7 Aksesoris Busana Pria yang Setidaknya Harus Dimiliki

Holla, untuk hari ini bukan English Post seperti biasa ya. Gpp kan? Guest Post kali ini dari Nia, yang juga member BEC. Dia ingin membahas tentang 7 Aksesoris Busana Untuk Pria nih – aksesoris busana pria standard deh. Simak langsung aja yuk.

***

Halo pembaca blognya Mas Ryan, saya Nia dari nianastiti.com. salam kenal ya. Tulisan ini merupakan guest post pertama saya di blog lain setelah terlalu lama nyaman bersembunyi di blog sendiri. Semoga pada suka ya dengan topik bahasan tentang fashion pria.

Di sini saya mau ngomongin aksesoris busana untuk pria. di antaranya adalah kaos kaki, jam tangan, sunglasses, ikat pinggang/belt, topi, scarf/syal, dan dasi. Saya paham kok jika sebagian besar pria tak suka memakai aksesoris busana karena tak mau berlebihan dalam berbusana.

asksesoris busana untuk pria lengkap dan wajib

Apa saja Aksesoris Busana Untuk Pria yang wajib dimiliki?

Karena itulah ketujuh aksesoris busana untuk pria yang disarankan dimiliki tadi merupakan basic item yang nggak ada ruginya untuk dikoleksi. Siapa saja akan mudah memadukannya dengan pakaian sehari-hari. (Flo: baru baca sampai sini kok saya jadi baper ya… kayaknya bakalan banyak banget yang gak saya tahu nih).

Ngomong-ngomong, dari tadi bahasannya aksesoris dan fashion melulu, sudah pada tau belum apa itu aksesoris?

Tentang Fashion & Aksesoris Busana Pria

Menurut Wikipedia, aksesoris adalah benda-benda yang dikenakan seseorang untuk mendukung atau menjadi pengganti pakaian. Jadi bisa dikatakan bahwa aksesoris merupakan penyempurna penampilan.

Aksesoris pria biasanya tidak terlalu mencolok dari sisi bentuk dan warna. Manfaat dan kenyamanan si pemakai lebih diperhatikan.

Jangan-jangan ada yang belum tahu tentang pengertian fashion? Coba kita jabarkan lagi yuk. Definisi fashion adalah gaya berbusana yang populer dalam suatu budaya. Fashion menentukan penampilan dari setiap individu.

Fashion itu…

Kata Fashion berasal dari Bahasa Inggris yang dapat diartikan sebagai mode, model, cara, gaya ataupun kebiasaan. Jadi bagi para pria yang merasa tidak fashionable, ternyata dalam keseharian kalian sebenarnya sudah menjadi praktisi fashion lho.

7 Accessories for Men – Aksesoris Busana untuk Pria & Tips Fashion Pria

Dalam pengantar di atas, sudah saya sebutkan aksesoris busana pria yang bisa dikatakan must have item untuk pria. Kenapa?

Pertama, karena aksesoris-aksesoris ini memiliki fungsi untuk melengkapi pakaian dalam melindungi tubuh. Kedua, untuk menunjang penampilan supaya lebih enak dilihat.

Tapi bukan berarti harus punya semuanya ya. Satu juga cukup kok.

Berikut ini saya tuliskan lebih rinci mengenai ke-7 basic item aksesoris busana untuk pria yang sudah disebutkan di atas ya.

1. Kaos Kaki

Aksesoris ini biasanya digunakan untuk melengkapi fungsi sepatu. Selain itu kaos kaki juga akan menyerap kelembaban karena perubahan suhu baik panas atau dingin. Cuaca yang panas dapat membuat kaki berkeringat.

Kaos kaki akan mencegah keringat dari kaki langsung terpapar ke sepatu yang dapat menimbulkan bau tak sedap. Sedangkan pada cuaca yang dingin maka kaos kaki akan membuat kaki lebih hangat sehingga bebas dari rasa kebas karena dingin.

Selain itu, aksesoris kaki pria yang satu ini bisa dijadikan nilai plus untuk memperindah penampilan. Yakni sebagai perpanjangan dari celana.

Caranya dengan mengenakan warna kaos kaki yang senada dengan warna celana. Jika tidak menemukan warna yang sama, sebaiknya gunakan warna yang lebih gelap dari warna celana untuk keperluan formal seperti ke kantor.

Sedangkan untuk gaya casual lebih bebas mau mengenakan kaos kaki warna apa. Misalnya ketika mengenakan celana jeans biru dan sepatu abu-abu, maka kaus kaki yang dikenakan sebaiknya memiliki motif biru dengan warna dasar abu-abu.

aksesoris busana untuk pria

Bagaimana jika mengenakan sepatu canvas yang terbuka hingga mata kaki? Supaya sepatu awet dan tidak bau, tentu saja sebaiknya tetap mengenakan kaos kaki. Untuk jenis sepatu tersebut kaos kaki yang super pendek. Atau bisa juga mengenakan boat invisible socks supaya kaos kakinya tak kelihatan.

Sama halnya dengan pakaian, pilihlah kaos kaki yang menyerap keringat. Bahan katun tetap menjadi pilihan ternyaman.

2. Jam Tangan

Selain fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu, jam tangan merupakan aksesoris busana pria yang mendukung tampilan supaya tidak terlalu “plain.” Jam tangan merupakan aksesoris tangan untuk pria yang mudah digunakan dan jika hanya punya satu pun tak akan menjadi masalah.

Ada beberapa tipe jam tangan berdasarkan materialnya:

1. Rubber

Cocok untuk aktifitas heavy duty, aktifitas outdoor, sport dan juga casual. Bahannya lentur dan tidak mudah menyerap keringat. Sehingga tidak mudah bau.

2. Canvas

Strap dari bahan ini cocok digunakan untuk gaya casual.

3. NATO/ZULU/Nylon

Mayoritas terbuat dari bahan nylon, cocok untuk gaya casual, sama seperti jam tangan dengan strap canvas.

4. Leather

Jam tangan dengan bahan kulit cocok dikenakan pada acara formal, semi formal, dan bahkan casual.

5. Stainless steel

Meskipun jam tangan berbahan stainless steel sangat cocok dikenakan untuk kondisi formal, strap dari bahan ini bisa dikenakan juga untuk gaya casual. Stainless steel kurang lentur, tidak seperti bahan rubber (karet).

Sehingga jam tangan berbahan stainless steel tidak cocok untuk aktifitas outdoor atau sport yang mengharuskan bergerak bebas dan cepat. Kemungkinan terjadinya cedera, luka dan rasa tidak nyaman akan lebih besar.

aksesoris tangan untuk pria

Flo: Saya baru tahu begitu banyak jenis jam tangan sebagai aksesoris busana untuk pria. Dan masing-masing cocok untuk kondisi busana tertentu. Duh… emang dasar sayanya gak suka pakai jam tangan sih ya.

3. Kacamata Hitam/Sunglasses

Sebagian besar pria kurang percaya diri menganakan kacamata hitam karena kesannya yang cool. Namun demikian kacamata hitam sangat bermanfaat untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet dan debu. Selain melindungi mata, sunglasses juga mencegah mata cepat keriput. Jadi tak usah malu lagi untuk memiliki sunglasses.

Pakai saja ketika menyetir sehingga tak kelihatan orang lain. Untuk para pria yang cukup percaya diri, sunglasses juga bisa dikenakan saat naik motor dan berjalan di bawah teriknya matahari. Dan merupakan salah satu aksesoris busana pria yang tepat untuk di pantai.

aksesoris wajah pria yang keren

Tampil keren dengan aksesoris busana untuk pria yang satu ini

Ada beberapa jenis sunglasses bagi pria yang sedang populer saat ini seperti aviator, wayfarer, flat tops, dan sport sunglasses. Kacamata bergaya retro sedang banyak diminati.

Baca juga: Tips Memilih Kacamata Hitam untuk Liburan

Flo: Sepertinya saya gak cocok pakai yang ini, ada tips gak Nia aksesoris busana untuk pria pengganti kacamata hitam ini untuk pengguna kacamata seperti saya. O iya, opsi pakai softlense jangan dimasukkan ya. Pernah dengar sih soal kacamata minus yang kemudian diclip-on sunglasses.

4. BeIkat Pinggang/Belt

Jika kaos kaki menjadi pendukung cekana dan sepatu, demikian pula dengan belt. Warnanya bisa disesuaikan dengan celana dan sepatu yang dikenakan. Atau bahkan bisa disesuaikan dengan warna atasan busana yang dipakai. Belt yang paling banyak dipakai sekarang ini adalah belt yang terbuat dari kulit.

aksesoris busana untuk pria

Flo: aksesoris busana pria yang ini menurut saya sih wajib banget

Selain fungsinya sebagai aksesoris busana dari sisi estetika, belt juga menjadi pendukung supaya celana yang dikenakan pemakainya tetap ada dalam posisi yang nyaman meski mungkin ukuran celana yang dikenakan tidak terlalu pas.

5. Topi

Dibandingkan dengan aksesoris busana untuk pria lainnya, topi memiliki lebih banyak pilihan dari segi model. Sehingga para pria dapat memilih topi sesuai dengan kesukaannya, bentuk kepalanya, atau fungsi yang mereka inginkan dari topi itu.

Atau bisa juga mengenakan topi dengan gaya kekinian sesuai dengan trend fashion. Jika hanya menginginkan mengenakan topi untuk menutupi kekurangan misalnya supaya tak kelihatan jika kepala botak, maka sebainya pilih topi yang sesuai dengan bentuk kepala dan bentuk wajah.

aksesoris kepala pria

Topi juga memiliki fungsi lain yakni untuk melindungi wajah dari silaunya sinar matahari. Pilih topi yang memiliki moncong jika tujuan mengenakannya untuk ini. Sedangkan untuk naik gunung atau saat udara sangat dingin, maka topi dari bahan rajutan tepat untuk dijadikan pilihan.

Baca juga: OOTD Ala Febriyan

6. Scarf/Syal

Aksesori ini berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu yang dingin. Namun demikian aksesori ini juga cocok untuk bergaya seperti Giring Nidji yang dulu imagenya sangat lekat dengan syal. Giring mengenakan syal yang biasanya dikenakan oleh pemuka agama Islam dengan gaya yang fashionable.

aksesoris busana pria

Gaya busana memadukan syal dan scarf…

Syal memang akan jarang digunakan, namun sebaiknya para pria memilikinya satu saja. Boleh yang berbahan rajut sehingga tak bingung lagi ketika hendak naik gunung, berkunjung ke negara dengan musim dingin, atau ketika ingin bergaya dengan syal ala aktor Korea.

Selain itu syal ala timur tengah juga bisa dijadikan salah satu koleksi. Bisa dikenakan saat hendak ke masjid untuk sholat jumat atau sholat hari besar, atau bisa juga dijadikan aksesoris busana untuk pria. Untuk menambah kesan trendy seperti Giring Nidji. Syal ini juga bisa digunakan sebagai sorban atau penutup kepala sehingga berfungsi seperti topi.

7. Dasi

Para pria yang sudah lulus kuliah sebaiknya memiliki dasi. Sehingga tak bingung lagi nantinya ketika bekerja atau ada event formal yang harus dihadiri. Sebaiknya pilih dasi berwarna netral supaya bisa dipadukan dengan beragam jenis kemeja.

aksesoris busana untuk pria

Dasi akan menunjang penampilan sehingga terlihat lebih berwibawa. Aksesoris busana untuk pria yang ini berfungsi untuk mendukung pakaian yang dikenakan supaya lebih rapi. Oiya tie clip bisa menjadi pelengkap yang dapat dibeli ketika membeli dasi. Tie clip akan membantu dasi menjadi lebih aman dan tidak bergerak kemana-mana.

Kesimpulan

Gimana sudah punya aksesoris busana untuk pria yang mana aja? Tidak perlu khawatir jika baru memiliki dua atau tiga jenis aksesoris. Nantinya aksesoris ini dapat dibeli satu per satu sesuai kebutuhan. Karena aksesoris-aksesoris tersebut merupakan basic item yang fungsinya akan everlasting, nggak ada ruginya untuk mengoleksi. Satu item untuk setiap jenis aksesori sudah cukup kok.

Ternyata aksesoris pria itu nggak ribet kan? Fashion pria memang cenderung lebih simple. Fashionable bukan hanya untuk pria yang ingin bergaya lho ya. Siapa saja bisa kok.

Meski saya nggak suka jika orang menilai orang lain karena penampilannya, tak dapat dipungkiri kita semua akan lebih suka dengan orang yang rapi bukan? Aksesoris ini merupakan penunjang supaya para pria bisa berbusana lebih rapi. Lagipula, memiliki aksesoris busana yang pas untuk pria, bisa bikin mantan baper karena dah lepas dirimu loh. *hehehe… biar doi jadi susah move on*

Kalau malu mencoba salah satu aksesoris, seru juga lho coba kompakan dengan pasangan atau bahkan dengan sesama teman pria. Jika ada temannya tentu akan lebih seru. Selamat mencoba aksesoris busana untuk pria (yang mungkin jauh lebih murah daripada yang untuk wanita)! 😀

Advertisements

27 Comments

  1. Penyuka Hewan 16 November 2016
    • Febriyan 17 November 2016
  2. yuzarsif 6 November 2016
  3. Dedy Purwanto - Sepatu 5 November 2016
    • Febriyan 6 November 2016
  4. rizzaumami 30 Oktober 2016
    • Febriyan 5 November 2016
  5. prih 27 Oktober 2016
    • Febriyan 28 Oktober 2016
  6. Irfan R 17 Oktober 2016
    • Febriyan 18 Oktober 2016
  7. Adelina 17 Oktober 2016
    • Febriyan 18 Oktober 2016
  8. Timo 15 Oktober 2016
    • Febriyan 17 Oktober 2016
  9. tutus 15 Oktober 2016
  10. Andhika 15 Oktober 2016
    • Febriyan 17 Oktober 2016
  11. arman 15 Oktober 2016
    • Febriyan 17 Oktober 2016
  12. Nia nastiti 14 Oktober 2016
    • Febriyan 17 Oktober 2016
  13. BaRT 14 Oktober 2016
    • Febriyan 14 Oktober 2016
    • Febriyan 17 Oktober 2016

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: