Curhat Ngeblog Neng Lia: Apa Yang Didapat Dari Blog?

Setelah cerita bagaimana perjalanan blog ini pada tulisan sebelumnya, saya mau cerita tentang apa saja sih yang saya dapat dari blog ini?

Baca juga: Dari Blog Diary Jadi Blog Informasi

Apa Yang Didapat Dari Blog – It’s Not About Money

Habisnya masih banyak juga yang memandang dengan sebelah mata kegiatan saya ini. Ada yang bilang kurang kerjaan lah, kerajinan lah, sampai buang-buang waktu. Sekarang saatnya saya beberkan apa saja sih yang saya dapat dari kegiatan Blogging ini. Yuk disimak baik-baik:

BELAJAR MEMBAGI WAKTU

Tidak semua blogger itu adalah Full Time Blogger. Alangkah enaknya ya kalau bisa seperti Mbak Alodita yang bisa memilih untuk hanya “bekerja” 4 jam saja dalam sehari (Baca ceritanya di Your Perfect Productive Day). Lah piyeee nasib kayak saya yang masih jadi buruh korporat ini?

Mau gak mau harus pinter-pinter membagi waktu. Pagi sampe sore buat kerja di kantor. Sore sampai malem ya dipakai untuk nulis. Kadang malah suka curi-curi waktu di kala senggang. Semua dilakukan pastinya setelah kerjaan di kantor kelar dong ah. Efeknya ke saya? Saya yang dulu gak bisa multi tasking, sekarang sudah bisa sedikit demi sedikit bisa ngerjain beberapa hal dengan lebih tenang.

Tipsnya adalah catat semua ide dan rencana di dalam suatu agenda. Jadi semua perkerjaan di kantor dan menulis tidak ada yang tertinggal. 

SOCIAL NETWORKING

5 tanda kamu social media freaks - penggila sosial mediaGak perlu selalu harus ikutan acara gathering atau event blogger kok biar bisa punya kenalan blogger. Dengan blog walking pun saya merasa punya banyak teman. Tidak hanya di negara ini saja, bahkan di beberapa negara. Saya juga jadi tahu beberapa kebiasaan atau kegiatan seru teman-teman di luar sana.

Baca juga: Temu Bloggers with Tokopedia & Kumpulan Emak Blogger

Saya percaya, semakin banyak teman semakin banyak ilmu dan juga manfaatnya. Jadi jangan ragu deh untuk sapa sesama blogger baik langsung atau di “lapak” mereka.

BELAJAR TENTANG MENULIS (LAGI)

Namanya juga kita jual tulisan ya, pastinya kualitas tulisan pun harus bagus dan menarik. Dengan blogging saya belajar banyak bagaimana merangkai kata dengan baik. Walaupun awalnya terasa susah, tapi lama-kelamaan menulis membantu pekerjaan saya juga lho.

Beberapa kali saya diminta rekan kerja untuk mengedit konten ataupun juga mengecek proposal. Sering sekali lebih cepat tanggap lihat huruf yang typo atau revisi tulisan kapital, dan pedoman EYD lainnya. Mudah-mudahan nantinya ilmunya bisa kepake buat jadi editor yah (yuk semuanya sama-sama bilang AMIEEEEEN!)

BELAJAR DESAIN (WALAUPUN SEDERHANA)

apa yang didapat dari blog belajar ngeblogSelain semakin memperbaiki EYD, saya juga banyak belajar tentang desain. Saya sendiri tipe pembaca yang senang dimanjakan secara visual. Jadilah saya ingin juga memanjakan pembaca saya dengan tampilan yang menarik.

Sekarang saya sedikit demi sedikit mulai belajar dari teman-teman cara mendesain (atau paling engga nge-edit foto) dengan baik. Semoga semakin bagus dan bisa juga nambahin kemampuan di bidang desain di LinkedIn (sekali lagi kawan-kawan, AMIENNNNN!).

BELAJAR ILMU FOTOGRAFI

Coba deh lihat foto-foto di Food Blog orang-orang. Cakep-cakep ya. Dan yang paling penting bikin selera nafsu makan muncul.

Dulu saya gak ngerti banyak tentang fotografi. Gambar banyak yang blur, bahkan warnanya suka overexposed. Dengan ngeblog, naluri saya untuk memberikan tulisan dan gambar yang baik selalu muncul. Setiap kali posting pun selalu inginnya menampilkan foto yang menarik.

Semakin kesini pun semakin cari tahu posisi angle mana yang bagus, style pengambilan foto apa yang bagus, dan properti apa yang murmer tapi bikin foto tetap bagus.

Baca juga: Tips Fotografi 101

TULISAN MEMBAWA REJEKI

Nah yang ini nih yang (keliatannya) paling enak dari semuanya. Hahahahaha. Pada banyak yang bilang asyik banget sih bisa makan gratis. Enak banget sih dapet produk gratisan banyak.

Itu tuh kalo kata temen-temen saya yang gak ngerti blog. Taunya enaknya doang, padahal kan dibalik itu ada laptop yang menantikan saya untuk menulis apa yang didapat secara gratis itu hahahaha.

Baca juga: Serunya Hunting Kuliner 

Trus yang paling enaknya lagi sih kalo dapat hadiah menang lomba. Rasanya puas sekaligus nikmat gitu setelah nulis beradu dengan waktu antara deadline di kantor dan deadline lomba. Terbayarkan kalau udah dikasih hadiah sebagai pemenang. Jangankan duit berjut-jut, cuma dapet hadiah pulsa aja saya udah seneng banget. Jatah pulsanya kan jadi bisa dipake buat beli nasi padang di depan kantor #ehh.

apa yang didapat dari blog

Ini dia Guest Post hari ini

Dengan Ngeblog Dapat Hal Positif

Itulah semua yang didapat dari blog. Gak semuanya enak, bahkan poin-poin di atas sebenernya ada yang gak enak juga, cuma saya bikin enak dan dienak-enakin aja. Hahahaha. Bagi saya semua yang saya dapat dari kegiatan blogging ini sungguh banyak positifnya dibandingkan dengan negatifnya.

Menulis dengan konsisten itu juga tidak mudah. Banyak yang harus diperjuangkan dan dikorbankan. Bagi saya, hadiah dan produk gratis itu adalah tambahan manfaat dari kegiatan blogging ini.

Jadi masih ada yang bilang blogging itu kegiatan yang buang-buang waktu dan kurang kerjaan? 😛

Salam,

Lia

 

Advertisements

48 Comments

  1. Pink Traveler 5 November 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  2. Herya Media 10 Juni 2016
    • Febriyan 10 Juni 2016
  3. Oline 7 November 2015
    • Febriyan 7 November 2015
      • Lia Harahap 9 November 2015
  4. Sandi Iswahyudi 6 November 2015
    • Febriyan 6 November 2015
      • Sandi Iswahyudi 6 November 2015
      • Febriyan 6 November 2015
      • Sandi Iswahyudi 7 November 2015
    • Lia Harahap 9 November 2015
  5. Afrianti Pratiwi 5 November 2015
    • Febriyan 5 November 2015
  6. dani 4 November 2015
  7. Handriati Doank 4 November 2015
    • Febriyan 4 November 2015
  8. CAHAYA DUNIA WISATA 4 November 2015
  9. fajar siagian 3 November 2015
    • Febriyan 3 November 2015
  10. Dita 3 November 2015
    • Febriyan 3 November 2015
  11. echaimutenan 3 November 2015
    • Febriyan 3 November 2015
      • echaimutenan 3 November 2015
  12. watilabs 3 November 2015
    • Febriyan 3 November 2015
  13. Maya Siswadi 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
  14. Andrie Anne 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
    • Lia Harahap 3 November 2015
  15. Lia Harahap 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
  16. lovelyristin 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
  17. retno 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
  18. Shudai Ajlani 2 November 2015
  19. @kakdidik13 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015
  20. winda puspita 2 November 2015
    • Febriyan 2 November 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: