya kembali dan dia berhasil menerima award ini.

Melalui Satu Indonesia Award, Astra memberikan bantuan kepada warga Indonesia yang berprestasi dan berhasil menyebarkan virus positif dan inspirasi untuk Indonesia melalui berbagai bidang yang mereka lakoni.

Inspirasi untuk Blogger

Dan kalau saya bisa tarik benang merah dari para penerima Satu Indonesia Award ini adalah bahwa semua bukanlah waktu singkat.

Mereka tidak mendapatkan award ini karena usaha instant mereka. Tapi karena ketangguhan mereka bertahun-tahun dalam bidang mereka masing-masing. Hal ini mungkin juga harus dipikirkan oleh para Blogger Indonesia, jika ingin jadi blogger yang sukses, dibutuhkan kerja keras dan waktu yang tidak instant.

Selain itu… fokus pada satu hal yang benar-benar menjadi inspirasi (untuk Indonesia) – akan membuat seorang blogger lebih mudah mencapai kesuksesan

Inspirasi untuk Indonesia dari Astra

Inspirasi untuk Indonesia dari Astra sepertinya tidak akan berhenti di sini saja. Dengan semangat #Astra60 – 60 tahun Astra di Indonesia, akan semakin banyak program yang dikembangkan. Astra berkomitmen untuk memberikan yang lebih baik.

Program CSR Astra pun tidak berhenti digulirkan melalui ke – 9 Yayasan Astra ataupun melalui bantuan langsung kepada yang membutuhkannya. Seperti dengan memberikan beasiswa seperti yang saya tuliskan di paragraf awal tentang inspirasi untuk Indonesia dari Astra ini.

inspirasi untuk indonesia dari astra

Beberapa Yayasan di Astra International

Adapun 9 Yayasan Astra yang ada dan siap untuk memberi inspirasi untuk Indonesia adalah:

  1. Yayasan Toyota dan Astra
  2. Yayasan Karya Bhakti United Tractors
  3. Yayasan Astra Agro Lestari
  4. Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim
  5. Yayasan Astra Honda Motor
  6. Yayasan Astra Bina Ilmu
  7. Yayasan Dharma Bhakti Astra
  8. Yayasan Amaliah Astra dan
  9. Yayasan Insan Mulia Pama.

Inspirasi Hidup

Memang menjadi perusahaan besar itu menyenangkan. Namun sepertinya Astra pun menyadari bahwa kebesaran mereka sendiri tidak akan ada artinya jika Indonesia juga tidak merasakan sesuatu. Inspirasi untuk Indonesia dari Astra ini menjadi bentuk nyata bahwa perusahaan sebesar Astra pun peduli dan tidak akan pernah berhenti peduli dengan Indonesia.

inspirasi untuk indonesia dari astra

Blogger dan Mbak Cika penerima Satu Indonesia Awards 2014 – inspirasi untuk Indonesia? Moga bisa dengan blog…

Sama halnya dengan diri kita – termasuk blogger. Kebesaran kita (blogger) tidak ada artinya jika kita tidak memberi manfaat kepada sekitar kita (boleh dibaca dengan blogger lainnya). Menjadi inspirasi dengan menjadi besar dan sukses hendaknya diikuti dengan kerendahan hati dan keinginan berbagi lebih kepada sesama.

Kalau menurut kalian, inspirasi untuk Indonesia dari Astra apa saja? Atau jangan-jangan gak ada sama sekali?

NB: Tulisan ini menjadi tulisan penutup tahun 2016 di febriyanlukito.com… see you next year all. 

Advertisements

14 Comments

  1. catering karawang 19 Januari 2017
    • Febriyan 20 Januari 2017
  2. belalang cerewet 5 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  3. Inayah 4 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  4. Alris 2 Januari 2017
    • Febriyan 3 Januari 2017
  5. Nella (Emaknya Benjamin) 2 Januari 2017
    • Febriyan 3 Januari 2017
  6. Andhika 1 Januari 2017
    • Febriyan 1 Januari 2017
  7. Dani 1 Januari 2017
    • Febriyan 1 Januari 2017

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: