7 Alasan Mengapa Anda Harus Memakai Server Bukannya PC yang Dijadikan Server

Guest Post kali ini agak beda, terkait teknologi dan mungkin cocok untuk dunia kerja juga. Saya sendiri baca ini jadi ingat waktu dulu pas kerja di bagian IT Audit. Salah satunya ya ngaudit server.

Baca juga: Guest Post – Prospek Peluang Kerja IT

Tulisan kali ini dari Mas Yanuar tentang alasan memakai server sendiri jauh lebih menguntungkan untuk perusahaan. Dibanding menggunakan PC biasa untuk server mereka. Simak langsung yuk…

***

Di dalam sebuah perusahaan saat ini, apapun jenis perusahaan tersebut, besar maupun kecil, hampir bisa dipastikan memiliki system IT yang menggunakan server.

alasan memakai server bukannya pc sebagai server

Guest Post: 7 Alasan Memakai Server bukannya PC sebagai Server

Server tersebut berisi aplikasi database atau file-file yang merupakan jantung system di perusahaan Anda. Aplikasi ini bisa bernilai puluhan hingga ratusan juta rupiah dan menghabiskan waktu pembuatan bertahun-tahun, dan berisi informasi transaksi yang tidak ternilai harganya. Jika aplikasi itu dibuat sendiri maka Anda pasti sudah mentrainingkan karyawan dengan biaya yang tidak murah untuk dapat membuat atau merawat program tersebut.

Jika berfungsi sebagai file server maka file-file yang ada merupakan hasil kerja bertahun-tahun yang sangat berharga. File spreadsheet, presentasi, foto bahkan video. Saya yakin Anda sangat menyadari hal-hal ini.

7 Alasan Memakai Server Lebih Disarankan Dibandingkan Menggunakan PC Sebagai Server

Dalam artikel ini saya akan tunjukkan 7 poin dari sisi teknis mengapa Anda harus memilih server dan bukannya menggunakan PC biasa yang dijadikan server.

1. Processor

Processor adalah jantung dari server, server dengan pemakaian power processing yang intensif harus memiliki lebih banyak jumlah processor lebih dari satu. Rata-rata sebuah server menggunakan 2-4 prosesor untuk memastikan mereka dapat menjalankan perhitungan kompleks pada waktu yang sama dengan cepat dan tepat.

Febriyan: sangat beda dengan prosesor di PC pribadi ya – makanya alasan memakai server sendiri ini perlu banget diperhatikan – apalagi kalau perusahaan punya data besar.

2. Memory

Memory di server menggunakan tipe ECC di mana error 1 bit dapat diperbaiki oleh sistem, hal ini akan mempercepat proses karena server tidak perlu mengulangi transaksi yang disebabkan oleh bit error.

3. Harddisk

Server membutuhkan kapasitas besar untuk menampung semua data perusahaan atau pun database, data ini sangat penting sehingga kapasitas yang besar dan keandalan media penyimpanan mutlak diperlukan.

Ketika data membutuhkan lebih banyak space, kita bisa membeli hard drive tambahan dan dapat dipasangkan langsung ke server dengan mudah tanpa perlu dimatikan, ini tentu saja dapat menghindari downtime yang tidak perlu.

Server biasanya dikonfigurasi dengan RAID 5 untuk data+online spare. Dengan konfigurasi seperti ini jika 1 atau 2 hard drive gagal, data di server masih utuh. Bayangkan hard drive gagal terjadi desktop PC, apa yang dapat Anda lakukan tentang hal itu?

Baca: cara konfigurasi RAID di server Dell R230.

4. Sistem pendingin

Sistem pendingin yang baik dapat memastikan sistem bekerja dengan sempurna tanpa masalah overheat. sistem aliran udara yang baik juga membuat kipas prosesor dan kipas lainnya dalam komputer berputar pada kecepatan sedang sehingga akan membuat kipas dan sistem pendingin bertahan lama.

5. Power Supply

Power supply redundant (2 buah power supply) di server akan memastikan server terus operasional ketika 1 power supply rusak. Ini tidak akan membuat sistem berhenti dan kita bisa memesan pengganti power supply dengan waktu yang tidak terburu-buru.

6. Remote Management

Pada server terdapat akses jarak jauh yang berjalan di luar sistem operasi, ini berarti administrator dapat memantau server saat boot sebelum. Dapat mematikan dan menghidupkan server jarak jauh. Ini akan membuat pemeliharaan server dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa kehadiran fisik dari teknisi. Akses ini menggunakan prosedur akses keamanan yang tinggi.

Febriyan: Jadi inget dulu sering banget remote desktop management untuk approval transaksi di kantor pas di Cirebon. Hahaha. Tapi memang bener sih… pakai server untuk aplikasi jadi bikin lebih aman – teman IT yang mengaturnya. Satu lagi alasan memakai server sendiri bukannya PC dijadikan server yang harus diperhatikan. 

7. Umur dan dukungan vendor yang lebih lama

Ingat server akan selalu bekerja 24×7 seminggu. Diperlukan kualitas hardware yang lebih baik dan dukungan hardware dari vendor.

Dukungan vendor untuk hardware akan lebih lama daripada dukungan untuk hardware desktop PC (bisa berbeda hingga 10 tahun). Dengan dukungan hardware yang lama memastikan anda mendapatkan sparepart yang dibutuhkan.

Demikian 7 alasan mengapa anda harus menggunakan server dibanding PC desktop PC.

Tentang Penulis

Mas Yunar

Mas Yunar adalah owner dari blog Yunarwinardi.com, sebuah blog tentang dunia IT. Mas Yunar sendiri menuliskan tentang IT karena memang pekerjaannya sehari-hari di bidang itu. Jadi boleh dibilang adalah pakarnya nih. Blog ini sendiri dituliskan dalam bahasa Inggris karena beberapa alasan, seperti istilah IT yang lebih pas dan juga aktivitasnya membuat dirinya harus menggunakan bahasa Inggris dalam korespondensi.

***

Dari FebriyanLukitoCom: Terima kasih mas Yunar atas kesabarannya menunggu hingga artikel ini terbit. Mas Yunar sudah mengirimkannya sejak 2016 kemarin, namun baru sempat saya post hari ini. Maaf ya mas. Artikel ini, seperti yang saya bilang di awal, mengajak saya ke dunia kerja dulu.

Dan salut untuk mas Yunar yang sanggup menulis dalam bahasa Inggris setiap post. Bukan hal mudah banget itu. Saya aja masih belajar di Blog English Club tapi masih aja gak pede mas. Sepertinya bahasa Inggris ini harus masuk dalam keterampilan yang harus dimiliki untuk kerja nih. Kamu minat jadi Guest Post di sini?

Advertisements

13 Comments

  1. Berita Game 26 Januari 2017
    • Febriyan 26 Januari 2017
  2. Munasyaroh Fadhilah 25 Januari 2017
    • Febriyan 20 Januari 2017
  3. Inayah 16 Januari 2017
    • Febriyan 17 Januari 2017
  4. yunar 13 Januari 2017
    • Febriyan 13 Januari 2017
      • yunar 13 Januari 2017
  5. Wirausaha Coklat 12 Januari 2017
    • Febriyan 13 Januari 2017

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: