Nonton Film Eropa Gratis? Ke Europe on Screen 2016 Ajahhhh

Semalam, saya diajak teman dari InfoScreening untuk ikut dalam acara pembukaan EoS2016 – Europe on Screen 2016. Festival Film Eropa yang sebenarnya sudah beberapa kali diselenggarakan di Indonesia ini. Saya sendiri jarang belum pernah ikutan acaranya selama ini. Tapi pernahlah beberapa kali nonton film keluaran benua Eropa ini apalagi kalau cari jenis Film Festival.

europe on screen 2016

Europe on Screen 2016 – Film Festival Eropa ke 16

Film Eropa sendiri memang agak beda dengan film-film Hollywood yang lebih sering diputar di bioskop kesayangan kita selama ini. Betul? Hehehe. Beberapa kali saya menonton dan menemukan wow… film Eropa dalam beberapa hal, terutama film festival itu berani dalam adegan-adengan, misalnya saja film Malena (2000) yang ada Monica Bellucci – itu loh yang main di James Bond Spectre kemarin.

Europe on Screen 2016 (EoS2016) – Dibuka

Film festival itu agak berani menurut saya, seperti sebuah film tentang kejujuran kemarin itu, berani dalam hal penyampaian, berani dalam pengambilan gambarnya dan bahkan berani dalam adegan percintaan. 😀 Buat penyuka film festival, terutama film Eropa, bisa ikut menyaksikan Europe on Screen 2016 (EoS 2016) yang sudah dibuka tanggal 29 April 2016 kemarin nih.

Saya sendiri diajak seorang teman club nonton jaman dulu yang menjadi media partner dari Festival Film Eropa ini. Datang pada saat pembukaan EoS2016 itu sesuatu banget yak. Lokasinya di XXI Epicentrum Walk, Kuningan. Dan ternyata disediakan panganan ringan buat para tamu undangan di sana.

Setelah mendengar sepatah kata dari Duta Uni Eropa, Duta Besar Italia dan juga Festival Directornya, kami pun menonton sebuah film yang juga bagian dari festival, yaitu film Italia berjudul Viva la Liberta – Long Live Freedom.

Dengan total ada sekitar 22 negara di Eropa yang ikut berpartisipasi dalam Europe on Screen 2016 kali ini, rasanya wajib mengunjungi dan menikmati film-filmnya nih. 😀 Di antaranya ada yang ditayangkan di area terbuka loh, kayak layar tancap gitu deh.

Dalam acara pembukaan Europe on Screen 2016 kemarin, Festival Director, Mr. Orlow Suenke sendiri menyebutkan bahwa film pilihan tahun ini sangat bagus. Beliau berharap festival film Eropa ke – 16 kali ini memberi warna berbeda dan bisa meningkatkan kerjasama dalam bidang kreatif antara Indonesia dan negara Uni Eropa.

Jadwal, Lokasi dan Daftar Film dalam Europe on Screen 2016

Europe on Screen 2016 kali ini adalah kali ke-16. Diselenggarakan sejak 29 April 2016 kemarin hingga 8 Mei 2016 mendatang. Dan yang terpenting…. semua yang ingin nonton, bisa datang dan tanpa biaya alias GRATIS.

Yes, kita hanya perlu datang saja ke lokasi di mana film yang kita ingin tonton itu ditayangkan satu jam sebelum acara. Tiket akan diberikan langsung oleh petugas di sana. Masih gak mau nonton juga? Eh butuh lokasinya ya?

EoS2016 kali ini diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Denpasar secara bersamaan. Di Jakarta sendiri, kita bisa menikmati Europe on Screen 2016 ini di beberapa lokasi, seperti Erasmus Huis, GoetheHaus, Institut Francais, Istituto Italiano, Bintaro Xchange dan juga IKJ.

Terus filmnya apa aja? Ada 78 Film dalam Festival Film Eropa 2016 ini, jadi kalau saya tuliskan satu-satu kayaknya terlalu panjang yak. Untuk tahu film apa saja dan ditayangkan di mana saja, bisa cek ke website EoS langung. Yang pasti di antara film itu ada film Now You See Me, Asterix and Obelix, The Transporter Refueled dan beberapa film lainnya seperti The Little Prince yang saya pengen banget nonton.

Jangan Lewatkan Europe on Screen 2016

Pokoknya, jangan sampai melewatkan Europe on Screen 2016 ini deh. Banyak film bagus dan semuanya malah gratis. Eniwe, tulisan ini bukan tulisan berbayar tentang film ya. Memang sayanya aja pengen nulis soal ginian. Terus kalau penasaran seperti apa film yang saya tonton pas pembukaan, bisa baca review Viva la Liberta versi teman saya ini.

Terus kalau pengen nonton Europe on Screen 2016 tapi males sendirian, kontak saya aja, siapa tahu bisa barengan gitu nontonnya. Hehehe. Saya sih paling penasaran sama film-film yang ditayangkan di Open Air alias layar tancap itu – ada di Erasmus Huis dan juga di Bintaro Xchange sih.

Advertisements

12 Comments

  1. lidya 2 Mei 2016
    • Febriyan 2 Mei 2016
  2. arman 2 Mei 2016
    • Febriyan 2 Mei 2016
  3. jampang 2 Mei 2016
  4. Ira 1 Mei 2016
  5. winny 1 Mei 2016
    • Febriyan 1 Mei 2016
  6. Ruth Nina 1 Mei 2016
    • Febriyan 1 Mei 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: