[Update 19 Des 2016] Cara Membuat Visa Korea

Penggemar K-Pop pasti deh ingin ke Korea kan? Nah syarat ke sana kan satu ya, selain punya pasport yang pernah saya post cara membuat paspor Indonesia sendiri dengan mudah di blog ini, harus dapat VISA KOREA. Apa saja syarat dan bagaimana Cara Membuat Visa Korea akan saya tuliskan berdasarkan pengalaman saya dan kakak saya di sini.

Jadi awal bulan lalu dia plan ke Korea bersama teman-teman onlinenya. Pasport sudah ada, tapi visa belum ada. Awalnya agak bingung sih membuat Visa Korea itu seperti apa tapi setelah baca dan praktekkan langsung, akhirnya berhasil juga mendapatkan Visa Korea itu. Beberapa sih menganjurkan kakak saya untuk pakai agen untuk membuat visa Korea ini, tapi demi pengalaman, kita bikin sendiri.

cara membuat visa korea terbaru

Cara Membuat Visa Korea berdasarkan pengalaman pribadi

Cara Membuat Visa Korea Sendiri

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau kita ingin membuat visa Korea mudah sendiri biar gak mengalami yang namanya penolakan.

Persyaratan Visa Korea

Ya sama seperti mengajukan aplikasi apa saja, kita harus tahu dulu persyaratannya. Apa saja dokumen yang diperlukan untuk membuat visa korea ini dapat diakses melalui website resmi kedutaan Korea. Kalau kamu buka websitenya itu, nanti kamu akan diberi beberapa pilihan jenis visa yang ingin diapply. Kemarin kakak saya kan ingin jalan-jalan, jadi dipilihnya yang visa korea untuk wisata.

Dokumen Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Visa Korea: 

  • Paspor Asli dan Fotokopi Paspor (halaman identitas beserta visa/cap negara-negara yang telah dikunjungi)
  • Formulir Aplikasi Visa (dengan satu lembar foto yang ditempel pada kolom foto)
  • Kartu Keluarga atau Dokumen yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan
  • Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan
  • Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar, bagi yang masih bersekolah
  • Fotokopi Bukti Keuangan, pilih salah satu: 
    • Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI 
    • Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    • Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    • Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    • Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    • Surat keterangan pemegang program jamsostek
    • Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun

Update 24 Oktober 2016 untuk Membuat Visa Korea (dari Feby)

Aturan baru per 17 Oktober 2016, dokumen Pajak berupa Form 1721 HARUS dilampirkan. Jadi selain rekening koran 3 bulan terakhir dan Bank Recommendation harus lampirkan bukti pajak tahunan itu. Kalau tidak punya 1721, harus membuat pernyataan di atas materai.

Jadi siapkan dulu semua dokumennya ya, Formulir Aplikasi Visa dapat didownload di website yang sama.

Setidaknya itu yang saya alami pas membantu proses membuat visa korea kakak saya ini. Saya datang dengan slip gaji terakhir (ada dalam pilihan di atas kan?), tapi diminta pulang dan membawa bukti rekening koran tabungan 3 bulan terakhir. Jadi, kalau ada langsung bawa aja ya.

cara membuat visa korea terbaru

Persyaratan dalam membuat visa Korea – di website kedutaan

[Update 19 Des 2016] File Surat Pernyataan Tidak Punya SPT untuk Membuat Visa Korea, Download Langsung

Pengajuan Dokumen Aplikasi Visa Korea

Setelah semua dokumen dilengkapi, kita diminta untuk datang ke Kedutaan Besar Korea di Jakarta. Diperhatikan juga jam layanan untuk masing-masing kebutuhan loh. Seperti untuk pengajuan dokumen aplikasi Visa Korea ini adalah Setiap Hari Kerja jam 09:00 – 12:00 WIB. Jangan sampai terlambat datang loh, sejak dibuka biasanya sudah ada antrian yang mengurus Visa Korea.

Kontak Kedutaan Besar Korea di Jakarta  untuk membuat visa Korea adalah:

  • Alamat: Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950
  • E-mail
  • No. Kontak
    • (TEL) 62-21-2967-2555
    • (FAX) 62-21-2967-2556/2557
    • Konsulat (TEL) 62-21-2967-2580, (Fax) 62-21-2967-2581
    • (No. Tel. Darurat) 62-811-852-446
    • Jika Anda memerlukan informasi atau ingin menyampaikan saran, dipersilakan untuk menghubungi nomor sebagaimana tertera di atas.

Jika kamu naik TransJakarta atau Busway, turunnya di halte Tegal Parang saja. Jalan dikit sih. Nah kalau sudah sampai depan Kedubes Korea ini, kamu jalan lurus lagi ke gedung di sebelahnya.

Pengajuan dokumen aplikasi Visa Korea ini adalah di Gedung Konsulat Korea, yang bisa diakses dari sebelahnya. Jadi masuk aja terus nanti ketemu gardu satpam. Kalau datang kepagian, tidak akan dilayani. 😀

Setiba di tempat, kita diminta mengambil nomor antrian (bicara saja dengan petugas yang ada di dalam ruangan). Pas dipanggil, serahkan dokumen aplikasi Visa Koreanya ke petugas yang melayani. Dia akan memeriksa dokumen satu per satu.

Update Terbaru Harga Visa Korea 2016:

Setelah selesai dicek, kamu akan diminta membayar biaya Visa Korea, yaitu sebagai berikut (ini sudah data terupdate – saat kemarin ke sana masih Rp. 480.000):

  • Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) : Rp. 560.000, Update 24 Oktober 2016: Rp 544.000
  • Single Visa (Visa kunjungan diatas 90 hari) : Rp. 840.000,-
  • Multiple Visa (Berlaku untuk 5 tahun) : Rp. 1.260.000,-
  • Double Visa (2 kali masuk dan Berlaku untuk 6 bulan) : Rp. 980.000,-
  • Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea

Jam Pengambilan Visa Korea

Jika semua sudah beres, petugas akan memberikan tanda bukti dokumen ke kita dan kita diinfokan kapan bisa mengambil Visa Korea kita. Biasanya sih memakan waktu seminggu, namun ada baiknya kita menelpon dulu apakah memang sudah selesai atau belum, lumayan kan kalau bolak balik. 😀

Pengambilan Visa Korea di tempat yang sama, hanya jamnya saja berbeda, yaitu Setiap Hari Kerja jam 13:30 – 16:30 WIB. Gak usah buru-buru datang ke sana deh, karena kondisinya sebelum jamnya tidak akan dilayani. Hehehe. Saya sendiri kemarin tiba di sana jam 13:00 dan harus menunggu 30 menit di depan.

Nah untuk pengambilan, tinggal taruh tanda bukti yang diberikan ke kita ke loket pengambilan (loket yang sama dengan loket penyerahan dokumen). Nanti kita akan dipanggil satu per satu. That’s it.

Gak ribet kan ya? Cuma perhatikan yang saya tulis miring di atas tuh, kalau ditolak ataupun membatalkan proses Visa Korea, uang tidak dikembalikan.

Saya sempat sih bertanya, biasanya apakah setiap pengajuan Visa Korea ini selalu lolos atau adakah pengajuan Visa Korea ditolak. Menurut sang petugas, biasanya selama dokumen yang diberikan lengkap, Visa Korea akan diberikan. Jadi saran saya kalau mengalami pengajuan Visa Korea-nya ditolak, coba cek lagi dokumennya, apakah ada yang salah dalam dokumennya atau tidak lengkap.

Setahu saya sendiri, pengajuan Visa Korea memang sekarang lebih mudah karena pemerintah Korea sedang giat-giatnya menggalakkan kerjasama dengan Indonesia dalam berbagai bidang dan juga sedang giat menaikkan industri pariwisata mereka.

cara membuat visa korea mudah

menjejak kaki di Korea

Sebenarnya…

Membuat visa Korea itu mudah dan cepat kok, pastikan saja dokumen lengkap dan juga gak punya masalah hukum, hehehehe. Kalau memang ingin membuat visa korea dengan bantuan agen, banyak juga yang bisa urus. Pas saya urus ini, banyak agen yang urus.

Terus, kalau visa korea ditolak, jangan langsung patah hati. Coba tanya dulu, apa masalahnya sampai ditolak. Rapikan. Terus ulang deh membuat visa korea nya. Ayoo, siapa yang suka drama korea dan pengan ke negeri Gingseng ini? Adakah yang punya pengalaman membuat Visa Korea ini? Share pengalaman di sini yukkkk.

Advertisements

300 Comments

  1. Al 17 Januari 2017
    • Febriyan 18 Januari 2017
  2. Alina 16 Januari 2017
    • Febriyan 17 Januari 2017
  3. Nza 16 Januari 2017
    • Febriyan 16 Januari 2017
  4. Nayya 15 Januari 2017
    • Febriyan 16 Januari 2017
  5. Anastasia 13 Januari 2017
    • Febriyan 13 Januari 2017
      • Anastasia 13 Januari 2017
      • Febriyan 13 Januari 2017
  6. Rike 11 Januari 2017
    • Febriyan 12 Januari 2017
    • Marchelle 13 Januari 2017
      • Febriyan 13 Januari 2017
  7. Chintia 9 Januari 2017
    • Febriyan 9 Januari 2017
      • Chintia 10 Januari 2017
      • Febriyan 10 Januari 2017
  8. novia 9 Januari 2017
    • Febriyan 9 Januari 2017
  9. BW 8 Januari 2017
    • Febriyan 8 Januari 2017
  10. BW 8 Januari 2017
  11. Melodie 6 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  12. Absoni 6 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  13. 시윤 5 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  14. Elysia 5 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  15. Marchelle 4 Januari 2017
    • Febriyan 6 Januari 2017
  16. ECIK SURYANI 1 Januari 2017
    • Febriyan 1 Januari 2017
      • ECIK SURYANI 1 Januari 2017
      • Febriyan 1 Januari 2017
  17. Citra 29 Desember 2016
    • Febriyan 31 Desember 2016
  18. Intan 28 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
      • Intan 29 Desember 2016
      • Febriyan 29 Desember 2016
    • Meriana ginting 29 Desember 2016
      • Febriyan 29 Desember 2016
    • Sindi Eka Puspitasari 6 Januari 2017
  19. Venyy 28 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
  20. Rizatom 27 Desember 2016
    • Febriyan 29 Desember 2016
  21. Citra 23 Desember 2016
    • Febriyan 25 Desember 2016
  22. Novi 22 Desember 2016
    • Febriyan 25 Desember 2016
  23. Nabila 19 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  24. Titi 17 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  25. wie fatma 16 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  26. ddlylaa 14 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  27. Danny 13 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
    • Citra 26 Desember 2016
      • Febriyan 29 Desember 2016
  28. Tira 12 Desember 2016
    • Febriyan 19 Desember 2016
  29. Nova Rayliana 9 Desember 2016
    • Febriyan 9 Desember 2016
      • Nova Rayliana 9 Desember 2016
      • Febriyan 9 Desember 2016
      • Nova Rayliana 9 Desember 2016
      • Febriyan 9 Desember 2016
      • Nova Rayliana 9 Desember 2016
      • Febriyan 9 Desember 2016
  30. Olivya 9 Desember 2016
    • Febriyan 9 Desember 2016
  31. Olivya 9 Desember 2016
  32. handyani1202 8 Desember 2016
    • Febriyan 9 Desember 2016
  33. Karmen Sisilia 7 Desember 2016
    • Febriyan 8 Desember 2016
      • Marchelle 3 Januari 2017
      • Febriyan 3 Januari 2017
  34. Mika 2 Desember 2016
    • Febriyan 3 Desember 2016
      • Mika 4 Desember 2016
      • intan 9 Desember 2016
      • Febriyan 9 Desember 2016
  35. Ana 28 November 2016
    • Febriyan 3 Desember 2016
      • Ana 4 Desember 2016
  36. merry 21 November 2016
    • Febriyan 3 Desember 2016
      • Aulia 13 Desember 2016
      • Febriyan 19 Desember 2016
  37. Arif Prabowo 19 November 2016
    • Febriyan 19 November 2016
      • Arif Prabowo 19 November 2016
      • Risma War 21 November 2016
      • Febriyan 3 Desember 2016
      • V 5 Desember 2016
      • Febriyan 8 Desember 2016
    • V 9 Desember 2016
  38. syasya 18 November 2016
    • Febriyan 18 November 2016
      • syasya 21 November 2016
  39. syasya 18 November 2016
  40. kiki 17 November 2016
    • kiki 17 November 2016
      • Febriyan 18 November 2016
  41. kiki 17 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  42. kiki 17 November 2016
  43. mega wahyuningsih 17 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  44. Neni 16 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  45. Yuuch 13 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
    • rizqi 18 November 2016
      • Febriyan 18 November 2016
  46. Kartika 9 November 2016
    • Febriyan 10 November 2016
  47. Vicco 7 November 2016
    • Febriyan 8 November 2016
      • Vicco 9 November 2016
      • Febriyan 10 November 2016
  48. silfi 5 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  49. clover 5 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
      • clover 28 November 2016
      • Febriyan 3 Desember 2016
  50. shandy 27 Oktober 2016
    • Febriyan 28 Oktober 2016
      • wijaya 1 November 2016
      • Febriyan 6 November 2016
  51. kiki 27 Oktober 2016
    • Febriyan 28 Oktober 2016
  52. Herda 25 Oktober 2016
    • Febriyan 26 Oktober 2016
  53. Liaaaa 25 Oktober 2016
    • Febriyan 26 Oktober 2016
  54. Feby 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
      • Feby 24 Oktober 2016
      • Febriyan 24 Oktober 2016
    • julianto 25 Oktober 2016
      • Febriyan 26 Oktober 2016
      • julianto 26 Oktober 2016
      • Febriyan 28 Oktober 2016
    • intan 7 November 2016
      • Febriyan 8 November 2016
    • Citra 8 November 2016
      • Febriyan 10 November 2016
  55. Linda 24 Oktober 2016
    • Febriyan 24 Oktober 2016
  56. Dessita nara 19 Oktober 2016
    • Febriyan 20 Oktober 2016
      • Ady 1 November 2016
  57. Sh09 13 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016
  58. Aini 12 Oktober 2016
    • Febriyan 12 Oktober 2016
      • wulan 13 Oktober 2016
      • Febriyan 14 Oktober 2016
      • Jona Hendrieca 8 Januari 2017
      • Febriyan 8 Januari 2017
  59. Suci 12 Oktober 2016
    • Febriyan 12 Oktober 2016
  60. Fanny 12 Oktober 2016
    • Febriyan 12 Oktober 2016
      • Fanny 13 Oktober 2016
      • Febriyan 14 Oktober 2016
      • Fanny 10 November 2016
      • Febriyan 10 November 2016
      • Fanny 10 November 2016
      • Rizky 26 November 2016
      • Febriyan 3 Desember 2016
    • Neni 12 November 2016
      • Febriyan 17 November 2016
    • Neni 12 November 2016
      • Febriyan 17 November 2016
      • Fanny 22 November 2016
    • Marchelle 17 November 2016
      • Febriyan 17 November 2016
      • Marchelle 18 November 2016
      • Serra Argo Rianda 18 November 2016
      • Febriyan 18 November 2016
  61. putri 10 Oktober 2016
    • Febriyan 10 Oktober 2016
  62. Sri utari 10 Oktober 2016
    • Febriyan 10 Oktober 2016
      • Ziza 25 Oktober 2016
      • Febriyan 26 Oktober 2016
  63. Shafira 9 Oktober 2016
    • Febriyan 10 Oktober 2016
  64. Azzahra 7 Oktober 2016
    • Febriyan 7 Oktober 2016
  65. Susan 7 Oktober 2016
    • Febriyan 7 Oktober 2016
  66. Githa Anggrainy Saputri 6 Oktober 2016
    • Febriyan 7 Oktober 2016
      • Githa Anggrainy Saputri 18 Oktober 2016
      • Febriyan 18 Oktober 2016
  67. Lisa 5 Oktober 2016
    • Febriyan 7 Oktober 2016
      • natalia listyani 3 Januari 2017
      • Febriyan 3 Januari 2017
  68. Rien 26 September 2016
    • Febriyan 26 September 2016
  69. imas 21 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016
  70. Hanni 19 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016
  71. zuhra 13 September 2016
  72. Ulfah Putri 29 Agustus 2016
    • Febriyan 30 Agustus 2016
      • zuhra 14 September 2016
      • Febriyan 22 September 2016
  73. Adi 23 Agustus 2016
    • Febriyan 23 Agustus 2016
      • juanita 27 Agustus 2016
      • Febriyan 30 Agustus 2016
  74. Farand 21 Agustus 2016
    • Febriyan 21 Agustus 2016
  75. Vonesia 17 Agustus 2016
    • Febriyan 17 Agustus 2016
      • Rochmat 12 September 2016
      • Febriyan 22 September 2016
  76. Lyka 11 Agustus 2016
    • Febriyan 12 Agustus 2016
  77. rika 8 Agustus 2016
    • Febriyan 8 Agustus 2016
  78. rika 8 Agustus 2016
  79. achy 5 Agustus 2016
    • Febriyan 5 Agustus 2016
    • achy 15 Agustus 2016
      • Febriyan 16 Agustus 2016
  80. Fathan 31 Juli 2016
    • Febriyan 1 Agustus 2016
      • Nita 13 September 2016
      • Febriyan 22 September 2016
      • Febriyan 22 September 2016
  81. Fitri 27 Juli 2016
    • Febriyan 27 Juli 2016
  82. Nadya 26 Juli 2016
    • Febriyan 27 Juli 2016
  83. rachma 21 Juli 2016
    • Febriyan 22 Juli 2016
  84. Ndutndut 10 Maret 2016
    • Ndutndut 10 Maret 2016
      • Febriyan 10 Maret 2016
  85. amalia 7 Maret 2016
    • Febriyan 7 Maret 2016
  86. Maulina fajrini 2 Maret 2016
    • Febriyan 3 Maret 2016
  87. Mahesa Sayyidati 5 Januari 2016
    • Febriyan 5 Januari 2016
  88. Unick 22 Oktober 2015
    • Febriyan 22 Oktober 2015
  89. Eriijuita 12 Oktober 2015
    • Febriyan 12 Oktober 2015
  90. Home for Passion 31 Juli 2015
  91. zaki19482 29 April 2015
    • Febriyan 29 April 2015
  92. Beby 29 April 2015
    • Febriyan 29 April 2015
  93. Gara 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • Gara 29 April 2015
      • Febriyan 29 April 2015
      • Gara 29 April 2015
      • Febriyan 29 April 2015
      • Gara 29 April 2015
  94. Pingback: Drama Korea dan Makanan Korea 28 April 2015
  95. Ria Angelina 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  96. nyonyasepatu 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • nyonyasepatu 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015
  97. Ami 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  98. Nadia Khaerunnisa 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  99. dani 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
  100. zizadesita 28 April 2015
    • Febriyan 28 April 2015
      • zizadesita 28 April 2015
      • Febriyan 28 April 2015

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: