6 Alasan Memilih Bank untuk Menabung

Dalam hal menabung, saya yakin tiap orang punya pilihan masing-masing. Dengan banyaknya bank di Indonesia, di satu sisi membuat kita, nasabah, gak tergantung pada satu bank saja. Tapi di sisi lainnya, bikin pusing ketika harus memilih sebuah bank untuk menabung.

Ada banyak faktor yang dipertimbangkan pastinya ketika seseorang memutuskan untuk menabung di Bank A bukannya bank B. Alasan memilih sebuah bank untuk menabung di sebuah bank itu bisa didasari pengalaman pribadi ataupun pengalaman orang lain.

Faktor Memilih Sebuah Bank Untuk Menabung

Dari beberapa teman saya, saya pernah tanya, sebenarnya apa sih yang membuat mereka memutuskan untuk memilih sebuah bank untuk menabung dibandingkan bank lawannya. Masing-masing punya pertimbangan beragam. Berikut ini saya coba rangkumkan ya, tanpa menyebutkan nama ya:

alasan memilih bank - rejeki bni taplus 2016

6 Alasan Memilih Bank untuk Menabung

1. Nama Bank itu Sendiri dan Keamanan

Faktor pertama rupanya adalah nama dari bank itu sendiri. Teman-teman saya lebih yakin untuk memilih sebuah bank untuk menabung kalau bank itu sudah terkenal dibandingkan bank yang masih baru.

Di samping itu, mereka juga ternyata memperhatikan faktor keamanan uang yang mereka simpan. Yah walaupun uangnya gak seberapa, menurut mereka, faktor keamanan ini penting banget. Kalau ada bank yang didenger sering kebobolan, mereka gak mau.

2. Jaringan ATM

Faktor kedua memilih sebuah bank untuk menabung menurut teman-teman saya adalah masalah ATM. Harus banyak dan siap 24 jam. Bayangkan aja kalau lagi dalam kondisi malam hari, butuh uang tunai cepat, eh ATM bank yang kita pilih gak ada. Terus gak terafiliasi dengan jaringan ATM lainnya.

Tentunya, selain jumlah ATM, mereka juga memperhatikan yang namanya lokasi ATM tersebut. Iya, ATM nya banyak tapi fokusnya hanya di Jakarta saja. Kalau bisa, mereka akan mencari yang punya lokasi di luar negeri juga – ini buat teman yang biasa travel ke luar negeri sih.

Baca juga: Pentingnya Networking

3. Jenis Layanan – Terutama E-Banking

Kalau butuh uang tunai, mereka perlu ATM, tapi kalau untuk transaksi, mereka dah pasti memilih bank untuk menabung yang punya fasilitas transaksi yang cepat dan bisa diakses dengan mudah. Layanan E-banking yang mumpuni rupanya juga jadi faktor utama.

Kalau bank yang ada bisa memberikan layanan e-banking yang mudah diakses dari mana saja, maka bank itu akan jadi pilihan mereka. “Pokoknya, gw gak mau repot dah, di rumah juga bisa transaksi.”

4. Lokasi Cabang

Berikutnya, yang jadi faktor teman memilih sebuah bank adalah lokasi cabang. Bukan apa-apa, tidak sedikit dari mereka yang memutuskan memilih bank untuk menabung yang lokasinya memang dekat rumah. Gak mau ribet katanya.

5. Keterpaksaan

Awalnya saya bingung maksud terpaksa di sini apa, terus setelah dijelaskan, ini juga salah satu alasan memilih sebuah bank buat saya. 😀 Karena rekening gaji mengharuskan.

Kalau gak dipaksa buka rekening bank untuk gajian kantor, saya mungkin juga gak buka rekening dan aktif di rekening tabungan. Dan rupanya saya tak sendiri. Banyak teman juga yang melakukannya. 😀 Kamu juga gak?

6. Hadiah

Nah sebenarnya kalau yang ini sih tambahan aja. Jadi salah satu yang membuat teman tertarik memilih sebuah bank untuk menabung dibandingkan yang lain adalah karena faktor undian dan hadiah yang diberikannya. Rasanya memang sekarang ini sudah lazim yang namanya Saving Accounts ini berlomba-lomba kasih hadiah undian.

Sebut saja salah satunya adalah Rejeki Taplus BNI. Program undian Rejeki Taplus BNI ini sudah berlangsung lama dan kembali digelar untuk tahun 2016 ini. Periode terbaru adalah 25 Juli 2016 – 31 Januari 2017.

BNI Taplus dan Rejeki BNI Taplus 2016

Kalau bicara BNI Taplus, rasanya faktor-faktor yang disebutkan di atas itu memenuhi kriteria. Bank ternama – iya. Jaringan ATM – iya, nasabah BNI bisa menggunakan ATM Bersama dan Jaringan Link (ada biaya tentu). Layanan E-banking – iya. Lokasi cabang- well, banyak kok cabang BNI mah.

Cuma faktor keterpaksaan aja mungkin ya yang memang belum bisa dibahas, itu masing-masing deh ya. 😀 BNI Taplus sendiri sebenarnya adalah salah satu produk dari BNI – tabungan yang memberikan banyak layanan PLUS.

Plus di sini bukan dalam artian yang itu ya, masih mengkel karena banyak cari pijat plus masuk ke tulisan review go massage saya. Tapi dalam artian suku bunga yang boleh dibilang kompetitif dengan bank lain dan juga progresif seiring jumlah tabungan.

Dah gitu dengan BNI Taplus, kita otomatis bisa menikmati fasilitas layanan e-banking semuanya, seperti internet banking, sms banking, phone banking, dan lainnya itu. Serta ya ikutan program Rejeki BNI Taplus ini.

Rejeki BNI Taplus 2016

Rejeki BNI Taplus adalah program pengumpulan poin dari tabungan BNI Taplus yang sudah berlangsung lama. Kali ini, untuk perhitungan poin Rejeki BNI Taplus 2016 ini, gak hanya masalah jumlah tabungan doang. Tapi juga dari transaksi, termasuk transaksi menggunakan e-banking BNI.

Program Rejeki BNI Taplus ini memiliki mekanisme sebagai berikut:

1. Berlaku untuk nasabah tabungan BNI Taplus, Taplus Bisnis, Taplus Muda, Taplus Pegawai dan Emerald Saving. Kalau belum punya, boleh banget tuh buka rekening BNI Taplus sekarang dan akan otomatis diikutkan dalam program ini kok. Lengkapnya bisa tanya di twitter BNI.

2. Berlaku untuk yang punya saldo rata-rata sesuai ketentuan di bawah (yaiyalah ada syarat dan ketentuan berlaku masbro), dan juga transaksi e-banking serta belanja dengan debit BNI minimal Rp 50rb per transaksi.
a. Setiap kelipatan di atas saldo rata-rata minimal Rp 1 juta akan dapat 1 poin.
b. Setiap transaksi di e-banking dan debit akan mendapatkan 1 poin.

rejeki bni taplus 2016

Hadiah dan Ketentuan Rejeki BNI Taplus 2016

3. Rejeki BNI Taplus ada dua Kategori, yaitu Regional dan Nasional. Dengan periode pengundian sebagai berikut:

a. Kategori Regional :
Periode 2 bulanan dengan 3 kali proses penarikan undian dan dilakukan di 15 wilayah BNI dengan hadiah sebagai berikut :

rejeki bni taplus 2016 regional

Periode dan Hadiah Rejeki BNI Taplus 2016

b. Kategori Nasional :

Periode Grand Prize dengan 1 kali proses penarikan undian di akhir periode denan hadiah sebagai berikut :

hadiah rejeki bni taplus 2016 regional

Periode Rejeki BNI Taplus 2016 Nasional

Eh syarat dan ketentuannya ada lagi loh yang lain, kayak transaksi ganti pin/password di internet banking gak termasuk transaksi yang diperhitungkan ya. Jangan juga berharap transaksi tarik tunai sering tapi gak menang-menang, yaiyalah, pan gak termasuk yang diperhitungkan.

Buat yang masih bingung masalah Rejeki BNI Taplus 2016 ini, bisa ajukan pertanyaan lebih detail ke BNI langsung loh. Siap membantu kok mereka. Bisa cek juga di website BNI dan juga Facebook selain twitter yang tadi saya sebut sebelumnya.

Memilih Bank untuk Menabung – Dan Dapat Rejeki

Wow lah ya kalau kita dah memilih bank untuk menabung seperti di BNI ini dan kemudian dapat rejeki bonus Lexus gitu. *mupeng – jadi bengong mikir bawa Lexus ke mana-mana*. Menabung itu bagus kok pada dasarnya. Jadi kenapa gak nabung sekarang juga dan kumpulin poinnya?

Kalau menurut teman blogger keuangan, yang penting dalam nabung itu jelas dulu tujuan menabungnya. Dan sesuaikan dengan kebutuhan, jangan asal memilih bank untuk menabung. Kalau dalam hasilnya nanti dapat undian, kenapa gak? Kan lumayan.

Advertisements

21 Comments

  1. gopena 14 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  2. masbidin 6 November 2016
    • Febriyan 8 November 2016
  3. azam 5 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  4. Japanesian 4 November 2016
    • Febriyan 4 November 2016
  5. Oncom man 4 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  6. Bukan Blogger 3 November 2016
    • Febriyan 4 November 2016
  7. Anne Adzkia 22 September 2016
  8. Nutrisi 21 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016
  9. Inayah 20 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016
  10. Timo 19 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016
  11. Gara 19 September 2016
    • Febriyan 21 September 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: