3 Inspirasi Dari El Gamma Penumbra – Juara AGT 2015 untuk Blogger

Masih ada yang ingat gak sama El Gamma Penumbra ini? Mereka ini pemenang Asia’s Got Talent 2015 kemarin. Aksi mereka adalah shadow dance atau mungkin koreografi ya. Yang pasti pas tepar tiga hari kemarin saya menonton ulang acara ini dan ternyata saya belajar inspirasi dari El Gamma Penumbra – terkait blogging.

Inspirasi Dari El Gamma Penumbra Untuk Kamu, Blogger Indonesia

Ada banyak inspirasi yang bisa kita pelajari dari grup yang satu ini. Misalnya saja, dalam Wikipedia tentang El Gamma Penumbra ini, kita bisa baca bahwa grup ini sebenarnya adalah grup tari hip hop yang kemudian menjadi shadow play.

inspirasi dari el gamma penumbra untuk blogger

Inspirasi Dari El Gamma Penumbra (Juara Asia Got Talent 2015)

Dari mereka, saya, sebagai salah satu blogger Indonesia belajar banyak mengenai beberapa hal, termasuk yang tertulis di atas, yaitu positioning.

1. Positioning Yourself 

El Gamma Penumbra awalnya merupakan grup tari hip hop. Dan sebelum mengikuti Pilipinas Got Talent, mereka merubah haluan menjadi shadow play – bermain di belakang layar mengetengahkan gerakan-gerakan terkoordinasi. Dari sini saya melihat bagaimana mereka membaca peluang.

Persaingan dunia tari yang mengambil genre hip hop tidaklah sedikit, dan untuk berhasil, mereka harus membuat sesuatu yang benar-benar unik. Mereka kemudian mengambil positioning ulang diri mereka dan menjadi yang unik.

Saya melihat ada pembelajaran – inspirasi dari El Gamma Penumbra terkait dunia blogging, di Indonesia pada khususnya. Belakangan ini, dunia blogging Indonesia sendiri mulai ramai. Makin banyak blogger yang terjun di dunia ini. Artinya, semakin banyak “saingan” jika ingin dikenal.

Membuat positioning yang pas tentunya akan membawa blog kita lebih mudah dikenali dibandingkan yang lain, salah satunya ya dengan mengambil niche tertentu.

Tak masalah juga jika dirimu mengambil lifestyle blog – alias blog gado-gado, tapi temukan posisi yang pas untuk dirimu sendiri. Dan hal ini tidak lepas dari point kedua berikut ini:

2. Branding Yourself with… 

El Gamma Penumbra sendiri terdiri dari 2 kata latin, Gamma dan Penumbra yang kalau diterjemahkan akan seperti:

Awalnya saya sendiri tidak tahu makna dari El Gamma Penumbra ini, tapi setelah membacanya, saya jadi jelas, bahwa nama itu sendiri sebenarnya adalah branding mereka.

Mereka membranding diri mereka sedemikian rupa sehingga dari nama pun sudah menjelaskan siapa mereka sebenarnya. Hal ini juga perlu untuk para blogger Indonesia. Branding blog dan diri kita sebagai blogger Indonesia yang unik akan membawa kita ke level lebih lanjut.

Misalnya saja om Cumilebay – owner dari cumilebay.com yang telah memiliki branding kuat untuk blog travelnya. Tak perlu lagi yang namanya berpikir soal traffic, Alexa, DA dan PA – karena brandingnya sebagai travel blogger yang unik (gak perlu disebut di sini ya…. sayanya malu nyebutnya), sudah sangat kental.

Baca juga: 10 Blogger Indonesia Yang Menginspirasi

3. Menyampaikan Pesan Yang Positif

Dalam setiap shadow play yang dimainkan oleh mereka, El Gamma Penumbra mengetengahkan sebuah nilai, sebuah pesan. Pesan yang positif. Lihat saja aksi mereka di final. Dengan latar lagu Colors of The Wind, Ost Film Pocahontas.

Mereka mengetengahkan pesan positif yang begitu kuat – cintai bumi pertiwi ini.

Demikian juga kita, sebagai blogger Indonesia. Kita ini diberikan satu peluang, yaitu melalui tulisan-tulisan kita. Menyebarkan pesan yang positif di negeri ini. Memang, topik kontroversi itu mengundang banyak pembaca – baik yang pro dan kontra, tapi topik yang positif itu lebih long lasting dan lebih menyenangkan dibacanya.

Baca juga: Menyebarkan virus positif

Pesan Positif Sebagai Blogger Indonesia

Sebagai blogger Indonesia, “persaingan” tak dapat dihindari lagi, apalagi kalau menyangkut soal mendapatkan uang dari blog. Rasanya setiap blogger sudah siap dengan senjata masing-masing untuk mengetengahkan semua daya upaya.

Tidak masalah mendapatkan uang dari blog ataupun platform apapun yang kita pakai, toh saya pribadi juga menggunakan blog ini untuk hal itu. Tapi… saya sendiri sering lupa tujuan awal saya ngeblog itu apa dan lebih fokus pada hal itu.

Tulisan ini pun sebenarnya berisi renungan untuk diri saya pribadi sih, yang belakangan juga sepertinya mulai melupakan esensi blog saya sendiri. Bahwa saya, sebagai blogger, memiliki kesempatan luas untuk berbagi positif – untuk menyebarkan virus positif.

Ucapan Anggun dan juga juri-juri lain dalam Asia Got Talent yang saya tonton ulang itu ataupun yang dilakukan oleh El Gamma Penumbra, telah menampar saya sebagai blogger Indonesia.

Kalimat di atas diucapkan Anggun Cipta selesai melihat pertunjukkan Shadow Play El Gamma Penumbra, yang berhasil membuatnya berkaca-kaca. Hal senada juga disampaikan oleh David Foster dan Vannes.

Kalau dikaitkan dengan dunia blogging, kita sebagai blogger Indonesia memiliki tanggung jawab itu juga. Setiap tulisan kita memberi arti.

#NotesToMySelf

Tulisan ini sendiri, inspirasi dari El Gamma Penumbra terkait dunia blogging, merupakan reminder untuk saya di kemudian hari, agar tidak lupa untuk berbagi inspirasi dan pesan positif melalui yang saya bisa, blog saya ini. Jangan segan untuk jitak saya ya kalau saya sendiri lupa di kemudian hari.

Advertisements

6 Comments

  1. Andhika 13 Mei 2016
    • Febriyan 13 Mei 2016
  2. iKurniawan 10 Mei 2016
    • Febriyan 10 Mei 2016
  3. Anne Adzkia 9 Mei 2016
    • Febriyan 10 Mei 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: