Performa Seagate FireCuda 2.5 – Hard Disk Keceh untuk Blogger & Vlogger

Sebagai blogger, saya tahu kalau visual konten yang menjadi salah satu trend SEO, harus saya lakukan. Baik untuk di blog post ataupun di sosial media. Beberapa kali pun saya mengikuti acara blogger, mengumpulkan foto dan juga video dari acara itu.

Inget kata kuncinya di atas itu mengumpulkan. Efeknya? Hard disk laptop saya pun penuh. Dan efeknya jadi bikin kerja di laptop agak lama, apalagi pas saya mau edit foto ataupun edit video. Buka aplikasi photoshop saja bisa saya nunggu sekitar semenit hingga aplikasi siap dipakai.

Nah… kemudian saya dikasih tahu tentang HDD Seagate FireCuda. Katanya sih dia ini model hard disk hybrid – gabungan antara HDD dengan SSD. Itu kata teman kantor yang paham IT. Saya cuma bengong aja dengernya. Agak gak mudeng (hadeuh, ini yang dibilang techblogger?).

performa komputer dengan seagate firecuda 2.5

Saya pun mencoba menggunakan HDD Seagate FireCuda ini. Apa emang bener bisa mempercepat kinerja laptop ataupun komputer kita? Kalau iya kan lumayan nih – buat blogger, bisa edit foto dan video lebih cepet. Eh tapi tolong diingat ya, ini bukan review seagate FireCuda. Hanya share pengalaman aja.

Menggunakan HDD Seagate FireCuda 2.5

Dengan berbekal ucapan teman kantor itu, saya pun mencoba untuk menggunakan HDD Seagate FireCuda 2.5 ini di laptop dan juga komputer kantor. Eh juga dibantu sama temen kantor itu sih pas dia kasih unjuk perbedaan kecepatan antara HDD biasa dengan HDD FireCuda ini.

Dia menggunakan tools Black Magic Speed Test untuk mengetes kecepatan HDD basic alias hdd biasa dengan HDD hybrid FireCuda ini. Tools itu ada untuk Mac user only dan memang tujuannya untuk mengecek performa hard disk yang digunakan untuk video HD (baca link di atas deh). Hasilnya gimana?

Well, perbandingan yang dilakukan teman saya ini memang menunjukkan kalau kecepatan antara HDD biasa yang digunakan dengan HDD Seagate FireCuda ini sangat berbeda. Kecepatan write maupun read HDD FireCuda ini bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:

pengalaman menggunakan seagate firecuda hdd untuk komputer

testing speed HD Seagate FireCuda 2.5 (kiri) dengan HD non Seagate

HDD Seagate FireCuda 2.5 ini memiliki kecepatan reading file di 130.6MB per detik sedangkan HD Biasa di sekitar 110.9MB. Sedangkan untuk write, kecepatan FireCuda Hybrid ini di 135.5MB per detik. Bandingkan kecepatan menulis HDD biasa yang di 98.4MB per detik.

Eh itu apaan?

Bingung? Sama dong. Hahaha. Awalnya saya juga bingung. Terus akhirnya minta dijelaskan sama teman kantor itu. Intinya sih, kalau write itu adalah kecepatan kalau kita menaruh file ke hard disk. Termasuk dalam hal read ini adalah membuka aplikasi yang ada di komputer atau laptop kita, seperti aplikasi edit foto kita itu.

Membuka Adobe Premiere dengan HDD Seagate FireCuda vs Non

Nah biar lebih pede, saya pun coba membuka aplikasi Adobe Premier. Yang satu di laptop teman saya yang menggunakan HDD biasa alias bawaan dari sana. Satunya saya pakai laptop dengan HDD Seagate FireCuda ini.

Hasilnya?

perbandingan buka adobe premiere dengan hdd seagate firecuda dan non

Maafkan kalau gambarnya kurang jelas – Kiri itu waktu yang dibutuhkan untuk buka Adobe Premier dengan Seagate FireCuda. Kanan menggunakan HD yang ada di laptop (non FireCuda)

Well, pas buka dengan HDD FireCuda, sejak saya klik dua kali alias double click hingga aplikasi siap dipakai, membutuhkan waktu sekitar 11 detik. Ini saya coba yang kedua kali loh. Pas pakai HDD laptop teman saya, sejak di klik dua kali aplikasi itu hingga terbuka butuh waktu sekitar 30 detik. Keren kan cepetnya.

Saya pun coba tanya kenapa sih bisa HDD FireCuda 2.5 dari Seagate ini bisa secepat itu? Jauh juga kan bedanya. Ternyata, rahasianya ya di….

Flash Accelerated Drive – 8 GB dan Adaptive Memory Technology di Seagate FireCuda

Flash Accelerated Drive merupakan teknologi yang menggabungkan kinerja hard disk pada umumnya dengan kinerja SSD yang dikenal lebih cepat. Inilah yang dinamakan teknologi hybrid pada HDD Seagate. Dengan kapasitas NAND Flash 8 GB ini dan juga Adaptive Memory, Seagate FireCuda ini jadi lebih cepat dibanding HDD biasa.

seagate firecuda dengan flash accelerated drive

Teknologi Seagate FireCuda 2.5 memungkinkan proses di komputer atau laptop jadi cepat.

Jadi kalau saya baca di artikelnya, HDD Seagate FireCuda 2.5 ini mengingat file-file mana yang sering digunakan oleh kita dan menyimpannya dalam NAND Flash ini. Jadi komputer atau laptop kita tidak perlu membaca file di hard disk yang tentunya akan membutuhkan waktu lebih lama.

Dengan Adaptive Memory ini, FireCuda bisa mengidentifikasi mana file aplikasi yang sering digunakan. Dalam contoh di atas, saat saya membuka aplikasi Adobe Premier untuk edit foto, dia menerapkan memory alias kenangan (bukan kenangan atas mantan ya … move on dong masbro).

Makanya ketika membuka aplikasi Adobe itu untuk kedua kalinya, hanya butuh sekitar 11 detik sudah terbuka. Sedangkan kalau HDD biasa kan harus membaca file kembali di kumpulan file yang ada di harddisk komputer atau laptop kita.

Teknologi Hybrid ini jugalah yang membuat ketika kita menyalakan komputer atau laptop menjadi lebih cepat. Eh tapi ingat ya….

Pertama kali menggunakan bisa jadi lama waktu membuka aplikasi ataupun booting tetap sama dengan HDD biasa.

Itu ya karena Seagate FireCuda ini belum punya memory. Setelahnya sih… lebih cepat masbro.

Kapasitas Besar Seagate FireCuda 2.5

Seagate FireCuda yang saya dapatkan ini memiliki kapasitas 2TB. Gede kan? Jadi saya bisa menyimpan banyak file dalam hard disk ini. Hard disk bawaan laptop saya saat ini aja sudah tinggal 2Gb doang. Hiks…. sedih kan?

Kan rata-rata foto yang saya ambil menggunakan kamera pinjaman dari pejalansenja itu di 4MB. Kebayang dong berapa banyak foto yang bisa disimpan? Belum lagi file video yang direkam pakai kamera itu, minimal itu besarnya 10MB masbro, mbaksis. Ada yang mau ngitungin gak berapa banyak filenya?

kecepatan hdd seagate firecuda

Perbandingan transfer file HD FireCuda Seagate – rata-rata di 130MB/detik.

Kalau sudah kayak gini sih saya bisa menyimpan banyak foto di HDD Seagate ini. Gak perlu takut lagi untuk download e-book untuk belajar tentang ngeblog, biar ada tulisan di TBI. Dan gak perlu beli banyak flashdisk ataupun HD eksternal dah kalau gini mah.

Mau simpan foto dari tahun berapa pun juga sekarang jadi berani aja. Hehehe. Ada yang mau nitip foto atau video? Sini… sini… syaratnya saya boleh pake fotonya ya, kidding ding.

Kalau kamu mau tahu spesifikasi dan penampakan lebih detail tentang Seagate FireCuda ini, bisa cek website resmi Segate.

Di sana ada video seru yang bikin saya ngakak…. dan juga kamu bisa tahu juga apakah kamu termasuk yang cocok menggunakan HD ini atau gak.

Kesimpulan

Buat blogger, saya sih rekomen deh untuk pakai hard disk Seagate FireCuda 2.5 ini. Apalagi ada garansi selama 5 tahun, jadi kalau ada kenapa-kenapa tinggal bawa aja untuk repair. Bocoran nih… rata-rata masa garansi HD lain itu gak ada yang sampai 5 tahun.

Dengan teknologi Flash Accelerated Drive dan juga kemampuan membaca memory alias si Adaptive Memory yang dimiliki FireCuda ini, saya rasa sih kamu bakalan terbantu banget. Apalagi kalau kamu blogger yang ingin jadi profesional blogger ataupun sudah mulai merambah ke Vlog yang butuh edit foto dan video.

hdd seagate firecuda 2.5 2 tera

Yakin gak mau coba Seagate FireCuda ini?

Eh buat yang bukan blogger pun juga menurut saya sih cocok aja kalau mau pakai hard disk Seagate FireCuda 2.5 ini. Hanya saja, saya masih belum tahu nih harga pasaran dari hard disk ini, moga sih gak mahal ya.

Kalau kamu sendiri, biasa permasalahan terkait hard disk di komputer ataupun laptop kamu apa sih? Bisa diatasi sama FireCuda ini gak?

Advertisements

13 Comments

  1. Fiberti 21 Juli 2017
    • Febriyan 25 Juli 2017
  2. siswonesia 11 Juli 2017
  3. Kaka 14 Juni 2017
    • Febriyan 15 Juni 2017
  4. Joseph 14 Juni 2017
    • Febriyan 14 Juni 2017
  5. belalang cerewet 14 Juni 2017
    • Febriyan 14 Juni 2017
  6. Bobby Ertanto 14 Juni 2017
    • Febriyan 14 Juni 2017
  7. Lia Harahap 14 Juni 2017
    • Febriyan 14 Juni 2017

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: