[Series] Beli Barang Tanpa Hutang untuk Lebaran – Lewat Arisan Mapan Aja

Tulisan ini akan menjadi tulsan pertama dari deretan seri tulisan tentang sebuah startup Indonesia yang mengangkat semangat gotong royong di dalamnya. Apa itu? Yang pertama dari seri ini adalah dengan Arisan Mapan, kamu bisa beli barang tanpa hutang – apalagi dah jelang Lebaran nih.

Apa sih Arisan Mapan itu?

Pasti banyak yang bertanya-tanya kan? Arisan ini adalah satu bentuk program yang dikeluarkan oleh sebuah Startup Indonesia. Progamnya seperti namanya, yaitu berkonsep seperti arisan. Yes, arisan – tapi bukan film Arisan ataupun Arisan Brondong ya – Cuma barang-barang kebutuhan rumah tangga kok. Jadi boleh dibilang, Arisan Mapan itu ya arisan barang.

Boleh dibaca: Informasi tentang arisan yang dimaksud

Seperti yang saya sebutkan di awal, program Arisan Mapan ini membawa semangat asli Indonesia ke dalam programnya, sebuah semangat yang dipercaya dan diungkapkan Bung Hatta berulang kali:

Rasa bersama ada di sanubari rakyat Indonesia

Rasa bersama yang merujuk pada semangat tolong menolong alias gotong royong.

Arisan? Ntar Penipuan Lagi

Yah, wajarlah ya berpikir seperti itu. Saya sendiri pernah menemukan selebaran di tempat umum seperti ATM (biasanya sih ATM) yang bilangnya kalau ikut arisan bakalan dapat untung gede. Arisan berantai. Ya penipuan sih.

Tapi kalau yang ini sih bukan scam ataupun penipuan seperti itu kok. Arisan yang satu ini memang dibuat untuk kelompok orang yang memang saling percaya dan juga punya semangat yang sama, yaitu semangat saling membantu.

Kalau satu mungkin sulit dilakukan atau membeli barang tapi kalau ramai-ramai?

Belanja Barang Bersama-sama dengan Arisan Mapan

Sebenarnya yang saya lihat dari semangat kebersamaan ini juga sama prinsipnya dengan Angel Investing yang pernah saya dengan di acara seminar beberapa bulan lalu – di mana orang yang memiliki modal patungan membiayai yang punya ide.

Bedanya, Arisan Mapan ini mengumpulkan dana dari para anggotanya untuk beli barang tanpa hutang (apalagi pas mau Lebaran ini – menarik banget kan?) bersama-sama, dengan modal kepercayaan tadi itu. Konsepnya sebenarnya sederhana kok.

Sama juga sih, jadi kita, yang punya komunitas gitu… kumpulkan aja komunitas yang kita punya, data orangnya siapa saja dan pedekate deh untuk jadi anggota Arisan Mapan. Kalau sudah pada oke, masing-masing anggota bisa langsung pesan barang.

Misalnya aja nih, saya pengen beli handphone. Kalau beli sendiri gak bisa karena uangnya belum cukup dan kemudian kalau pakai kartu kredit, ya kena bunga yang gak kecil kan? Tapi kalau pakai Arisan Mapan ini, masing-masing anggota memilih barang yang diinginkan.

Terus Ketua Arisan mengumpulkan semua data dan juga besaran cicilan dari masing-masing anggotanya. Kirim data lewat handphone. Nanti sistem Arisan Mapan akan mengocok nama yang akan mendapatkan barang. Kalau nama kita keluar, tinggal tunggu 3 hari deh untuk barangnya.

Nanti kocok lagi sampai semua anggota mendapatkan barangnya deh.

beli barang tanpa hutang dengan arisan mapan

Arisan Mapan ini, menurut pandangan awam saya ya, bisa banget mendukung ekonomi warga, setidaknya yang jadi anggota Arisan Mapan ini. Mereka sama-sama berkembang dengan program yang terstruktur dan membantu anggota untuk memenuhi kebutuhan.

Kalau lebih banyak anggota yang menginginkan satu produk, kita bisa memberikan harga yang lebih murah.

Jadi, Lebaran Gak Perlu Pusing

Nah… gimana? Gak ribet dan gak pusing dengan hutang lagi kan? Beli barang tanpa hutang deh dengan Arisan Mapan ini. Jadi kepikir buat join juga nih, ajak siapa ya. Komunitas ibu-ibu PKK kah? :d

Advertisements

41 Comments

  1. Piin 15 Juli 2016
  2. Rahmah 11 Juni 2016
    • Febriyan 13 Juni 2016
  3. Agung Han 11 Juni 2016
  4. Dede Ariyanto 10 Juni 2016
    • Febriyan 10 Juni 2016
  5. Tiwi Mapan 9 Juni 2016
    • Febriyan 10 Juni 2016
  6. Uniek Kaswarganti 8 Juni 2016
    • Febriyan 8 Juni 2016
    • Tiwi Mapan 9 Juni 2016
  7. Sandi Iswahyudi 7 Juni 2016
    • Febriyan 7 Juni 2016
  8. April Hamsa 7 Juni 2016
    • Febriyan 7 Juni 2016
    • Tiwi Mapan 9 Juni 2016
  9. Fee 7 Juni 2016
  10. primastuti satrianto 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
  11. Witri Prasetyo Aji 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
  12. Andhika 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
  13. Omali 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
    • Tiwi Mapan 9 Juni 2016
  14. Khoirur Rohmah 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
    • Tiwi Mapan 9 Juni 2016
      • Febriyan 10 Juni 2016
  15. rahmiaziza.com 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
    • Tiwi Mapan 9 Juni 2016
      • Febriyan 10 Juni 2016
  16. Nik Sukacita 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016
  17. @danirachmat 6 Juni 2016
    • Febriyan 6 Juni 2016

Leave a Reply

Penasaran dengan Arisan Mapan? Baca di sini
+
%d blogger menyukai ini: